6 Aktivitas Seru Liburan Paskah Bersama Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

6 Aktivitas Seru Liburan Paskah Bersama Lansia

Siapa yang tak menyukai liburan? Hampir dipastikan setiap orang senang bila berlibur, termasuk lansia. Berikut ini beberapa ide libur Paskah bersama lansia.

Bagi keluarga urban di zaman modern ini hampir dipastikan memiliki kesibukan yang padat. Banyak yang bekerja, berbisnis dan sebagainya. Atau bagi anak-anaknya sibuk sekolah.

Tapi kondisi berbeda bagi lansia. Untuk lansia yang hidup bersama keluarga kadang justru hanya berdiam diri di rumah saja. Mereka hanya berada di rumah, jarang beraktivitas keluar atau bersosialisasi dengan teman-temannya. Tak jarang mereka cukup kesepian hanya berada di rumah.

Karena itu liburan bagi lansia juga merupakan waktu paling berharga yang mereka miliki. Tak ada yang lebih menggembirakan bagi mereka ketika berkumpul bersama anak, cucu, serta kerabat lainnya berkumpul.

Memang ada momen-momen istimewa yang menjadi waktu khusus berlibur. Misalnya saat libur sekolah, saat Lebaran, Natal, dan sebagainya. Salah satu waktu yang kerap dipakai sebagai waktu liburan adalah liburan Paskah. Karena Paskah terjadi saat long weekend banyak yang memanfaatkan sebagai waktu berkumpul keluarga.

Bagi umat Kristiani memang menjalani ibadah Paskah, tetapi bagi umat Islam mereka juga dapat memanfaatkan waktu libur Paskah untuk bekumpul bersama keluarga.

6 Aktivitas Seru Liburan Paskah Bersama Lansia

Liburan Paskah bersama Keluarga

Liburan Paskah bagi keluarga dapat melakukan  beragam kegiatan. Liburan Paskah tidak hanya dilakukan harus bepergian ke luar kota. Namun Anda dan keluarga bisa juga melakukan liburan di rumah, atau beraktivitas di kota Anda.

Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan saat libur Paskah bersama lansia.

*Makan bersama di rumah

Saat berlibur waktunya berkumpul bagi keluarga. Anda bisa ajak seluruh keluarga makan bersama. Misalnya saja barbeque, menikmati masakan khas di rumah dan sebagainya.

Bila ada lansia di rumah pasti dia akan senang menikmati kebersamaan bersama seluruh keluarga. Bila memungkinkan memasak hidangan favorit orang tua. Atau, coba juga beberapa resep-resep kesukaan keluarga.

*Menginap di hotel

Aktivitas yang satu ini juga mengasyikkan bagi keluarga. Di sini Anda bisa mengajak keluarga menginap di hotel yang tidak perlu jauh-jauh dari rumah Anda. Di hotel saat Paskah biasanya mereka memiliki menu istimewa yang tak terlupakan untuk seluruh keluarga.

Hotel-hotel bintang lima umumnya  menyajikan beragam hidangan yang lezat. Anda hanya perlu memilih hotel mana umumnya menyajikan hidangan Western.

Umumnya di hotel Anda bersama keluarga dapat menikmati fasilitas yang ada seperti kolam renang, spa, gym, restoran, dan lainnya. Bila membawa orang tua Anda, ajak dia berjalan-jalan seputar hotel menikmati udara segar,  spa, atau makanan favoritnya.

*Menikmati Makan Siang di Restoran Favorit

Bila Anda tidak memiliki budget untuk menginap di hotel, Anda masih tetap mengajak orang tua Anda berlibur. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah mengajak lansia makan di restoran favorit keluarga. Umumnya restoran saat long weekend seperti Paskah ini banyak yang datang, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu.

6 Aktivitas Seru Liburan Paskah Bersama Lansia

 *Jalan-Jalan di Mal

Saat libur panjang, Anda bisa mengajak orang tua jalan-jalan ke mal. Bagi Anda mungkin ke mal merupakan aktivitas biasa. Namun, bagi lansia kegiatan  ini dapat menjadi hal menyenangkan. Mereka akan merasa senang dengan perubahan suasana yang berbeda dari rumah. Mereka juga akan senang bila Anda ajak makan atau minum teh di restoran atau kafe.

Atau, bila lansia menyukai buku atau novel, Anda bisa mengajaknya ke toko buku. Mereka bisa memilih dan membeli buku dan novel terbaru favorit mereka.

Ada beberapa mal yang ramah pada lansia atau pada disabled people. Mereka menyediakan jalan landai untuk kursi roda, disabled toilet, lift yang besar, jalan landai di lobi  untuk jalan kursi roda, atau mereka juga menyediakan kursi roda untuk dipakai pengunjung. Salah satunya di Lotte Shopping Avenue, Anda bisa meminjam kursi roda untuk orang tua Anda, tentunya akan membuat mereka bertambah nyaman untuk keliling mal. Anda bisa mengecek info beberapa mal lainnya untuk melihat fasilitas ini.

Baca juga : Walker dan Alat Bantu Jalan, Mudahkan Lansia Berjalan dan Tak Jatuh

*Berlibur ke luar kota

Bisa jadi Anda sudah rindu dengan sejuknya wilayah Puncak, Bandung, dan kota-kota lainnya. Anda bisa ajak seluruh keluarga termasuk lansia untuk berlibur. Hanya memang untuk mengajak orang tua ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya kondisi kesehatannya, jarak tempuh dari rumah  ke destinasi  bila terlalu jauh mungkin akan membuat lansia lelah dan justru tidak dapat menikmati liburan.

Bila memang ingin mengajak liburan lansia, Anda harus mempersiapkan jauh-jauh hari. Seperti kendaraan yang nyaman, hotel yang memadai dan bila memungkinkan yang ramah untuk lansia seperti yang menyediakan tangga, track jalan yang landai dan tidak licin dan sebagainya.

Perhatikan cuaca, bila terlalu dingin suhunya, kemungkinan lansia juga tidak bisa merasa nyaman. Pilih tempat penginapan yang tidak terlalu dingin dan orang tua Anda dapat menikmati jalan-jalan seputar hotel, atau berjalan-jalan di seputar kota tersebut.

*Jalan-jalan ke luar negeri

Anda tetap bisa mengajak liburan lansia ke luar negeri seperti Singapura, Hongkong, Jepang, atau negara lainnya. . Mungkin ada beberapa tempat yang memang sudah Anda rencanakan keluarga berlibur. Anda bisa mengajak liburan ke luar negeri dengan pertimbangan beberapa kondisi:  seperti jarak tempuh yang tidak terlalu panjang, melihat musim dan suhu udara, melihat kondisi kesehatan orang tua Anda, dan lainnya.

Baca juga : MotionAid, Teknologi Canggih Mudahkan Lansia Beraktivitas

Cara Mudah Merawat Kesehatan Lansia

Saat lansia biasanya diikuti kondisi yang menurun atau memiliki penyakit. Karena itu bila mengajak orang tua berlibur Anda mesti mempertimbangkan beberapa hal, agar liburan berjalan lancar.

Bagi lansia liburan tetap menyenangkan dan bisa memberikan kebahagiaan tersendiri buat mereka. Jangan biarkan mereka di rumah saat Anda berlibur. Sebisa mungkin ajak mereka berlibur sesuai dengan kondisinya.

Bila  Anda memiliki pertanyaan seputar perawatan kesehatan lansia Anda bisa berkonsultasi ke MyNurz, telepon (021) 2205 7505 dan 0811 1929 119 atau kunjungi website www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan lansia seperti program perawatan stroke, program perawatan diabetes, program perawatan penyakit patu-paru, dan lainnya.

Khusus untuk liburan Anda bisa memanfatkan layanan khusus yang dimiliki MyNurz yaitu Travel Nurz.  Di sini Anda dapat meminta layanan Travel Nurz untuk menjaga dan tetap melakukan perawatan saat traveling. Dengan demikian Anda tidak lagi merasa cemas saat liburan bersama lansia dan lebih menikmati liburan keluarga Anda.

MyNurz merupakan layanan online untuk menyediakan perawatan dan fisioterapis yang datang ke rumah. Anda dapat memanfaatkan gadget Anda untuk pencarian perawat dengan mudah dan cepat.  Orang tua merasa nyaman saat tetap berkumpul di rumah dan tetap mendapat perawatan dari perawat. Anda juga dapat leluasa meninggalkan lansia di rumah saat memerlukan aktivitas ke luar rumah.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...