5 Manfaat Kasih Sayang Orang Tua Bagi Kesehatan yang Jarang Kita Sadari

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

image

Saat kita bicara tentang cinta dan kasih sayang, siapa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda? Jika Anda langsung berpikir bahwa orang tua Anda lah yang memberikan paling banyak cinta dan kasih sayang, maka hal tersebut wajar terjadi. Tahukah Anda, kasih sayang orang tua bisa mempengaruhi kesehatan mental, fisik dan emosi seseorang? Lebih jelasnya, ada 5 manfaat kesehatan dari kasih sayang yang diberikan orang tua yang jarang kita sadari.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Suatu penelitian menyebutkan bahwa kasih sayang seorang ibu mempengaruhi perkembangan otak sang anak. Jika selama ini kasih sayang yang diberikan sang ibu kurang, maka hal tersebut dapat menjadi faktor penyusutan otak. Sedangkan jika kasih sayang yang diberikan sang ibu cukup, maka otak akan membesar dan berkembang dengan baik. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan otaknya hingga dewasa. Perkembangan otak yang baik berpengaruh pada proses mengingat, belajar, dan merespon stres seseorang.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Memberikan kasih sayang yang melimpah pada anak bisa membantu anak tersebut tumbuh dengan rasa kepercayaan diri dan memungkinkan ia untuk percaya diri dalam membagikan rasa peduli dan cinta dengan orang lain. Hal ini membuat anak tersebut tumbuh menjadi pribadi dewasa yang sehat secara mental dan perilaku.

  1. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Apakah saat masih kecil, Anda rutin mendapatkan ciuman sebelum tidur dari orang tua Anda? Jika ya, maka hal ini akan berpengaruh pada kesehatan jantung Anda. Ciuman kasih sayang dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah Anda.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Suatu studi mengungkapkan bahwa orang dewasa yang yang sejak kecilnya memiliki hubungan yang baik di keluarganya, memiliki kesehatan yang baik pula ketika mereka dewasa. Sedangkan mereka yang sejak kecil memiliki hubungan yang kurang baik di keluarga, lebih banyak memiliki catatan sindrom metabolik seperti lemak di sekitar pinggang dan faktor lain penyebab diabetes.

  1. Meningkatkan kesehatan hubungan dengan pasangan

Ajaran orang tua akan berpengaruh pada kehidupan seks seseorang. Anak yang tumbuh dengan kekerasan dan didikan kasar dari orang tua akan mengambil karakteristik kasar dari orang tua. Bahkan saat ia dewasa, ia akan cenderung melakukan kekerasan pada pasangannya. Jika seorang anak tidak diberikan kasih sayang, bahkan dibatasi untuk mengekspresikan diri, maka saat dewasa ia akan sulit mengekspresikan seksualitasnya.

Ternyata kasih sayang yang diberikan orang tua tidak hanya memberikan manfaat secara langsung untuk kehidupan kita, tetapi juga secara tidak langsung memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Jadi, di hari valentine ini, tidak ada salahnya jika kita membalas kasih sayang orang tua kita demi memberikan manfaat kesehatan bagi mereka. Jika Anda tidak lagi menunjukkan kasih sayang kepada orang tua, siapa lagi yang akan memberikan manfaat kesehatan untuk mereka? 🙂

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, terapi fisik, terapi okupasi, dan terapi wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...