6 Layanan Home Care untuk Lansia Stroke

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

6 Layanan Home Care untuk Lansia Stroke

Home care adalah suatu pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan resiko akibat dari penyakit stroke.

Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang dilakukan oleh WHO, 75,6% pasien lansia pasca stroke membutuhkan perawatan di rumah (home care). Perawatan dengan berlokasi rumah atau perawatan di tempat tinggal pasien ternyata memberikan dampak positif bagi pasien dengan penyakit kronis seperti stroke.

Baca juga : 10 Tips Untuk Mengurangi Resiko Stroke

Kebutuhan Pelayanan Home Care

Berikut 6 kebutuhan lansia dalam perawatan home care pada penyakit stroke:

Layanan Medis

Pasien stroke membutuhkan pemeriksaan dari dokter dan pemberian obat yang bertujuan untuk konsultasi mengenai kondisi pasca stroke.

6 Layanan Home Care untuk Lansia Stroke

Layanan Kepewaratan

Perawat adalah salah satu tenaga profesional yang membantu pasien dan keluarga di rumah dalam memberikan perawatan berkelanjutan dan memandirikan pasien dengan keterbatasan yang ada dapat menjalani hidup secara optimum. Tindakan-tindakan yang dilakukan perawat dalam merawat pasien stroke meliputi tindakan yang bersifat preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Salah satu tindakan preventif adalah dengan memonitor kondisi pasien termasuk alat medis yang dipakai.

Layanan Penunjang Medis

Pasien lansia yang mengalami penyakit stroke sangat membutuhkan layanan fisioterapi. Fungsi fisioterapi sebagai tim rehabilitasi antara lain : menguji kebutuhan pasien, merencanakan pelayanan fisioterapi, mengevaluasi hasil pelayanan fisioterapi, bekerja sama dengan pasien dan keluarganya, memulihkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional pada gangguan neuromuskular (ketidakmampuan sistem saraf dan otot untuk bekerja sebagaimana mestinya) dan gangguan muskuloskeletal (kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang), memulihkan atau menyesuaikan gangguan atau kelainan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional, melaksanakan pelayanan tugas khusus fisioterapi, dan melaksanakan pengelolaan pelayanan fisioterapi.

Layanan Penunjang Non Medis

Pasien stroke mengalami perubahan besar dalam hidupnya, yaitu perubahan akibat defisit neurologis yang dialami setelah serangan stroke. Hal ini menyebabkan pasien stroke tidak mampu lagi beraktivitas seperti sebelum sakit. Kondisi ini dapat membuat pasien stroke merasa tidak berguna.

Psikolog dapat membantu mengatasi masalah psikologi yang timbul seperti rasa malu, rasa rendah diri, tidak dapat menerima kenyataan, dan tidak mau menyesuaikan diri dengan kenyataan. Konseling dengan prinsip komunikasi yang efektif untuk berempati merupakan suatu pendekatan psikologis yang sangat membantu pasien dan keluarganya untuk menyesuaikan diri terhadap stroke, kecacatan, dan permasalahan lain yang diakibatkannya.

6 Layanan Home Care untuk Lansia Stroke

Sarana Layanan

Pasien lansia yang mengalami penyakit stroke membutuhkan peralatan keperawatan, seperti pemeriksaan tanda-tanda vital dan konsultasi via telpon di no (021) 2789 9963 dan 0811 1929 119 atau email ke support@mynurz.com dan juga bisa langsung berkonsultasi mengenai masalah kesehatan Anda di sini.

Baca juga : Gejala Awal Diabetes pada Wanita

Pemberi Layanan Home Care

Pasien lansia yang mengalami penyakit stroke membutuhkan perawat untuk bisa memberikan pelayanan home care. Selain itu, mereka juga membutuhkan layanan fisioterapi, dokter spesialis dan dokter yang bisa memberikan pelayanan home care.

Jika Anda membutuhkan layanan home care bersertifikasi silahkan berkonsultasi di (021) 2789 9963 dan Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Anda merasa nyaman saat tetap berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional.

Referensi : Ismiyati, Akhmadi, Haryani. Kajian Kebutuhan Pelayanan Home Care Pada Pasien Stroke Lanjut Usia. Yogyakarta. FK UGM. 2009.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail