10 Cemilan Sehat Cocok Untuk Diet Para Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

 

10 Cemilan Sehat Cocok Untuk Diet Para Lansia

Inilah 10 deretan cemilan lezat sekaligus sehat, cocok bagi yang sedang diet khususnya para lansia. Mulai dari cokelat, kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

Siapa yang tidak suka dengan cemilan? Mengonsumsi makanan kecil merupakan salah satu kegiatan menyenangkan siapa pun. Selain rasanya enak dan lezat, kegiatan mengemil menjadi salah satu cara mengusir stres saat rutinitas tinggi melanda.

Hanya saja tanpa  disadari cemilan kerap menjadi salah penyebab kegemukan. Atau bisa jadi cemilan juga dapat menjadi ancaman bagi diet yang sedang Anda jalani.

Tidak sedikit cemilan justru banyak memiliki kandungan lemak atau gula yang tinggi. Sebetulnya sah-sah saja bila Anda senang mengemil. Hanya saja bila Anda sedang diet atau ingin mempertahankan berat badan seimbang, ada baiknya Anda memilih cemilan sehat.

Bila Anda ingin menurunkan berat badan, penting untuk memilih makanan ringan yang lebih tinggi serat dan mengandung nutrisi tinggi. Di antaranya  biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan serta sayuran mengandung serat. Cemilan yang mengandung serat akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis makanan yang kaya serat yang dapat Anda konsumsi sebagai cemilan:

Camilan Lezat sekaligus Sehat Info MyNurz

Anggur

Buah yang satu ini memiliki banyak penggemar. Faktanya selain segar, buah ini dapat menjadi cemilan sehat. Anda dengan mudah membawanya saat bekerja atau dalam perjalanan. Buah ini juga akan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Kacang-kacangan

Hazelnut dan almond merupakan jenis kacang yang mengandung lemak jenuh dan yang tertinggi pada lemak tak jenuh tunggal. Karenanya kandungannya itu, bagus bagi tubuh dan tidak membuat gemuk.  Almond juga mengandung asam lemak omega-3 tidak jenuh yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan pistachio dan macadamia adalah yang tertinggi kandungannya dalam hal serat sekitar 3 gram serat per ons.  Jadi jangan ragu mulai masukkan kacang-kacangan dalam keranjang belanja Anda!

Yoghurt

Yogurt menjadi pilhan cemilan sehat lainnya. Anda bisa memasukkan beberapa potongan buah seperti stroberi, pisang, kacang-kacangan  dan lainnya ke dalamnya.

Dalam satu cup yogurt  rendah lemak mengandung 14 gram karbohidrat kompleks yang tersedia. Anda bisa membawa yogurt saat Anda dalam perjalanan.

Biji – Bijian

Dari beberapa penelitian menemukan kalau banyak mengkonsumsi biji-bijian menjadi orang yang lebih sehat terutama menghindari diabetes dan menjaga kolesterol. Biji-bijian yang ada dalam tubuh dapat meningkatkan efisiensi produksi insulin yang membantu tubuh untuk menyeimbangkan kadar gula. Adanya tingkat sirkulasi insulin diyakini dapat membantu mencegah berat badan. Saat ini Anda dapat mudah menemukan berbagai biji-bijian di supermarket seperti biji chia, biji bunga matahari, wijen, biji flax (rami), dan lainnya.

Edamame

Semangkuk kecil edamame rebus mengandung 17 gram protein, 8 gram serat dan 189 kalori. Ini merupakan cemilan sempurna untuk Anda. Sajikan hangat atau dingin, dapat Anda masukkan ke dalam salad, sayur, atau olahan lainnya.

Popcorn

Nah, kabar gembira bagi penggemar popcorn. Jagung ini ternyata merupakan cemilan yang dapat menjadi andalan saat keinginan ngemil datang. Hanya perhatikan jumlah garam, gula, atau keju.

Popcorn cocok sebagai cemilan sehat karena mengandung rendah kalori, lemak, namun tinggi serat sekaligus mengandung antioksidan. Popcorn juga  masuk ke dalam barisan gandum utuh. Anda juga akan merasa happy dan kenyang lebih lama.  Satu mangkuk popcorn mengandung 4 gram serat dan 4 gram protein, lemak 1 gram dan 110 kalori.

10 Cemilan Sehat Cocok Untuk Diet Para Lansia

Dark Chocolate 

Cokelat merupakan cemilan favorit. Namun selain lezat cokelat ternyata dapat menjadi senjata ampuh Anda untuk mengurangi berat badan atau menjaga berat badan ideal Anda. Dark chocolate mengandung polyphenol tinggi sebagai nutrisi yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga nafsu makan.  Anda bisa ngemil cokelat setelah 2-3 jam makan. Atau masukkan dark chocolate kelat dalam beragam olahan minuman, smoothies, ice cream, dan makanan lainnya.

Pisang

Dengan rasanya yang manis, pisang dapat Anda masukkan dalam list cemilan sehat. Pisang dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Pisang juga mengandung magnesium dan potasium. Potasium ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular dan kognitif. Satu buah pisang mengandung protein 1 gram, kalori  110 dan gula 14 gram.

Telur Rebus

Telur ternyata diam-diam menjadi salah satu snack paling mengenyangkan yang ada di planet bumi ini. Telur mengandung sumber protein asam amino. Telur juga menurunkan kandungan hormon ghrelin sebagai pemicu rasa lapar dan ingin mengemil. Ternyata makan kuning telur juga baik untuk tubuh, seperti yang dikatakan beberapa ahli.

Ubi

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui kalau uni merupakan cemilan sehat. Ubi cukup banyak ditemui di Indonesia, sayangnya masih dipandang sebelah mata. Faktanya ubi mengandung karbohidrat kompleks dan postasium. Selain itu ubi juga memiliki fosfor, vitamin A dan  Vitamin C, kalsium, protein, zat besi.

Selain rendah kalori ubi memiliki serat tinggi. Serat pada ubi dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak ingin makan dalam jumlah banyak. Ubi juga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi saat diet sehingga seseorang dapat beraktivitas normal.

Jika saat Anda sedang diet dan ingin cemilan sehat, Anda bisa mulai masukkan cemilan sehat ini dalam konsumsi harian Anda. Selain lezat ternyata menyehatkan.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail