5 Makna Kumpul Keluarga Imlek 2018 bagi Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

 

5 Makna Kumpul Keluarga Imlek 2018 bagi Lansia

Perayaan Imlek 2018 akan dirayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perayaan ini  juga ditandai dengan kumpul keluarga saat Imlek di rumah yang membuat lansia happy.

Imlek selama  ini identik dengan perayaan agam Budha atau Konghucu. Padahal, hal itu tidak tepat. Imlek sebetulnya merupakan perayaan budaya atau tradisi.

Imlek atau Tahun Baru China ditandai dengan dimulainya tahun baru berdasarkan beredarnya bulan saat mengelilingi bumi. Imlek di negara China dirayakan saat petani berhasil melewati musim dingin dan bersyukur memiliki pergantian musim yang baru atau musim semi.

Ketika merayakan Imlek biasanya akan dilakukan sembahyang dan merayakan Cap Go Meh. Tujuan dari sembahyang ini adalah untuk menyampaikan rasa syukur pada rasa syukur dan harapan agar tahun baru mendatangkan rezeki  berlimpah.

Baca juga :  Hadiah Valentine, Dark Chocolate Bikin Lansia Tambah Sehat

5 Makna Kumpul Keluarga Imlek 2018 bagi Lansia

Momen Kumpul Keluarga Imlek 2018

Imlek  menjadi salah satu momen penuh makna karena biasanya keluarga berkumpul. Saat  berkumpul ini, seperti tradisi lainnya diisi dengan makan bersama, saling ngobrol, berbagi pengalaman hidup, memberi hadiah, membagikan ang pao,  saling berkunjung antar satu keluarga dengan keluarga lain, dan sebagainya.

Mengingat hampir seperlima  penghuni bumi ini adalah orang China, maka bukan hal aneh kalau Tahun Baru China hampir dirayakan oleh seluruh pelosok dunia. Sejak dahulu bangsa Cina sudah merantau ke banyak begara di berbagai belahan dunia. Hal ini menjadikan penyebaran warga China atau keturunan China menjadi hadir di mana-mana.

Hampir semua negara memiliki wilayah China Town atau daerah pecinan. Di Indonesia perayaan Imlek banyak dirayakan di kota-kota yang telah beralkulturasi lama dengan budaya suatu daerah. Sebut saja mulai Singkawang, Medan, Semarang, Bangka, Belitung, Pontianak, membuat perayaan Imlek begitu meriah.

Tidak sedikit negara tetangga Cina juga merayakan Tahun Baru China seperti Korea, Jepang, Mongolia Vietnam, Nepal, Taiwan, Bhutan , Malaysia, Filipina, Thailand, termasuk Indonesia.  Di sini perayaan Imlek telah berlangsung lama dan sudah berakultarasi dengan budaya di suatu tempat.

Saat  berkumpul ini, seperti tradisi lainnya diisi dengan makan bersama, saling ngobrol, berbagi pengalaman hidup, memberi hadiah, membagikan ang pao, dan sebagainya.

“Saat Imlek memang menjadi perayaan yang membuat banyak orang tua atau lansia happy. Ketika Imlek menjadi momen menggembirakan untuk berkumpul bersama keluarga. Hal ini penting bagi lansia untuk tetap happy.  Lansia harus dapat menikmati hidup dan hidup tanpa beban. Jangan sampai hal-hal negatif  yang menggerogoti hidup seseorang.  Jadilah sosok lansia yang positif dan happy sehingga akan tetap disayang keluarga dan teman-temannya,” jelas  Meliana Debora, Ketua Indonesian Senior Citizen Club (ISCC) saat pertemuan merayakan Imlek Rabu lalu.

Baca juga : Semarak Imlek 2018 ISCC, Lansia Harus Positif dan Bahagia

5 Makna Kumpul Keluarga Imlek 2018 bagi Lansia

5 Makna Kumpul Keluarga  Imlek bagi Lansia

Berikut ini ada beberapa  makna Keluarga saat Imlek untuk lansia:

Sebagai sarana berkumpul, Imlek menjadi momen besar ketika keluarga berkumpul semua. Termasuk anggota keluraga yang menetap jauh di luar kota atau negeri. Banyak lansia dengan kondisi terbatas tidak bisa keluar rumah atau bepergian jauh. Terbayang mereka akan gembira bertemu dengan sanak saudara, anak, cucu yang selama ini jarang bertemu.

Merasakan Kehangatan, umumnya keluarga yang berkumpul maka suasana hangat saat bertemu keluarga memunculkan rasa hangat karena energi positif akibat kegembiraan dengan hadirnya seluruh keluarga.

Menimbulkan rasa bahagia bagi lansia, ketika banyak anggota keluarga yang sibuk dalam aktivitas sehari-hari, maka saat berkumpul kan menjadi satu waktu untuk santai dan rileks. Hal ini membuat para lansia gembira saat bertemu sanak keluarga atau berlibur ke suatu destinasi tertentu.

Lebih akrab dengan seluruh keluarga, makna berkumpul saat imlek juga menjadi cara bersyukur suatu keluarga pasti memiliki masalah tidak ada yang mulus, dengan kebersamaan dalam perjalanan seluruh keluarga yang sudah berlangsung setahu sebelumnya. Setiap keluarga, maka membuat hubungan keluarga menjadi lebih dekat.

fisioterapi

Menjadi pusat perhatian, ketika keluarga berkumpul maka akan membuat orang tua bahagia. Karena mereka saat perayaan Imlek akan menjadi tempat curahan perhatian dari seluruh keluarga. Lansia merasa lebih mendapat perhatian lebih dengan perhatian yang tertuju padanya.

Perhatian dan kasih sayang pada lansia dari keluarga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memberikan perhatian tulus, sering berkomunikasi, ajak jalan-jalan, mencicip makanan, hingga perawatan bila terjadi gangguan kesehatan. Termasuk membawa ke dokter dan menyediakan perawat atau terapi dari MyNurz ke rumah untuk membantu memberikan perhatian pada lansia yang membutuhkan. Kepedulian keluarga bagi orang dan lansia, menjadi salah hal penting untuk membuat mereka bahagia.

Bila Anda membutuhkan perawat, perawat home care, perawat lansia, terapis (fisioterapi, terapi okupasi, terapi wicara), dan bidan untuk keluarga Anda, buka website www.mynurz.com atau hubungi telepon (021) 2205 7505 dan 0811 1929 119. MyNurz solusi terbaik perawatan kesehatan di rumah Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...