4 Manfaat Aktivitas Hari Kemerdekaan untuk Keluarga

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

4 Manfaat Aktivitas Hari Kemerdekaan untuk Keluarga

Banyak aktivitas di Hari Kemerdekaan menjadi momen istimewa bagi keluarga Anda. Salah satunya untuk mempererat hubungan keluarga.

Pada setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan.  Tahun ini Indonesia akan memperingati 72  tahun merdeka. Hari ini dapat  menjadi hari yang menyenangkan bagi warga Indonesia.

Hari besar ini ditandai sebagai hari libur nasional sehingga menjadi hari yang menyenangkan bagi siapapun. Memang bagi PNS, BUMN, sekolah, memang mengadakan upacara bendera. Namun, sebagian karyawan yang berada di rumah menikmati hari libur bersama keluarga.

Mungkin banyak orang yang kurang menyadari kalau Hari Kemerdekaan itu merupakan salah satu hari istimewa yang dimiliki warga Indonesia. Bagaimana tidak, karena hampir setiap warga negara Indonesia akan mengingat beragam aktivitas di hari kemerdekaan. Banyak aktivitas kemerdekaan yang sudah dikenal sejak zaman dulu dan telah menjadi tradisional. Kenangan beragam permainan lomba tradisional ini

Banyak permainan dan lomba yang sepertinya sudah mendarah daging dalam setiap tahun hadir. Sebut saja mulai tarik tambang, balap karung, lomba makan kerupuk, lomba engrang, gebuk bantal,  kelereng dalam sendok, adu balap bakiak, panjat pinang, dan lainnya.

Namun sebetulnya di balik beragam akivitas lomba yang ada momen 17-an bisa Anda manfaatkan untuk acara berkumpul keluarga. Inilah saat tepat bagi keluarga untuk memaknai hari kemerdekaan untuk memperkenalkan anak-anak tentang nasionalisme.

Berikut ini manfaat yang dapat Anda petik saat memperingati Hari Kemerdekaan :

Meningkatkan Keakraban Antar Tetangga

Lazimnya di antara tetangga-tetangga dalam satu RT, Anda bisa berinisiatif menggelar lomba anak-anak. Di sini Anda bisa membuat lomba yang seru dan melibatkan banyak orang. Mulailah dengan membuat lomba sesuai umur dan tingkat kesulitan ringan hingga sulit.

Bagi anak-anak intinya tidak hanya memenangi lomba semata, namun lebih untuk memperkenalkan tentang arti kemerdekaan, kebersamaan, sportivitas, sekaligus kegembiraan. Siapkan hadiah selain untuk pemenang tapi juga untuk seluruh peserta. Lomba ini akan menjadi momen yang akan diingat anak-anak hingga dewasa.

Mempererat Hubungan Keluarga

4 Manfaat Aktivitas Hari Kemerdekaan untuk Keluarga

Memperingati Hari Kemerdekaan dapat mempererat hubungan keluarga. Betapa tidak bila ada anggota keluarga yang ingin ikut lomba maka perlu persiapan. Maka keluarga dapat membantu mempersiapkan mental, ikut menonton dan memberi semangat, dan keperluan lainnya. Beberapa lomba seperti menghias sepeda , nasi tumpeng, dan lainnya.

Dalam memberikan dukungan keluarga Anda bisa mengajak seluruh keluarga  anak lomba. Mulai dari ayah, ibu, kakek, nenek, dan keluarga lainnya.

Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air

Menjelang 17-an, setiap rumah akan memasang bendera. Ajak anak-anak dan keluarga lainnya Di sini Anda juga dapat menanamkan cinta Tanah Air, arti bendera Merah Putih, dan sebagainya. Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk menyanyikan beberapa lagu wajib, tentang Indonesia Raya, Bendera Merah Putih, Maju Tak Gentar, dan sebagainya.

Di sini Anda dapat  mengadakan lomba Cerdas Cermat topik Hari Kemerdekaan, menghafal Teks Proklamasi,  membuat drama bertema kemerdekaan Indonesia, lomba menyanyi lagu-lagu perjuangan dan lainnya.

Dengan demikian anak-anak bisa lebih memahami  Hari Kemerdekaan dengan cara menyenangkan. Anak-anak juga dengan senang hati untuk mempelajari beberapa hal.

Mengenalkan Arti Pahlawan

Saat memperingati kemerdekaan menjadi kesempatan Anda untuk lebih mengenalkan pahlawan-pahlawan kepada keluarga. Ajak mereka berdiskusi dan bercerita tentang pahlawan-pahlawan.

Bila ada kakek atau nenek di rumah, minta mereka menceritakan tentang kemerdekaan kepada cucu-cucunya. Banyak kenangan dan sejarah yang bisa digali dari mereka. Hal ini tentu saja akan menambah kedekatan kakek nenek kepara para cucunya.

Aktif Melakukan Kegiatan Fisik

4 Manfaat Aktivitas Hari Kemerdekaan untuk Keluarga

Saat memperingati Hari Kemerdekaan dengan berbagai aktivitas lomba, paling tidak menjadi cara Anda mengajak keluarga aktif bergerak. Bisa jadi banyak anak-anak yang tidak pernah lepas dari gadget.  Anda punya kesempatan mengajak keluarga keluar rumah, bergerak, berlari,   dan menciptakan  momen menggembirakan buat mereka.

Selain itu, bila ada kesempatan ajak keluarga untuk menonton fllm-film pahlawan. Ada beberapa film seperti Jenderal Soedirman yang bagus untuk mengenal perjuangan Jenderal Soedirman dalam kemerderkaan Indonesia.

Ada banyak tempat wisata yang memiliki nilai sejarah. Bila ada kesempatan Anda dan keluarga bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Beberapa tempat yang dapat dikunjungi seperti Tugu Proklamasi, Monas, Gedong Joeang’45,  Museum Nasional, Rumah Rengasdengklok, dan lainnya.

Melihat banyaknya manfaat aktivitas merayakan Hari Kemerdekaan, sepertinya Anda harus memanfaatkan sebagai momen istimewa bersama keluarga. Dirgahayu Indonesia ke-72!

Jika Anda membutuhkan terapi, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail