10 Manfaat Apple Vinegar untuk Kesehatan

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

10 Manfaat Apple Vinegar untuk Kesehatan

Mungkin Anda sudah lama mengenal cuka apel (apple cider vinegar). Namun, mungkin Anda belum mengenal  manfaat cuka apel untuk kesehatannya yang begitu luar biasa.

Umumnya cuka apel digunakan untuk memasak, memanggang, salad dressing dan untuk pengawet makanan. Karena rasanya sangat asam, memang tidak dianjurkan untuk langsung diminum. Anda perlu menambahkan sejumlah air atau teh agar  tidak terlalu asam.

Cuka apel telah memiliki sejarah panjang sebagai bahan pegobatan yang banyak dilakukan di rumah. Mulai dari obat sakit tenggorokan, mengurangi varises, dan lain-lain. Faktanya, cuka apel itu memiliki manfaat besar untuk menjaga kesehatan tubuh.

Proses pembuatan cuka apel (apple vinegar) adalah dengan memasukkan ragi yang dapat mengubah gula pada buah apel menjadi alkohol (fermentasi). Bakteri ini dapat mengubah alkohol menjadi asam asetat yang memberikan rasa asam dan aroma yang begitu kuat.

Ingin tahu manfaat apple vinegar untuk kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat kesehatan :

Menurunkan  Berat Badan

Menambahkan dua sendok cuka apel dengan mencampurkan air sebanyak dua liter dan menghirupnya sepanjang hari dapat membantu meningkatkan upaya penurunan berat badan. Semua jenis vinegar telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu penurunan berat badan, karena membantu membuat Anda merasa kenyang.

Sebuah studi yang diterbitkan di Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi cuka apel selama 12 minggu berhasil mencapai penurunan berat badan dan lemak perut, lingkar pinggang, dan trigliserida.

Penelitian lain dari Jepang menemukan bahwa peserta yang kelebihan berat badan yang meminum cuka apel setiap hari selama 12 minggu memiliki lemak kurang visceral (lemak perut),  lingkar pinggang lebih rendah dan BMI yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak minum cuka sari apel.

Baca juga : 10 Makanan Superfood Wajib agar Lansia Sehat

Menjaga Tingkat pH Alkalin yang Sehat

Sebagian besar dari kita cenderung lebih asam daripada basa. Salah satu langkah awal menuju kesehatan yang lebih baik adalah tubuh yang lebih basa. Langkah pertama menuju kesehatan prima adalah dengan  membantu tubuh menjadi lebih basa.

Keseimbangan asam basa penting, karena banyak fungsi dalam tubuh hanya terjadi pada tingkat keasaman atau alkalinitas tertentu. Banyak enzim dan reaksi kimia dalam tubuh bekerja paling baik dengan pH tertentu, dan penelitian telah menunjukkan bahwa kadar asam tinggi menyebabkan kekurangan energi, dan tingginya insiden infeksi.

Makanan pembentuk asam meliputi hal-hal seperti makanan olahan, alkohol, gula dan karbohidrat sederhana lainnya. Bila Anda dapat menjaga tubuh Anda lebih basa dapat dilakukan secara alami dan akan  membantu menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi dan membuatnya lebih mampu melawan penyakit. Cuka apel dapat menjaga pH alkalin dalam tubuh.

Cuka Apel Membantu Mengatur Gula Darah

Penelitian di Arizona State University oleh Dr Carol Johnston menunjukkan manfaat cuka sari apel pada orang-orang yang mengalami diabetes tipe 2.

Studi ini mencatat pada mereka yang minum apple vinegar  saat makan akan memberikan rasa kenyang dan dapat mengurangi glikemia postprandial yang bermanfaat untuk orang-orang pre diabetes dan diabetes.

Para periset menemukan dengan mengonsumsi dua sendok makan cuka apel dengan air   sesaat sebelum tidur, dapat menurunkan kadar gula darah rata-rata 4 sampai 6 persen pada pagi hari.

10 Manfaat Apple Vinegar untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain menurunkan tekanan darah, cuka sari asam ini dapat juga mengurangi risiko penyakit jantung. Karena minum asam cuka apel dapat membantu meningkatkan HDL, atau kolesterol ‘baik’ dan dapat mengendalikan trigliserida.

Apple vinegar juga diyakini mengandung asam chlorogenic antioksidan, telah terbukti secara ilmiah melindungi partikel kolesterol LDL agar tidak teroksidasi, yang memegang peranan penting dalam mencegah penyakit jantung.

