12 Manfaat Ubi Jalar, Mulai Dari Diet Hingga Cegah Stroke

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

 

12 Manfaat Ubi Jalar, Mulai Dari Diet Hingga Cegah Stroke

Ubi jalar hingga kini masih  menjadi sumber pangan nomor dua sumber karbohidrat. Padahal, banyak manfaat ubi jalar untuk kesehatan seperti mengatasi stroke dan membantu diet.

Hampir seluruh wilayah  Indonesia memiliki ubi jalar. Namun, hingga kini ubi belum menjadi pilihan sumber karbohidrat populer. Ubi jalar bisa diolah beragam makanan mulai hanya direbus, digoreng, atau  beragam kue atau camilan lainnya. Ubi memiliki rasa alami yaitu manis. Warna yang  sering dijumpai pada ubi adalah oranye, putih, kuning, hingga ungu pekat.

Ubi dapat menjadi sumber kalori bagi tubuh. Karena itu, bila Anda mencoba menggganti sumber karbohidrat misalnya nasi, maka ubi bisa mewakilinya. Ubi dapat menjadi sumber tenaga dalam beragam aktivitas harian Anda. Selain itu juga memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, Vitamin B1, dan  vitamin lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan:

Anti Penuaan

Ubi mengandung karotenoid tinggi yang banyak manfaatnya untuk kesehatan Anda. Kandungan ini tidak hanya menyingkirkan tanda-tanda penuaan, namun ternyata mampu mengurangi risiko pembentukan sel kanker di tubuh.

Sayangya di Indonesia masyarakat banyak yang belum menyadari manfaat ubi bagi kesehatan. Faktanya di Singapura, Autralia, Jepang, dan negara lainnya justru sudah banyak yang mengosumsinya. Tidak heran harga ubi jalar di berbagai negara menjadi mahal.  Berbeda dengan Indonesia, ubi dijual dengan harga murah. Nah, bila Anda belum memasukkan ubi dalam menu harian Anda, saatnya Anda mulai menikmati manfaat ubi jalar.

Kesehatan Jantung

Ubi jalar memiliki  kandungan vitamin B6, yang merupakan nutrisi penting yang menjaga kesehatan jantung Anda. Vitamin B6 ini dapat mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya yang ada dalam aliran darah Anda. Selain itu, ubi memiliki kandungan B6 atau thiamin yang berfungsi untuk menjaga fungsi kerja jantung secara optimal.

12 Manfaat Ubi Jalar, Mulai Dari Diet Hingga Cegah Stroke

Anti Stres

Pernahkah Anda memperhatikan perasaan Anda gembira setelah menikmati  keripik ubi goreng? Hal ini karena ubi merupakan sumber magnesium tinggi. Unsur inilah yang membuat Anda happy. Ubi dapat menenangkan saraf dan otot Anda menjadi lebih tenang.

Tulang Kuat

Adanya kandungan Vitamin D pada ubi ini dapat menguatkan tulang Anda. Bagi Anda yang ingin menjaga tulang kuat, jangan ragu lagi masukkan ubi dalam konsumsi harian.

Mencegah Kanker                                 

Dengan kandungan karotenoid, ubi memiliki khasiat menakjubkan. Karena dengan karatonoid ubi tidak hanya menangkal tanda-tanpa penuaan, tetapi juga dapat mengurangi risiko perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Mengurangi Tekanan darah

Saat ini salah satu penyakit yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia adalah tekanan darah tinggi. Banyak orang yang tidak tahu ancaman bahaya tekanan darah tinggi. Bila tidak dikontrol dan diobati maka tekanan darah tinggi bisa menjadi serius dengan baying-bayang penaykit jantung dan stroke. Ubi mengandung kalium dan magnesium yang bagus untuk mempertahankan tekanan darah tetap normal.

Mencegah Diabetes

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi. Dengan demikian, ubi jalar ini dapat membantu seseorang untuk menjaga kadar gula dan mencegah diabetes ataupun menjadi pilihan karbohidrat bagi penderita diabetes. Ubi dapat membantu sekresi dan fungsi insulin.

Membantu Diet Menurunkan Berat Badan

Ubi mengandung serat tinggi dan kalori rendah. Dalam 100 gram ubi terdapat 90 kalori. Serat pada ubi akan memberikan rasa kenyang lebih lama yang membuat Anda tidak ngemil atau sering makan. Di samping itu ubi juga kaya karbohidrat dapat memberikan energi lebih saat diet, sehingga tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

12 Manfaat Ubi Jalar, Mulai Dari Diet Hingga Cegah Stroke

Menjaga Kesehatan Mata 

Ubi memiliki kandungan beta-karoten amat baik untuk kesehatan mata. Jadi bila Anda memiliki masalah dengan kesehatan mata Anda, maka Anda dapat mengonsumsi ubi.

Mengurangi Risiko Stroke

Adanya betakaroten pada ubi dapat membantu mencegah stroke. Adanya serat yang tinggi, serat juga dapat membantu penyerapan lemak atau kolesterol darah sehingga kadarnya tetap normal.

Mengatasi Masalah Tidur

Adanya kandungan Vitamin A yang tinggi, maka ubi merah dapat membantu mengatasi gangguan tidur seseorang.  Ubi dapat membantu tidur lebih enak dan nyaman.

Kekebalan Tubuh

Ubi memiliki kaya kandungan beta karoten, antioksidan,  serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, besi  dan  fosfor. Tidak heran ubi dapat menjadi senjata imun yang hebat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Melihat fakta banyaknya manfaat ubi jalar untuk kesehatan, tampaknya sudah tidak ada lagi keraguan untuk mulai sekarang memasukkannya dalam konsumsi harian Anda.

Bila Anda membutuhkan perawat, terapis (fisioterapis, okupasi, wicara), bidan ke rumah, Anda bisa mengunjungi situs www.mynurz.com atau hubungi telepon (021) 2789 9963 atau 0811 1929 119.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail