10 Tips agar Lansia Tidur Lebih Nyenyak

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

10 Tips agar Lansia Tidur Lebih Nyenyak ¬¬¬

Tidur bagi orang normal mungkin merupakan hal yang biasa. Namun,  bagi beberapa orang termasuk  lansia dapat menjadi masalah.

Seiring bertambahnya usia seseorang, biasanya ada beberapa gangguan tidur. Mereka biasanya akan bangun pada malam hari dan sulit tidur kembali. Tidur yang berkualitas akan menjaga kesehatan tubuh lansia. Bila tidak cukup waktu tidur, dipastikan lansia akan mengalami masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat lakukan untuk memiliki kualitas tidur tinggi:

Jadwal Tidur yang Teratur

Bisa jadi Anda telah mendengar tentang bagaimana seharusnya Anda tidur dan bangun pada jam yang sama, termasuk akhir pekan. “Tidur merupakan proses homeostatic ( sistem pengaturan tubuh otomatis dengan pola harian dan terkait dengan ritme sirkadian. Jika Anda tidur lalu terbangun sebelum waktu Anda biasanya bangun, hal ini  akan membuat Anda akan mengantuk pada siang hari,” kata Sonia Ancoli-Israel, PhD, seorang profesor psikiatri University of California (San Diego) dan juru bicara National Sleep Foundation.

Baca juga : 4 Tips Bujuk OrangTua Mau Dirawat Perawat Lansia

Lakukan Relaksasi Ritual

Anda dapat melakukan beberapa aktivitas santai. Anda dapat mengatur cahaya redup atau gelap, menenangkan emosi dari rasa cemas. Di antaranya dengan mandi air hangat, meditasi, berdoa, salat, redupkan lampu, untuk  membuat Anda tenang dan segera tidur pulas.

Matikan Semua Gadget dan Elektronik Anda

Jika Anda melihat jam dari tempat tidur Anda segera pindahkan. Bila Anda dapat menyingkirkan jam di dekat tempat tidur Anda, sebanyak 90% akan tidur lelap. Jika Anda terbangun ingin tahu jam berapa  Anda akan bangun untuk melihat jam. Bisa ditebak Anda akan terjaga dan sulit untuk tidur lagi. Bila tidak ada jam dan terbangun Anda jangan buka mata Anda karena membuat Anda sulit tidur kembali.

Ciptakan Suasana Mendukung Tidur Lebih Lelap 

Tidur nyenyak membutuhkan lingkungan yang tepat – gelap, sepi, nyaman, dan sejuk. Anda dapat  membantu jika mengatur  paparan cahaya, suhu tidak nyaman, atau sirkulasi udara yang buruk, belum lagi dengkuran keras pasangan Anda. Sementara beberapa penyabot tidur potensial berada di luar kendali Anda, Anda bisa menggunakan penutup mata,  penyumbat telinga, pelembab udara, suhu yang nyaman, dapat membantu Anda.

10 Tips agar Lansia Tidur Lebih Nyenyak ¬¬¬

Ciptakan Kenyamanan

Saat tidur, kenyamanan merupakan kuncinya. Jika Anda telah berbaring di kasur yang sama selama bertahun-tahun, kemungkinan besar hal itu mungkin telah melampaui  fungsi sebagai kasur yang nyaman. Umumnya kasur berkualitas baik tetap nyaman digunakan hingga 10 tahun. Pastikan kasur Anda nyaman dan seprai Anda terbuat dari katun lembut. Perhatikan juga bantal dan perlengkapan tidur lainnya pastikan Anda membuat  nyaman Anda.

Baca juga8 Tanda Orang Tua Anda butuh Perawat Lansia

Perhatikan Tontonan dan Makanan Sebelum Anda Tidur

Sebaiknya Anda jangan makan apapun dua sampai tiga jam sebelum tidur. Aturan yang sama berlaku untuk minuman. Anda tidak ingin minuman (minuman beralkohol, kopi, atau lainnya) yang Anda minum dapat mengganggu tidur Anda karena harus bolak-balik ke kamar mandi.

Perhatikan jenis makanan  berat atau makanan pedas yang terlalu dekat dengan waktu tidur,  karena dapat merangsang  sakit maag dan membuat sulit tertidur. Bila Anda lapar pilihlah makanan yang tidak mengganggu perncernaan Anda.

Tubuh yang Bugar

Lakukan olahraga ringan sekitar 6 jam sebelum Anda tidur. Sebuah studi menunjukkan orang yang lebih aktif secara fisik akan lebih nyenyak tidurnya. Ketika tubuh berolahraga, suhu tubuh kita akan naik dan membutuhkan waktu sekitar 6 jam agar normal kembali. Terkait waktu tidur Anda, sebaiknya Anda melakukan olahraga sore hari.

10 Tips agar Lansia Tidur Lebih Nyenyak ¬¬¬

Gunakan Tempat Tidur hanya untuk Tidur

Terus bekerja, komputer, TV, dan gangguan lainnya sebaiknya tidak dilakukan di tempat tidur. Buatlah  kamar tidur untuk tidur  saja dan tidak  melakukan kegiatan lain di tempat tidur. Membaca di tempat tidur, bisa jadi tidak masalah untuk seseorang tapi tidak berlaku untuk Anda. Hal seperti ini tergantung kebiasaan Anda berbeda dengan orang lain.  Intinya lakukan kegiatan yang membuat Anda rileks.

Gunakan Imajinasi Anda

Waktu Anda tidur dan terbangun semuanya diprogram di alam bawah sadar. Dibanding Anda harus menghitung domba, coba Anda mengatur ulang program tidur Anda. Anda dapat memogram diri Anda dengan bantuan terapi khusus untuk program tidur Anda seperti hipnotis. Anda dapat diprogram untuk tidur dan bangun pada pukul waktu tertentu. Ini dapat membantu pola tidur Anda yang buruk dan Anda dapat berhasil tidur nyenyak.

fisioterapi

Berhenti Merokok

Ada satu hal lagi yang bisa Anda kerjakan bila Anda di rumah Anda dapat berhenti merokok. Alasannya nikotin dapat mengganggu tidur. Demikian juga dengan kafein dan alkohol dapat menyabot jam tidur Anda.  Selain itu juga teh, soda, dan coklat semuanya mengandung kafein. Bila Anda meminum minuman berkafein, akan berada di dalam tubuh kita 3-5 jam.

Selain itu juga harus perhatikan obat-obatan atau vitamin  yang diminum yang kadang membuat seseorang tidak dapat tidur nyenyak.

Bila Anda membutuhkan perawat, perawat lansia, terapis (fisioterapi, terapi okupasi, terapi wicara), dan bidan untuk keluarga Anda, kunjungi website www.mynurz.com atau hubungi telepon (021) 2205 7505 dan 0811 1929 119. MyNurz solusi terbaik perawatan kesehatan di rumah Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...