10 Minuman Sehat untuk Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Jus Sehat untuk Lansia MyNurz

Tidak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan mengunyah atau menelan makanan. Solusinya, minuman sehat bisa menjadi pilihan agar lansia tetap sehat.

Pada lansia memang kerap ditemui adanya penurunan kemampuan untuk mengasup makanan. Ada beberapa hal yang mempengaruhinya. Seperti  adanya gangguan kognitif pada bagian otak. Atau bisa juga adanya penurunan kemampuan saraf pencecap, sehingga lansia sulit merasakan dan membedakan suatu makanan.

Ada juga menyangkut fisik karena kondisi gigi geliginya sudah banyak tanggal. Hal ini juga akan mempengaruhi kemampuan orang tua untuk mengunyah makanan.

Faktor produksi lendir yang ada pada lambung sudah berkurang pada lansia, hal ini  menyebabkan rasa penuh atau mual juga mempengaruhi pola makan manula. Paling umum keinginan makan pada lansia disebabkan karena adanya gangguan fisiologis.

Perlunya Makanan Lunak untuk Lansia 

Karena itu pola makan lansia sebetulnya tidak sama dengan orang muda. Jumlah kebutuhan makanan  pada lansia lebih sedikit. Tetapi harus tetap diingat kebutuhan optimal tubuh lansia  harus dipenuhi.

Sebagai salah satu solusi mengatasi pola makan lansia adalah dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan lunak atau cair.  Makanan pada lansia juga harus banyak mengandung serat, protein tinggi, karbohidrat kompleks, dan lemak.   Selain  itu juga dibutuhkan vitamin dan suplemen untuk  lansia.

Pilihan Minuman Sehat untuk Lansia

Jus Sehat untuk Lansia MyNurz

Ada beberapa jus dan smoothies ternyata dapat membantu lansia dengan kondisi tertentu untuk tetap mendapatkan makanan sehat, seperti berikut ini:

  • Anti Penuaan:  Jus anggur, blackcurrant, dan apel dapat menjadi minuman lezat dan banyak mengandung vitamin E dan C. Kedua   vitamin ini  merupakan  ‘senjata’  paling efisien untuk melawan kerusakan radikal bebas, yang menyebabkan penuaan.
  • Anemia: untuk mengembalikan kadar zat besi, ada cara mudah. Anda hanya perlu membuat jus wortel, daun kubis dan mentimun.
  • Infeksi Saluran Kemih: coba ramuan jus cranberry dan semangka untuk membantu mengatasi infeksi saluran kemih.

Jus Sehat untuk Lansia MyNurz

  • Memperbaiki Pencernaan: cobalah jus nanas, yoghurt tawar  dan sedikit air untuk smoothies yang akan mengembalikan bakteri baik di usus. Jus ini bagus setelah Anda mengalami diare.
  • Mencegah Masuk Angin: buatlah jus wortel, bawang putih dan peterseli. Sifat anti oksidan dan anti virus bawang putih membantu menangkal pilek.
  • Anti Inflamasi: daun bawang memiliki sifat pembersihan dan anti-inflamasi yang hebat. Jus daun bawang dengan apel dan jahe, yang akan merangsang sirkulasi dan bisa mengurangi nyeri sendi
  • Sakit Sendi: ini bisa diatasi dengan jus daun bawang dengan campuran wortel dan peterseli yang memiliki sifat antiinflamasi (peradangan).

Jus Sehat untuk Lansia MyNurz

  • Masalah Prostat: melon memiliki kandungan diuretik yang lembut dan mengandung magnesium dan potassium, yang membantu menyeimbangkan sistem hormon. Jus melon dengan apel dan brokoli, juga mengandung nutrisi anti kanker.
  • Jantung dan Sirkulasi: sayuran berwarna hitam seperti bayam,  mengandung banyak potasium yang membantu mengendalikan tekanan darah.
  • Konstipasi: jus tomat, bayam dan wortel, merupakan unsur yang mengandung serat tinggi dan akan membantu untuk merilekskan perut.

Orang tua tetap membutuhkan  nutrisi sehat, adanya jus dan smoothies ini dapat membantu agar lansia tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Nah, mulai sekarang saatnya memasukkan ragam jus buah untuk lansia dalam konsumsinya.

Bila Anda membutuhkan layanan  perawat, home care,  fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara berpengalaman dan profesional, bisa membuka website www. mynurz .com atau menghubungi 021-2205-7505 / 0811-1929-119.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...