4 Tips Bujuk Orang Tua Mau Dirawat Perawat Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

4 Tips Bujuk Orang Tua Mau Dirawat Perawat Lansia

Umumnya orang tua akan menolak ketika Anda mengajukan perawat lansia. Berikut ini empat tips untuk meyakinan mereka menerima bantuan perawat lansia.

Bukan perkara mudah membujuk orang tua Anda menerima home care atau perawat lansia. Sebetulnya tidak mengherankan bila orang tua diberi pilihan, kebanyakan orang tua akan memilih tinggal di rumah.

Mereka tidak mau dirawat di panti werdha (panti jompo). Banyak lansia lebih nyaman dan bahagia bila mereka berada di rumah dan mendapat bantuan perawatan kesehatan dari perawat lansia.

Lansia tetap ingin dikelilingi anak dan cucu, dirawat dengan penuh kasih oleh keluarga, pendampingan kesehatan kala mereka sakit, berkomunikasi dengan keluarga, minum obat teratur, mengecek kondisi kesehatan, membantu melakukan aktivitas mereka di rumah, dan lainnya.

Sayangnya, pada kondisi tertentu, Anda tidak sanggup merawat orang tua di rumah dengan kondisi yang kian rapuh atau mengalami sakit tertentu. Mereka sulit beraktivitas secara mandiri dan  mereka membutuhkan perawatan di rumah. Bisa jadi dalam beberapa bagian Anda tetap ingin merawat orang tua Anda. Tetapi, di sisi lain, Anda memiliki kesibukan tinggi. Di sinilah amat memungkinkan bila Anda mencari solusi untuk mencari perawat lansia untuk orang tua Anda.

Baca juga10 Kriteria Penting saat Mencari Fisioterapi Jakarta

Secara logis, sebetulnya wajar setiap orang merasa tidak suka (tidak nyaman) membiarkan orang asing atau tidak dikenal masuk ke rumah dan merawat lansia. Memang tampaknya sulit ketika lansia harus menerima seorang asing masuk ke dalam rumah terlebih harus masuk ke dalam kehidupan mereka.

Namun Anda bisa meyakinan orang tua Anda untuk mau dirawat perawat  lansia. Tekankan kalau perawat lansia itu hanya membantu mereka agar mereka mendapatkan perawatan terbaik. Beberapa cara meyakinkan orang tua Anda:

Memahami Pentingnya Perawat Lansia untuk Mereka

4 Tips Bujuk Orang Tua Mau Dirawat Perawat Lansia

Cara terbaik untuk menyakinan orang tua Anda adalah bagaimana mereka memahami betapa berharganya  mereka berada di rumah.  Coba bandingkan bila orang tua harus dirawat di panti werdha. Dengan memahami hal ini, pastikan pilihan orang tua untuk dirawat di rumah merupakan hal paling menguntungkan bagi mereka.

Selain itu, bila orang tua Anda masih lengkap, memungkinkan mereka untuk tetap bersama pasangannya di rumah. Kadang, orang tua Anda ada kemungkinan lebih memikirkan kondisi dan kenyamanan pasangannya dibanding dirinya. Walaupun faktanya adanya perawat lansia akan menguntungkan kedua orang tua Anda. Jadi jika kedua orang tua Anda masih ada, ini merupakan satu cara membujuk mereka untuk menerima perawat lansia.

Baca juga : 10 Kriteria Penting saat Mencari Fisioterapi Jakarta

Fokuskan Perawat Lansia itu Amat Penting untuk  Anda

Pendekatan lain adalah memusatkan perhatian adanya perawat lansia itu lebih pada kebutuhan Anda, bukan pada orang tua Anda. Biarkan orang tua memahami Anda bahwa Anda kewalahan dengan tanggung jawab Anda dan merasa bersalah karena Anda tidak dapat memberikan perawatan terbaik. Anda pun tidak memiliki keahlian dan kemampuan untuk merawat atau mengetahui seluruh kebutuhan mereka.

Jelaskan di titik inilah Anda merasa akan lebih baik untuk memiliki solusi perawatan di rumah, ketika Anda tidak dapat stand by 24 jam. Di sini alih-alih membuat orang tua Anda merasa seperti kehilangan kebebasan, justru berikan pengertian bahwa Anda membutuhkan bantuannya untuk menerima perawat lansia merawat orang tua.

Diskusikan dengan Dokter

Anda dapat berdiskusi dengan dokter orang tua Anda tentang masalah perawatan orang tua Anda.  Jika dokter setuju dengan Anda, dia mungkin bersedia juga untuk  memberi tahu orang tua Anda. Dokter dapat mengatakan kalau sekarang mereka perlu mendapat bantuan  perawatan kesehatan di rumah.

Konsultasi dengan Layanan Kesehatan

4 Tips Bujuk Orang Tua Mau Dirawat Perawat Lansia

Anda juga dapat mendiskusikan situasi dengan pusat atau layanan  perawatan orang tua profesional berlisensi dengan keahlian khusus dalam membuat penilaian ini. Misalnya saja Anda  MyNurz sebagai penyedia layanan kesehatan perawat lansia dan terapis yang dapat datang ke rumah.
MyNurz akan memungkinkan Anda berkonsultasi tentang ragam perawatan lansia di rumah. Apa saja yang dibutuhkan lansia, tanggung jawa perawat lansia, dan lainnya.

 

Perawat lansia di MyNurz telah banyak memiliki pengalaman merawat lansia di rumah. Perawat lansia telah terdaftar menjadi mitra di MyNurz, memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), pengalaman untuk menggunakan beragam alat medis, ketersediaan waktu untuk merawat lansia (bisa kontrak untuk jangka waktu singkat atau panjang), biaya terjangkau,  dan lainnya.

Selain itu adanya perawat lansia di rumah dapat menjadi cara untuk belajar, menambah pengetahuan tentang merawat lansia untuk seluruh keluarga.

Tidak ada yang mudah untuk membantu orang tua Anda  yang sudah lansia dalam menerima kondisi mereka, apalagi bila mereka sakit. Masa seperti ini  merupakan transisi yang menantang dan sulit dilakukan banyak orang. Sadarilah bahwa orang tua Anda tidak marah kepada Anda, mereka hanya takut kehilangan ‘kemerdekaan’ mereka. Lakukan yang terbaik untuk mereka  agar bisa mengerti dan sabar dalam diskusi pentingnya perawat lansia.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...