10 Makanan Jitu Memangkas Kadar Kolesterol (Part 1)

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

10 Makanan Jitu Memangkas Kadar Kolesterol

 

Mendengar kata kolesterol identik  dengan lemak. Kolesterol terkait penyakit darah tinggi, jantung dan stroke. Berikut cara jitu alami memangkas kolesterol.

Data WHO beberapa waktu lalu, memperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari ambang normal. Karena itu penting agar waspada kadar kolesterol. Karena bila kadar kolesterol tinggi dan dibiarkan akan menyebabkan penyakit arteri yang meningkatkan risiko darah tinggi, jantung, stroke, batu empedu, asam urat dan lainnya.

Pengertian Kolesterol

Apa itu kolesterol? Sebenarnya kolesterol adalah sesuatu yang dibutuhkan tubuh, untuk membentuk sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu, kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D. Juga membentuk hormon kolesterol adalah bahan baku pembuatan hormon steroid,  dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Kolesterol merupakan lemak di dalam aliran darah atau sel tubuh yang berfungsi untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku pembuatan beberapa hormon.

Kadar Kolesterol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti darah tinggi, serangan jantung atau stroke.

Sumber Kolesterol

Kolesterol secara alami bisa dibentuk oleh tubuh, selebihnya didapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Adapun makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolesterol.

Secara alami tubuh kita membentuk kolesterol. Kolesterol ini diperoleh dari sumber makanan hewani seperti daging, ikan, mentega, keju, susu, dan lainnya. Di samping itu terdapat sumber kolesterol nabati, di antaranya minyak kelapa, beberapa jenis  buah seperti alpukat, durian,  dan lainnya.

Mengenali ciri-ciri kolesterol, Anda akan merasakan sakit kepala, leher kaku dan pegal. Namun begitu ada pula gejala-gejala kolesterol tidak muncul dan tidak Anda rasakan. Karena itu sering Anda hadapi, sebaiknya Anda perlu mengecek dokter dan perlu memeriksa kadar kolesterol.

10 Makanan Jitu Memangkas Kadar Kolesterol

 

Kolesterol Jahat dan Baik

Dalam tubuh kolesterol ini tidak larut dalam darah yang mengikat dengan ‘transportasi’ atau pengangkutnya yaitu lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein yaitu Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) ini disebut dengan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat atau lDL sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena dapat menghambat aliran darah.

Disebut kolesterol jahat karena dapat tertimbun pada dinding dalam pembuluh darah, utamanya  pembuluh darah kecil yang bertugas membawa makanan ke jantung dan otak.  Semakin lama timbunan lemak ini akan menjadi tebal dan mengeras dan akhirnya dapat menghambat aliran darah.

Timbunan lemak itu semakin lama semakin tebal dan keras, yang dinamakan arteriosklerosis, dan akhirnya menyumbat aliran darah.

Karena itu penting bagi siapapun untuk mengukur kadar kolesterol LDL. Kadar kolesterol yang normal bila di bawah angka 100mg/dl. Ambang batas normal (borderline) LDL adalah 100-129 mg/dl. Namun bila di atas angkat 130 ini sudah masuk kategori berbahaya.

Dan bila sudah LDL berbahaya, maka akan memicu berbagai penyakit seperti diabetes, darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan bila mendapati angka di atas 130 mg/dl Anda perlu obat untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Selain itu menjaga hidup sehat juga menjadi cara untuk menjaga kadar kolesterol dalam keadaan baik.

Selain LDL ada juga  High Density Lipoprotein (HDL), yang justru disebut sebagai kolesterol yang baik. Disebut sebagai kolseterol baik karena kolesterol ini yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke bagian liver (hati).

Untuk angka HDL ini, normalnya pada pria harus di atas 40mg/dl untuk lelaki dan di atas 50 mg mg/dl untuk perempuan.

Penyebab kolestrol HDL yang rendah adalah kurang beraktivitas atau olahraga, obesitas,  merokok, dan lainnya. Penyebab lainnya, adalah hormon testosteron  dan progesteron pada pria dapat menurunkan kadar kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen perempuan meningkatkan HDL.

Info berikut tentang kolesterol dan  10 sumber makanan alami yang dapat menurunkan kolesterol dapat dilanjutkan ke Part 2 (10 Makanan Jitu Memangkas Kadar  Kolesterol)

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...