10 Makanan Superfood Wajib agar Lansia Sehat

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

10 Makanan Superfood Wajib agar Lansia Sehat

Salah satu cara terbaik menjaga kesehatan tubuh, khususunya lansia adalah dengan Superfoods. Dengan memanfatkan nutrisi buah-buahan dan sayuran Superfoods ini, Anda akan memiliki kondisi tubuh yang sehat. Ingin tahu apa saja? Berikut ini daftarnya.

Memasuki masa lansia tubuh akan mengalami banyak perubahan. Tubuh akan mengalami kemundurkan cara kerja metabolisme, penurunan kerja hormon, fungsi gerak yang berkurang, dan lainnya.

Menjaga hidup sehat ketika memasuki masa lansia merupakan tantangan tersendiri bagi banyak orang. Banyak tips yang hadir dalam hidup seseorang terutama bagaimana cara mereka menjaga kesehatannya. Mulai dari meningkatkan sistem imun, menjaga organ-organ tubuh bekerja dengan baik.

Upaya menjaga kesehatan tubuh ketika lansia, dengan memetik manfaat nutrisi yang ada pada Superfood. Ingin tahu apa saja? Simak uraian berikut ini:

10 Makanan Superfood Wajib agar Lansia Sehat

Kopi

Kopi ternyata memiliki manfaat baik bagi tubuh terutama untuk para lanjut usia. Penelitian The National Institutes of Health –AARP Diet and Health Study, menyatakan ternyata pada beberapa kasus orang-orang yang tidak mengalami serangan jantung, kesehatan pernapasan, stroke, cedera, diabetes itu justru terjadi pada orang-orang yang minum kopi.

Kopi ternyata dapat melindungi dari kanker payudara dan menurunkan tingkat Alzheimer (bagi mereka yang berusia 40-50 tahun an ang menikmati kopi 3-5 cangkir kopi.

Meskipun kopi bermanfaat, harap perhatikan gula saat menikmatinya. Waspada terhadap penggunaan gula dalam beberapa minuman kopi. Ada baiknya menikmati kopi tanpa gula, untuk mendapatkan khasiat terbaiknya. Anda perlu berkonsultasi ke dokter tentang hal ini untuk mengetahui  apakah kopi memang baik untuk Anda.

Blueberry

Buah-buahan yang satu ini menjadi fenomena sebagai favorit karena memiliki antioksidan yang menakjubkan. Manfaatnya sangat nyata untuk mengatasi masalah memori seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu blueberry dapat menurunkan tekanan darah dan membantu kelancaran kerja metabolism seseorang.

Karena manfaatnya bagi tubuh begitu penting, sejak sekarang jangan lupa memasukkan blueberry dalam konsumsi harian Anda. Anda bisa masukkan dalam salad buah, jus, campuran oatmeal, beragam cake, ice cream, dan camilan sehat.

Baca juga : Hadiah Valentine, Dark Chocolate Bikin Lansia Tambah Sehat

Dark Chocolate

Selama ini menikmati cokelat merupakan kemewahan tersendiri bagi banyak orang. Hanya saja selama ini mungkin Anda menikmati cokelat yang manis. Mungkin saat ini Anda harus konsumsi dark chocolate karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan tinggi. Manfaat bagi kesehatan di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan aliran darah ke otak, dan mencegah serangan jantung.

fisioterapi

Biji-Bijian

Mungkin banyak orang belum menyadari kalau kacang merupakan salah satu sumber makanan hampir sempurna. Mereka juga mengandung banyak antioksidan dibanding buah atau sayuran apapun. Kacang-kacangan ini termasuk kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai, dan lainnya. Kacang-kacangan ini sekaligus tinggi protein, vitamin, kalsium, dan serat.

Kacang-Kacangan

Anda menyukai almonds, kacang mete, pistachio, ini merupakan camilan bagus dan sehat. Ingin melangsingkan tubuh? Cobalah banyak-banyak konsumsi almonds. Kacang tanah memiliki kandungan protein yang cukup, sedangkan kenari dan kacang mete dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda. Untuk menjaga jantung sehat? Mengapa tidak mencoba walnut.

Salmon

Telah lama dikenal masyarakat luas kalau salmon merupakan salah satu Superfood terbaik untuk lansia. Salmon memiliki kandungan rendah lemak jenuh, kalori, dan protein tinggi. Selain itu juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kadar kolesterol baik dan dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Wortel

Wortel menjadi makanan favorit  banyak orang. Karena manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan  mata. Faktanya di luar itu, menurut Parent Giving, wortel itu dengan kandungan beta-karoten, Vitamin (C dan E), dan seng. Selain untuk mata ternyata wortel untuk menurunkan kadar Alzheimer, karena tingginya kandungan Vitamin A dan antioksidan. Mulai sekarang rajin-rajinlah konsumsi wortel bisa langsung dimakan segar, campuran salad atau asinan, jus, smoothies, campuran sayuran, dan lainnya.

Quinoa  

Mengonsumsi biji-bijian dapat memperbaiki kesehatan kardiovaskular, kadar gula darah dan berat badan, demikian riset dari Livestrong. Pilihannya adalah quinoa dan nasi merah.

Quinoa dapat dimasukkan dalam konsumsi harian lansia yang utama. Quinoa mengandung protein lengkap dan mengandung kadar magnesium tinggi (berfungsi untuk mengendurkan otot dan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah). Selain itu juga memiliki mangan dan tembaga (yang dapat membantu membersihkan tubuh Anda dari kanker dan zat penyebab penyakit).

Baca juga :  12 Manfaat Ubi Jalar, mulai dari Diet, Cegah Kanker hingga Stroke

Rempah-Rempah

Rempah-rempah tak hanya membuat masakan Anda lezat, namun juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan Anda. Misalnya saja bawang putih, jahe, kayu manis, kunyit ternyata memiliki kandungan anti oksidan dan anti  peradangan yang tinggi.

Apel

Apel merupakan buah-buahan yang sudah lama menjadi favorit untuk menjaga kesehatan. Apel masih menjadi favorit karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan dapat membantu menjaga kesehatan gula darah. Apel memiliki banyak kandungan potasium, antioksidan  dan Vitamin C.

Dengan banyaknya manfaat bagi kesehatan, Anda sudah seharusnya memasukkan ragam Superfood ini dalam daftar belanja Anda. Mulailah secara teratur konsumsi Superfood ini agar tubuh Anda tetap sehat.

Bila Anda membutuhkan perawat, perawat lansia, terapis (fisioterapi, terapi okupasi, terapi wicara), dan bidan untuk keluarga Anda, kunjungi website www.mynurz.com atau hubungi telepon (021) 2205 7505 dan 0811 1929 119. MyNurz solusi terbaik perawatan kesehatan di rumah Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...