7 Cara Cegah Darah Tinggi Tidak Bertambah Parah Bagi Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

7 Cara Cegah Darah Tinggi Tidak Bertambah Parah Bagi Lansia

Orang tua Anda pengidap darah tinggi? Saatnya lansia memulai gaya hidup sehat agar bisa mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit serius lainnya.

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami lansia. Di Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 25 persen mengalaminya.

Tekanan darah tinggi atau yang hipertensi dapat  meningkatkan risiko Anda pada masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

WHO, menyebutkan  tekanan darah yang normal bagi mereka orang dewasa adalah 120/80 mmhg. Nah bila terjadi tekanan darah sistolik yaitu antara 120-139 mmhg dan tekanan distolik antara 80-89mmhg, dan itu juga masih bisa disebut dengan tekanan darah yang normal.

Berikut ini ada klasifikasi penderita hipertensi menurut WHO, yaitu sebagai berikut:

Tekanan darah : Sistolik
Tingkat 1 : 140-159
Tingkat 2 : 160-179
Tingkat 3 : 180

Tekanan darah : Distolik
Tingkat 1 : 90-99
Tingkat 2 : 100-109
Tingkat 3 : 110

Bila Anda memiliki angka di tingkat 3 untuk sistolik dan distolik maka harus mewaspadai kondisi tersebut. Anda mesti ke dokter untuk kontrol teratur dan dokter biasanya akan memberikan obat untuk mengontrol tekanan darah.

Untuk menghindari atau menjaga kondisi hipertensi tidak terlampau parah, ada beberapa  kebiasaan gaya hidup sehat  yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hipertensi dan mengurangi risiko masalah kesehatan terkait tekanan darah tinggi di masa depan.

Baca juga : 10 Tips agar Lansia Tidur Lebih Nyenyak

7 Cara Cegah Darah Tinggi Tidak Bertambah Parah Bagi Lansia

Gaya Hidup Sehat Untuk Lansia

Lansia, bersama dengan riwayat keluarga hipertensi dan etnis merupakan faktor risiko hipertensi yang berada di luar kendali Anda. Ketika datang untuk mencegah tekanan darah tinggi, idenya adalah fokus pada faktor-faktor risiko yang dapat Anda ubah.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa tentang usia kita, tetapi kita bisa melakukan sesuatu terkait dengan  gaya hidup kita,” kata GbengaOgedegbe, MD, MPH, spesialis hipertensi klinis, di New York University School of Medicine di New York City.

Untuk menghindari hipertensi, jadikan pilihan gaya hidup sehat ini:

Pertahankan berat badan ideal

Ketika datang ke pencegahan hipertensi, berat badan Anda merupakan faktor sangat penting, kata Dr Ogedegbe. Orang dengan kelebihan berat badan harus mencoba menurunkan berat badan, dan orang dengan berat badan normal harus menghindari penambahan berat badan. Jika Anda membawa berat badan ekstra, kehilangan sedikitnya 5 kg  sudah dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Bicarakan dengan dokter Anda tentang berat badan ideal untuk Anda.

Makan diet seimbang

Pilih  makanan sehat dapat membantu mengendalikan tekanan darah Anda. Perbanyak buah dan sayuran, terutama yang kaya potasium, dan batasi asupan kalori, lemak, dan gula berlebih. Pertimbangkan mengikuti khusus untuk ikut diet khusus hipertensi yang telah terbukti membantu mengelola tekanan darah.

7 Cara Cegah Darah Tinggi Tidak Bertambah Parah Bagi Lansia

Mengurangi garam

Bagi banyak orang, makan diet rendah sodium dapat membantu menjaga tekanan darah normal. “Semakin tinggi asupan natrium,akan  semakin tinggi tekanan darah,” jelas Ogedegbe.

Karena itu kita perlu  mengurangi total asupan garam, dengan  menghindari makanan kemasan, diproses dengan tambahan sodium dan tidak menambahkan garam ekstra ke makanan Anda.

Olahraga secara teratur

Dengan aktivitas yang tinggi ternyata dapat mencegah hipertensi. “Aktivitas fisik sangat penting,” kata Ogedegbe. Semakin banyak latihan yang Anda lakukan, semakin baik, tetapi bahkan dengan gerakan sedikit pun dapat membantu mengontrol tekanan darah. Olahraga ringan selama 30 menit tiga kali seminggu merupakan awal yang baik.

Batasi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebaiknya dalam sehari tidak lebih dari satu gelas alkohol.

Rajin memantau tekanan darah

Pastikan bahwa tekanan darah Anda diukur secara teratur, baik di tempat praktik dokter, rumah sakit atau di rumah. Tekanan darah tinggi sering terjadi tanpa gejala.

Ubah gaya hidup

Lihatlah kebiasaan gaya hidup Anda dan putuskan hal mana saja yang Anda dapat melakukan perubahan untuk membantu mencegah hipertensi. Anda dapat mulai melakukan dari hal-hal kecil dan sederhana. Seperti mengemil buah-buahan dan sayuran, menghindari junk food, dan terus mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan baik ini sampai mereka menjadi bagian dari rutinitas harian Anda.

Dengan mengubah gaya hidup sehat dapat membantu mencegah darah tinggi sekaligus dapat menghindari kondisi kesehatan yang buruk.

Bila Anda memiliki masalah kesehatan lansia di rumah Anda  dan ingin berkonsultasi tentang masalah kesehatan apapun, Anda dapat menghubungi MyNurz. Layanan MyNurz adalah menyediakan tenaga kesehatan online melalui website untuk mencari perawat atau fisioterapi dengan mudah. MyNurz dapat membantu untuk program pemulihan stroke, perawatan diabetes, terapi bicara, dan program kesehatan lainnya secara komprehensif. Anda dapat mengunjungi website www.mynurz.com atau hubungi telepon (021) 2789 9963 dan 0811 1929 119.

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...