10 Makanan Paling Ampuh Pereda Stres

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

10 Makanan Paling Ampuh Pereda Stres

Pernahkah berpikir tentang makanan yang menenangkan diri Anda sekaligus mengatasi stres?

Bila Anda sedang merasa stres, kacau, gelisah kerap kali menyantap makan lezat dan manis menjadi solusi paling mudah. Hubungan antara makanan dan stres, akan Anda akan merasa nyaman, tenang, bahkan hingga merasa bahagia.

Namun begitu ternyata ada bedanya antara  makanan untuk menenangkan atau hanya sebagai anestesi emosi. Memang ada makanan yang dapat membuat Anda tenang namun hanya sementara. Setelah pengaruhnya hilang Anda kembali gelisah.

Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang sulit  menghindari stres. Saat stres tubuh mengalami akan meningkatkan tingkat korstisol. Munculnya kortisol dapat mengakibatkan kecanduan makanan. Pada wanita, keinginan makan itu cenderung makin kuat untuk karbohidrat, terutama pada makanan atau yang serba manis. Paling tidak hal ini diungkapkan oleh para peneliti di University of California di San Fransisco Medical Center.

Semakin banyak menyantap makanan, akan membuat mood  seseorang semakin buruk. Tidak hanya sampai di situ, kortisol akan membuat lebih banyak masalah bagi tubuh. Kortisol dapat memicu enzim pada sel lemak (mengubah kortison menjadi lebih banyak kortisol).

Karena sel lemak visceral (yang berada di dalam perut) memiliki lebih banyak enzim di banding sel lemak subkutan (misalnya lemak bagian paha dan bokong).  Hadirnya  stres  menyebabkan banyak perempuan  memiliki lebih banyak lemak di bagian perut.

Beberapa peneliti telah menemukan kalau sel-sel lemak perut ini yang memiliki kaitan erat dengan penyakit jantung, stroke, dan diabetes, empat kali lebih tinggi dibanding sel lemak biasa.

10 Makanan Pereda Stres

Karena itu siapapun perlu berpikir ulang untuk mencari makanan yang dapat mengatasi stres. Ingat bukan hanya yang menenangkan Anda sementara. Namun, Anda perlu memperhatikan makanan untuk mengatasi stres Anda.

Baik itu makanan, bumbu dapur, atau nutrisi khusus yang dapat memberikan Anda energi yang dapat diandalkan mengusir stres. Anda akan lebih sehat, seimbang produktif, sekaligus yang paling penting adalah melindungi dari gangguan stres. Berikut ini cara mengatasi stres dengan makanan:

Asparagus

Asparus merupakan sayuran yang masuk dalam  daftar makanan ampuh pereda stres. Asparagus dikenal memiliki kandungan folat tinggi yang akan menjaga kondisi kulit Anda sejuk. Asparagus dapat Anda kukus dan masukan ke dalam salad, sup,  atau beragam sayuran lainnya. Anda bisa juga membuat asparagus panggang dengan dibalut daging dan pastry.

Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang dapat membantu Anda mengatasi stres.  Alpukat dikenal mengandung glutathione, zat yang secara khusus menghambat penyerapan usus dari lemak tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Selain itu alpukat juga mengandung lutein, beta-karoten, vitamin E, vitamin B,  serta lebih banyak folat dibanding buah lainnya.

10 Makanan Paling Ampuh Pereda Stres

Berries

Blueberry memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi yang dikenal sebagai antosianin, dan semuanya terkait dengan semua jenis hasil kesehatan positif, termasuk meningkatkan kemampuan otak  yang lebih tajam. Tapi semua buah, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry, kaya akan vitamin C  terbukti membantu dalam memerangi stres.

Peneliti Jerman telah menguji dengan meminta 120 orang untuk memberikan pidato, lalu melakukan diberi soal matematika yang rumit. Mereka yang telah diberi vitamin C memiliki tekanan darah rendah dan kadar kortisol yang lebih rendah. Dengan demikian, Anda bebas menyantap ragam jenis berry kapanpun.

Kacang Mete

Kacang mete merupakan salah satu makanan  ringan  lezat, dan karena mereka renyah dan sedikit asin, dapat berefek meredakan keinginan mengemil yang tinggi. Bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan, dapat mempertimbangkan kacang mete dalam porsi makanan mereka, karena  kacang mete merupakan protein dan lemak yang sangat mengenyangkan.  Namun begitu, Anda harus perhatikan jumlahnya mengingat kacang mete mengandung kalori yang tinggi.