Proses Detoksifikasi Hati dan Organ Lain

Dalam proses membantu menyeimbangkan pH tubuh, cuka apel dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Penelitian telah menemukan bahwa secara khusus  apple vinegar dapat detoksifikasi hati, dapat membantu merangsang sirkulasi, menawarkan berbagai proses penyembuhan kulit dan darah, membantu menghilangkan racun lingkungan berbahaya yang terbentuk di tubuh, terutama pada hati. Hal ini dapat  membantu untuk membersihkan hati  dan memperbaiki proses penyaringan darah alami sekaligus meningkatkan energi.

Selain itu,  cuka apel dapat  membantu detoksifikasi tubuh dengan memecah lendir dan membersihkan kelenjar getah bening, yang memungkinkan sirkulasi getah bening bekerja  lebih baik. Bila sistem limfatik Anda sehat, maka dapat membantu  mengeluarkan toksin dari sel dan memperbaiki respon sistem kekebalan tubuh.

Baca juga :  Inilah 4 Vitamin dan Mineral Penting bagi Lansia

Turunkan Tekanan Darah

Ada juga bukti ilmiah bahwa sari cuka apel dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sari cuka apel mengandung potasium, yang diketahui dapat membantu keseimbangan kadar sodium tubuh dan menjaga tekanan darah optimal. Selain itu juga mengandung magnesium, yang membantu melenturkan  dinding pembuluh darah, dan pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Memperlambat Proses Penuaan

Sifat antioksidan dalam cuka apel dapat membantu mencegah penuaan dini bahkan membantu memperlambat proses penuaan. Kemampuan cuka apel untuk menjaga kestabilan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh juga memainkan peran kunci untuk memperlambat penuaan.

Minum Sari Cuka Apel dapat Meringankan Penyakit Pencernaan

Cuka apel sangat efektif terkait  menyangkut berbagai gangguan pencernaan karena merangsang cairan pencernaan untuk membantu proses makanan dalam tubuh. Ini dapat membantu pencernaan, kembung, gas dan bahkan rasa mulas. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa hanya mengonsumsi satu sendok teh dengan segelas air akan menghilangkan rasa mulas.

Selain itu, asam sehat yang ditemukan di cuka apel, termasuk asam asetat, isobutriat, asam laktat dan propionat dapat membantu pencernaan lebih baik dengan cara mengendalikan pertumbuhan ragi dan bakteri yang tidak diinginkan di perut dan seluruh tubuh. Namun begitu, hati-hati bila Anda mempunyai penyakit maag.

10 Manfaat Apple Vinegar untuk Kesehatan

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah penyakit yang banyak dialami lanjut usia. Untuk mencegahnya Anda dapat minum cuka apel untuk membantu penyerapan nutrisi kalsium yang dikenal sebagai mineral penting mencegah osteoporosis.

Dengan meminumnya bersamaan dengan setiap makanan, ini akan membantu memastikan penyerapan kalsium yang tepat untuk memperkuat tulang Anda.

Memperlambat Proses Penuaan

Sifat antioksidan dalam cuka apel dapat membantu mencegah penuaan dini dan bahkan membantu memperlambat proses penuaan. Kemampuan cuka apel untuk menjaga kestabilan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh juga memainkan peran kunci untuk memperlambat penuaan.

Melawan Kerusakan Radikal Bebas

Radikal bebas terus diciptakan untuk melakukan aktivitas metabolik tubuh dan sangat penting untuk kehidupan. Mereka melawan infeksi dengan membunuh berbagai kuman yang dapat menyebabkan infeksi.  Namun, bila ada kelebihan produksi radikal bebas, hal itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Jika ada lebih banyak radikal bebas yang harus ditangani oleh enzim atau nutrisi antioksidan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada membran sel, jaringan, protein dan bahkan DNA. Bila hal ini terjadi dapat menyebabkan penyakit seperti bisul, emfisema, artritis dan gangguan kekebalan tubuh.

Sebenarnya, hampir setiap penyakit yang dapat Anda pikirkan disebabkan oleh radikal bebas. Dan, kerusakan yang diakibatkan tidak terbatas pada tubuh bagian dalam kita, ini juga mempengaruhi penampilan luar kita, yang mengakibatkan keriput dan tampilan yang lebih garang.

Sementara menghindari radikal bebas sama sekali tidak mungkin, kita hanya dapat meminimalkan paparan  dan menetralkan pengaruhnya. Caranya  dengan mengonsumsi lebih banyak antioksidan yang menghentikan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan parah. Antioksidan, ditemukan dalam berbagai macam buah dan sayuran, dan beberapa makanan lainnya, seperti cuka apel, dan dapat membantu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh.

Melihat manfaat cuka apel untuk kesehatan memang menakjubkan. Namun begitu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bisa ingin mengonsumsinya. Terutama bila Anda memiliki kondisi penyakit tertentu.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...