11 Mitos Tentang Gangguan Pendengaran

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Gangguan Pendengaran

Beberapa penjelasan berikut dapat membantu menghilangkan beberapa mitos dan kesalahpahaman tentang tuli dan orang-orang dengan gangguan pendengaran.

1. Gangguan pendengaran datang dikarenakan usia & tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk hal itu.

Salah. Hal ini mungkin benar untuk beberapa tahun yang lalu dalam beberapa kondisi, tetapi dengan kemajuan saat ini, hampir 95 persen orang dengan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam dapat dibantu dengan alat bantu dengar, menurut Better Hearing Institute.

2. Sedikit kesulitan mendengar adalah normal. Tunggu sampai benar-benar menjadi buruk sebelum pergi ke dokter spesialis.

Salah. Semakin lama Anda menunggu, semakin sulit untuk mengobati gangguan pendengaran. Itu karena sistem pendengaran di otak berhenti mengakui suara sebagai pendengaran dan ini akan memperburuk situasi. Jika Anda memakai alat bantu dengar secara teratur, otak Anda dapat belajar untuk memprogram ulang sendiri setelah sistem pendengaran yang dimulai mendapatkan stimulasi saraf yang tepat.

3. Orang dengan gangguan pendengaran akan memahami Anda lebih baik jika Anda berbicara keras.

Salah. Menurut buku tentang gangguan pendengaran, berteriak tidak Akan membantu. Tidak akan. Berteriak mendistorsi mulut dan membuat bibir sulit membaca. Berbicaralah dengan nada suara normal, melihat pada pendengar, dan mengartikulasikan dengan jelas.

4. Dokter saya akan memberitahu saya jika saya perlu alat bantu dengar dan merujuk saya ke dokter spesialis.

Sebagian besar salah. Studi menunjukkan bahwa hanya antara 17 dan 30 persen dari dokter umum melakukan screening pendengaran sepintas, bahkan dengan pasien usia lanjut. Mereka hampir tidak melakukan tes pendengaran penuh.

5. Menyediakan penerjemah bahasa isyarat sangat membantu untuk orang dengan gangguan pendengaran.

Benar, tetapi hanya untuk sebagian kecil dari mereka. Dari 48 juta orang Amerika dengan gangguan pendengaran, hanya 500.000 menggunakan bahasa isyarat. Tetapi persepsi kebanyakan orang bahwa pasien yang tidak bisa mendengar adalah pengguna bahasa isyarat.

6. Kelas dalam bahasa isyarat bisa sangat membantu bagi mereka dengan gangguan pendengaran yang parah.

Benar, tetapi hanya dengan cara belajar dasar-dasar bahasa apapun memang akan sangat membantu. Faktanya, untuk menjadi fasih dalam bahasa isyarat sebagai orang dewasa adalah pekerjaan yang sangat sulit.

7. Orang dengan gangguan pendengaran dapat membaca bibir.

Benar, sampai batas tertentu. Beberapa dari kita melakukannya jauh lebih baik daripada yang lain. Namun demikian, ketika berbicara dengan seseorang yang tuli atau pengurangan pendengaran, selalu pastikan mereka dapat melihat bibir Anda.

8. Alat bantu dengar tidak bekerja. Lebih baik menggunakan teknologi tinggi cochlear implant.

cochlear implantSalah. Alat bantu dengar bekerja dengan baik untuk kebanyakan orang hingga untuk gangguan pendengaran yang parah, dan hal itu dianggap jauh lebih efektif daripada cochlear implant untuk orang-orang tertentu. Para ahli merekomendasikan cochlear implant hanya ketika alat bantu dengar tidak lagi efektif. Jika Anda menunda untuk menggunakan alat bantu dengar dan berpikir Anda akan melompat menggunakan cochlear implant bila diperlukan, jangan lakukan itu. Semakin lama Anda menunda mengobati pendengaran yang Anda perlukan, semakin sulit untuk memperbaiki.

9. Gangguan pendengaran adalah hal umum yang terjadi pada orang tua.

Salah lagi. Gangguan pendengaran adalah yang paling terlihat pada orang tua karena ini adalah kelompok yang paling mungkin untuk memiliki gangguan pendengaran yang parah dan memakai alat bantu dengar yang terlihat. Tapi 65 persen dari mereka dengan gangguan pendengaran berada di bawah usia 65 tahun, dan 60 persen masih di sekolah atau di tempat kerja.

10. Satu-satunya cara untuk mengobati gangguan pendengaran adalah dengan alat bantu dengar atau cochlear implant.

Salah. Sebuah alat bantu dengar mungkin efektif, akan tapi mahal, rata-rata $ 2.400. Jika pendengaran Anda semakin memburuk, maka Anda dapat mulai beralih ke alat bantu dengar.

11. Jika alat bantu dengar yang diperlukan, asuransi saya akan menutupinya, kan?

Sayangnya tidak ada. Beberapa perusahaan asuransi mulai untuk memasukkan pendengaran dalam cakupan rencana mereka, namun sebagian besar rencana pribadi dan sponsor perusahaan tidak mencakup alat bantu dengar untuk orang dewasa, juga tidak ada dikebanyakan Negara.

Kunjungi MyNurz.Com untuk menemukan Perawat lansia (Perawat Orang Tua) Fisioterapis, Terapis Wicara & Terapis Okupasi.

Atau Hubungi:
Tlp:(021) 30053500
SMS/ WA: 0851-0835-5373
Email: Support@MyNurz.com

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...