10 Tips Membawa Lansia Liburan Dengan Pesawat Terbang

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

10 tips membawa lansia liburan dengan pesawat terbang

Orang tua terkadang terlupakan saat liburan seperti sekarang ini. Kalau biasanya Anda merencanakan liburan dengan teman-teman dan keluarga, bagaimana dengan orang tua Anda? Tidak ada salahnya untuk membawa mereka liburan juga, karena mereka masih membutuhkan waktu bersama anak dan cucu mereka, terutama di momen-momen liburan.

Sadly, mungkin masih banyak yang merasa membawa anak saja sudah cukup merepotkan, apalagi membawa orang tua. Sebenarnya tidak sulit untuk membawa lansia liburan, apalagi dengan menggunakan pesawat terbang. Perjalanan bersama orang tua Anda bisa tetap menyenangkan jika sebelumnya Anda sudah merencanakannya dengan matang. Kemudian apa saja yang harus dipersiapkan untuk membawa orang tua ‘terbang’?

Memasuki usia senja mereka dengan kategori usia di atas 65 tahun memang cukup riskan untuk membawanya liburan lintas negara, tapi semua masih bisa dilakukan dengan beberapa tips membawa lansia liburan dengan pesawat terbang ini:

1. A Good Plan Comes with A Good Result

Pertimbangan untuk membawa lansia atau orang tua harus dipikirkan matang-matang dan jangan mendadak. Jangan jadikan mereka pilihan terakhir sehingga Anda kurang persiapan untuk membawa mereka liburan. Rencana yang jelas sangat diperlukan karena hal ini berkaitan dengan kesehatannya.

2. Konsultasi dengan Dokter

Jika sudah fixed untuk membawa mereka liburan lintas negara, konsultasikan hal ini dengan dokter mereka terkait penyakit kronis yang mungkin sedang diderita oleh orang tua Anda. Perlu diingat bahwa lansia dengan kategori usia di atas 60 tahun cenderung memiliki penyakit kronis seperti diabetes, asam urat, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

3. Perhatikan Jenis dan Jumlah Obat Rutin/Resep yang Harus Dibawa

Para lansia termasuk orang tua Anda dengan penyakit kronisnya memerlukan obat resep dan obat rutin yang harus diminum dalam selang interval tertentu. Sebaiknya Anda mulai membuat list terkait jenis dan jumlah obat-obatan rutin yang harus dibawa tanpa berbenturan dengan peraturan maskapai penerbangan Anda. Beberapa maskapai sudah sering menerapkan aturan terkait obat-obatan yang boleh dibawa dan bagaimana cara membungkusnya. Tebus resep obat sekarang lebih mudah dilakukan karena sudah ada jasa yang dapat menebusnya secara online untuk Anda.

4. Lakukan Tes Kesehatan

Disarankan bagi para lansia untuk menjalani tes kesehatan sebelum terbang. Penting untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung mereka dan pastikan kondisinya stabil. Jangan malah liburan ini memperburuk kondisi kesehatan mereka.

5. Hubungi Maskapai Penerbangan Jika Membutuhkan Kursi Roda

Biasanya para lansia sudah mengalami gangguan untuk berjalan, dan jika hal ini juga terjadi pada orang tua Anda, pastikan Anda sudah memesan kursi roda sebelumnya pada maskapai penerbangan Anda.

6. Cek Dokumen

Sebelum bepergian pastikan dokumen milik orang tua Anda sudah lengkap dan juga surat rekomendasi dari dokter Anda terkait penyakit kronis yang diderita orang tua Anda. Dokumen ini bisa digunakan ketika Anda meminta ijin untuk orang tua Anda duduk di bulkhead seat atau aisle seat dengan legroom.

7. Siapkan Snack Ringan dan Sehat

Botol berisi air mineral dengan krakers, biskuit atau buah-buahan di tas terpisah juga harus disiapkan. Hal ini dapat mencegah dehidrasi atau gula darah rendah. Air mineral juga mungkin diperlukan ketika mereka harus minum obat rutin mereka.

8. Banyak Bergerak

Terlalu lama duduk di dalam pesawat terbang dapat menyebabkan pembekuan darah, inflamasi pada sendi, atau otot. Untuk itu jika para lansia masih kuat untuk berdiri, lakukan stretch dengan berdiri dalam selang interval tertentu. Jangan merasa malu untuk berjalan ke lorong pesawat sekali atau dua kali. Movement is important.

9. Turun Pada Giliran Terakhir

Disembark pada giliran terakhir ketika Anda membawa orang tua bersama Anda. Hal ini dapat menjaga keselamatan orang tua Anda dari kerumunan penumpang lain yang mencoba turun dari pesawat.

10. Destinasi Liburan Elderly-friendly

Pastikan destinasi liburan Anda tidak akan membuat orang tua Anda bekerja keras menggunakan tubuhnya karena inti dari liburan kali ini adalah relaksasi bagi mereka. Jadi pastikan destinasinya bukan hiking ke gunung, ya.

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat lansia, Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi.
Email: Support@MyNurz.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...