10 Langkah Sehat Untuk Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

10 langkah hidup sehat lansiaMemasuki usia tua (lansia) semua orang ingin mengalami masa pensiun yang menyenangkan dan menenangkan serta terbebas dari ancaman berbagai penyakit yang timbul dikarenakan penurunan fungsi tubuh. Gaya hidup sehat merupakan cara satu-satunya agar lansia terhindar dari penyakit berbahaya, dapat aktif melakukan berbagai aktivitas tanpa perlu mengkonsumsi berbagai obat-obatan.

1. Menciptakan pola makan yang baik

Pola makan yang baik merupakan hal yang paling utama bagi lansia. Pastikan lansia mengkonsumi makanan yang sehat seperti gandum, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan serta hindari makanan yang dapat memicu kolestrol dan penyakit lainnya. Cobalah menciptakan suasana yang menyenangkan di meja makan, buat hiasan semenarik mungkin sehingga dapat menimbulkan selera bagi lansia.

2. Olah raga

Pastikan lansia untuk tetap berolahraga ringan minimal 3 kali seminggu seperti berjalan kaki, yoga, berenang atau bersepeda.

(Baca juga: Olah Raga Yang Aman Untuk Lansia)

3. Mencegah pengeroposan tulang

Di usia 60 tahun keatas, kemampuan penyerapan kalsium menurun. Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, contoh makanan sumber vitamin D adalah susu.

4. Pastikan pencernaan tetap sehat

Untuk memastikan pencernaan tetap sehat, Anda harus makan sedikitnya 20 gram makanan yang mengandung serat, seperti biji-bijian, jeruk dan sayuran yang berdaun hijau tua.

5. Jaga kesehaatan mata

Makanan yang mengandung vitamin C, E dan B karoten (antioksidan), dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Sayuran berwarna kuning dan hijau, jeruk sitrun dan buah lain merupakan makanan yang kaya akan Vitamin untuk kesehatan mata.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Batasi makanan berlemak yang banyak mengandung kolesterol dan natrium. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin B6, B12, asam folat, serat yang larut, kalsium dan aklium, seperti biji-bijian utuh, susu tanpa lemak, kacang kering daging tidak berlemak, buah, termasuk nanas dan sayuran.

7. Menjaga daya ingat

Agar ingatan tetap baik dan sistem syaraf tetap bagus, harus banyak makan vitamin B6, B 12 dan asam folat

8. Mempertahankan berat badan ideal

Pada lansia, jangan membatasi asupan nutrisi yang dibutuhkan, juga tidak diperkenankan untuk makan secara berlebihan. Makanlah dengan porsi yang sewajarnya lakukan olahraga jalan agar tetap aktif secara fisik, makan rendah lemak dan kaya akan karbohidrat kompleks. Menjaga berat badan berfungsi agar Anda terhindar dari penyakit obesitas yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit lainnya.

9. Hindari Stress

Stress pada usia tua akan membuat efek yang sangat buruk. Hal ini dikarenakan Lonjakan tekanan darah tinggi pada umumnya diakibatkan stress. Lakukan meditasi, jalan pagi hari, perbanyak minum air putih, ikut dalam komunitas lansia tertentu serta hindari berbagai masalah dan keletihan.

10. Hindari alkohol & rokok

Anda pasti tau betul mengapa Anda harus menghindari alkohol dan rokok terutama di masa tua. Gaya hidup sehat yang Anda lakukan akan sia-sia apabila Anda mengkonsumsi keduanya. Pada usia tua, paru-paru dan jantung mengalami penurunan daya tahan sehingga toksin (racun) yang masuk dalam tubuh tidak mudah untuk dikeluarkan.

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat Homecare (Perawat Orang Tua, Perawat Lansia, Perawat Orang Sakit), Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi yang sesuai kebutuhan Anda. Atau hubungi customer service kami melalui, Tlp: (021) 3005-3676 | Mobile: 0851-0835-5373 | Email: Support@MyNurz.com.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...