10 Langkah Merawat Bayi Prematur Dibantu Perawat Home Care

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

10 Langkah Merawat Bayi Prematur Dibantu Perawat Home Care

Persalinan prematur terjadi 10-20% dari seluruh persalinan di dunia, sedangkan di Indonesia mencapai 19%. Dikatakan prematur jika bayi lahir di usia kandungan kurang dari 37 minggu. Penyebab dari persalinan prematur yaitu karena dari penyakit, gizi buruk, sang ibu merasakan stres, dan gangguan pertumbuhan pada janin. Bayi prematur juga memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir normal. Sehingga, perlu merawat bayi prematur secara khusus, bahkan setelah bayi sudah diperbolehkan dibawa pulang ke rumah. Anda juga bisa dibantu dengan perawat home care yang standby mendampingi selama 24 jam untuk merawat bayi prematur.

Baca juga : 4 Pertimbangan saat Memilih Jasa Homecare

Ciri-ciri bayi prematur yang perlu perawat home care

Bayi prematur biasanya mempunyai ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan bayi normal. Pada saat pertama setelah lahir, bayi prematur memang mempunyai lebih sedikit lemak tubuh, sehingga perlu menjaga panas tubuhnya agar bayi tidak kedinginan. Berikut ciri-ciri bayi prematur yang perlu Anda ketahui :

  1. Refleks isap belum sempurna
  2. Kulit lebih tipis sehingga pembuluh darah terlihat
  3. Kulit tampak berwarna lebih merah
  4. Tulang rawan telinga sangat elastis
  5. Garis telapak kaki tipis
  6. Lebih sering tidur

Baca juga : Perawat Home Care Bisa Bantu Tes Darah Untuk Mendeteksi Kanker

10 Langkah Merawat Bayi Prematur Dibantu Perawat Home Care

Langkah perawatan home care bayi prematur di rumah

Untung perawatan bayi prematur di rumah bisa Anda lakukan dengan cara berikut :

  1. Perhatikan suhu kamar. Bila menggunakan AC, suhunya cukup berkisar antara 26-27 derajat celsius.
  2. Hindarkan bayi prematur dari anak atau orang yang sakit. Daya tahan tubuh bayi prematur sangatlah rendah.
  3. Pemberian suplemen atau obat dari rumah sakit, seperti asam folat dan zat besi, dilanjutkan di rumah. Bila sulit masuk ke dalam mulut bisa Anda gunakan pipet.
  4. Biarkan bayi prematur tidur lebih lama dibandingkan bayi normal, mereka membutuhkan waktu lebih banyak untuk proses metabolisme yang berlangsung selama tidur.
  5. Sering-seringlah memberikan ASI. Kebutuhan ASI harian bayi prematur antara 100 -120 CC per Kg berat badan. Kecukupan ASI dapat membantu menaikan berat badan, selain itu juga memperkuat kekebalan tubuhnya.
  6. Mandikan bayi prematur dua kali sehari. Mandi mampu mengangkat kotoran di kulit serta menjadikan tubuh lebih segar. Di pagi hari, biarkan sinar matahai menghangatkan tubuhnya selama kurang lebih 10-15 menit (bayi tak perlu ditelanjangi).
  7. Daya isap bayi masih belum kuat. Bersabarlah saat menyusuinya, jika bayi belum mampu mengisap, bantulah dengan sendok atau gelas ASI.
  8. Terapkan Kangaroo Mother-care (KMC) atau gendong kanguru. Gunakan kaus longgar atau daster yang nyaman, sehingga memungkinkan bayi tidur di dada sambil ditutupi baju Anda.
  9. Lakukan kontrol sedikitnya satu minggu sekali atau bila terjadi sesuatu seperti muntah, demam dan lainnya. Peningkatan berat badan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan perawatan bayi prematur di rumah.
  10. Panggil perawat home care yang bisa merawat bayi prematur secara medis untuk membantu Anda di rumah.

Jika Anda membutuhkan perawat home care untuk merawat bayi prematur, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...