Bila unsur seng (zinc ) Anda rendah maka kemungkinan besar Anda lebih memiliki masalah kecemasan dan depresi. Karena itu, tubuh juga perlu asupan seng setiap harinya. Kacang mete dan beberapa kacang lainnya amat baik untuk mengatasi stres dan memperbaiki mood Anda. Anda dapat memakannya langsung, atau mencampurnya dalam beberapa jenis masalah yang sesuai seperti salad atau lainnya.

 Teh Chamomile

Mayoritas orang menyukai teh. Teh sejak dulu identik memberi ketenangan. Namun, teh dari bunga chamomile ini unik, karena dapat mengatasi stres Anda. Sebuah studi dari University of Pennsylvania menguji suplemen chamomile pada 57 partisipan yang memiliki gangguan kecemasan umum selama 8 minggu. Hasilnya mereka menemukan teh chamomile dapat  menyebabkan penurunan gejala kecemasan yang signifikan.

Teh bunga chamomile ini memberikan ketenangan, sekaligus kerap kali menggiring seseorang  lebih mudah kantuk dan tertidur. Seperti yang diungkapkan peneliti di University of Maryland Medical Center, ada beberapa bukti bahwa, selain menenangkan saraf, chamomile yang akan membuat Anda tidur lelap. Anda dapat menuangkan air panas dan membuat teh chamomile, biarkan hangat dan minum.

Bawang Putih

Bersyukurlah ada satu bumbu yang kerap dikonsumsi dalam beragam olahan makanan yang dapat mengatasi stres, yaitu bawang putih. Ya, bawang putih ini merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Bawang putih ini dapat menetralkan radikal bebas (partikel yang dapat merusak kondisi sel kita yang menyebabkan penyakit dan mempercepat penuaan),  mengurangi bahkan dapat membantu mencegah beberapa kerusakan akibat radikal bebas dari waktu ke waktu.

Di antara senyawa yang terkandung dalam bawang putih adalah allicin, yang dapat menangkis penyakit jantung, kanker, dan bahkan flu biasa. Karena stres melemahkan sistem kekebalan tubuh, tentu saja tubuh membutuhkan bawang putih untuk membangun kekuatan tubuh Anda kembali. Anda bisa memasukan bawang putih ke dalam berbagai masakan.

10 Makanan Paling Ampuh Pereda Stres

Cokelat

Siapa yang  tidak senang cokelat? Tumbuhan yang satu ini sejak ribuan tahun lalu dikenal sebagai makanan para raja,  telah menjadi salah satu yang dapat memperbaiki suasana hati (mood) seseorang. Sebuah studi baru-baru ini dari University of California, San Diego, School of Medicine melaporkan bahwa baik wanita maupun pria akan lebih banyak  cokelat saat mengalami depresi.

Cokelat hitam, secara khusus dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan pengaruh rasa tenang pada tubuh. Cokelat hitam mengandung polifenal dan flavonol  yang merupakan antioksidan penting. Anda bisa menikmati cokelat hitam sebagai camilan seminggu sekali atau ketika Anda merasa mood Anda sedang kacau. Cokelat dapat menjadi makanan penghilang stres dan menenangkan.

Teh Hijau

Meski mengandung kafein, teh hijau mengandung asam amino yang disebut theanine. Periset dari  University of Illinois menyatakan  selain melindungi terhadap beberapa jenis kanker, makanan pelangsing ini juga dapat meningkatkan mood Anda, mengatasi stres, meningkatkan kondisi mental Anda. Anda dapat minum dua cangkir setiap hari.

Oatmeal

Bila selalu menginginkan rasa nyaman makanan yang mengenyangkan. Cobalah menikmati oatmeal. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada oatmeal menyebabkan otak Anda menghasilkan serotonin, bahan kimia yang baik. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga menciptakan rasa menenangkan yang membantu mengatasi stres.

Penelitian telah menunjukkan pada anak-anak yang menikmati sarapan oatmeal memiliki konsentrasi lebih tinggi dibanding yang tidak. Selain itu kandungan beta-glukan, jenis serat larut yang ditemukan dalam oatmeal, juga menunjukkan hal menggembirakan karena dapat meningkatkan level rasa  kenyang lebih lama dibanding biji-bijian lainnya.

Brokoli

Sayur yang satu ini masuk dalam deretan super food. Selain menyehatkan sayuran kribo ini jitu menjadi  makanan sehat pereda stres. Brokoli banyak mengandung antioksidan yang dapat berfungsi mengurangi stres. Selaini tu juga dapat memiliki kandungan vitamin B terutama folic acid yang terbukti tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga panik berlebihan, gelisah, hingga depresi.

Nah, bila Anda sedang dilanda stres atau ingin mencoba meredakannya, ada baiknya Anda boleh mengonsumsi beragam makanan di atas. Selain rasanya enak ternyata makanan ini dapat membuat Anda lebih happy! Mengapa tidak mencobanya sekarang.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...