5 Cara Perawat Home Care Membersihkan Luka Agar Terhindar dari Infeksi

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

5 Cara Perawat Home Care Membersihkan Luka Agar Terhindar dari Infeksi

Perawat home care melakukan tindakan yang dilakukan kepada pasien sebagai kelanjutan dari tindakan yang dilakukan di rumah sakit atau bersifat panggilan. Tindakan ini dilakukan di rumah atau tempat tinggal pasien. Perawatan home care ini melibatkan berbagai tenaga yang berkompetensi di bidang masing-masing, diantaranya dokter, baik dokter umum, maupun dokter spesialis, perawat, fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi wicara. Pelayanan ini bisa dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Ketika terluka, mungkin Anda berpikir untuk buru-buru diplester. Namun, sebelum ditutup dengan plester,  Anda harus membersihkannya dulu supaya tidak terjadi infeksi.

Baca juga : Perawat Home Care Dibutuhkan Masyarakat Untuk Mendampingi Pasien di Rumah

Cara Perawat Home Care Membersihkan Luka yang Benar

Luka sehabis jatuh atau luka pasca operasi tidak boleh langsung ditutup plester. Untuk menghindari infeksi yang tidak diinginkan, bisa panggil perawat home care untuk merawat luka Anda, perawat ini biasa disebut dengan perawat home visit.

Perawat home visit akan membersihkan luka tersebut terlebih dahulu untuk mengurangi risiko infeksi dan mempercepat penyembuhannya. Berikut ini cara perawat home visit membersihkan luka yang tepat dan aman :

Cuci tangan

Sebelum mulai membersihkan luka, perawat home visit mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir. Atau lebih praktisnya lagi, cukup gunakan hand sanitizer pada kedua tangan dan tunggu sampai kering.

Jika ada, perawat home visit menggunakan sarung tangan medis supaya lebih steril. Kondisi tangan yang bersih dan tertutup dapat membantu mencegah infeksi pada luka.

Tekan area kulit yang terluka

Perawat home visit akan menekan area kulit yang terluka pelan-pelan menggunakan kain bersih atau kasa steril sampai perdarahan berhenti. Namun, untuk luka atau goresan yang kecil tidak perlu ditekan.

Bersihkan luka dengan air

Perawat home visit akan membersihkan luka dengan air bersih yang mengalir selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada luka yang bisa memicu infeksi.

Setelah itu, perawat home visit menggunakan waslap bersih dan sabun yang lembut untuk membersihkan area di sekitar luka Anda.

Setelah itu, perawat home visit mengambil pinset dan membersihkannya terlebih dahulu dengan isopropil alkohol. Penggunaan pinset tersebut dengan hati-hati untuk mengambil kotoran yang masih menempel di area sekitar luka Anda.

Baca juga : Perawat Home Care Bisa Bantu Tes Darah Untuk Mendeteksi Kanker

Oleskan krim atau salep antibiotik

Begitu selesai membersihkan luka, perawat home visit akan mengoleskan area kulit yang terluka dengan krim atau salep antibiotik secara tipis. Jenis antibiotik ini berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembab dan mencegah pertumbuhan jaringan parut pada bekas luka.

5 Cara Perawat Home Care Membersihkan Luka Agar Terhindar dari Infeksi

Balut dengan perban

Tidak semua jenis luka harus diperban. Jika lukanya hanya sedikit dan tidak dalam, perawat home visit  hanya membersihkan luka tersebut tanpa harus menutupnya dengan perban. Namun, jika memang lukanya besar dan dalam, perawat akan memasangkan perban dengan benar. Perawat home visit juga akan mengganti perban setidaknya sekali sehari atau saat basah atau kotor.

Jika Anda membutuhkan perawat home visit untuk merawat luka, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...