8 Makanan Aman untuk Penderita Diabetes

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

MyNurz-Makanan-Aman-untuk-Penderita-Diabetes-2

Bagi para diabetisi (orang yang hidup dengan diabetes) menjaga pola makan sehat menjadi hal penting. Baik dari jenis, jumlah, dan jadwal makan akan menentukan tingkat kesehatannya. Inilah makanan aman untuk pengidap diabetes.

Mengapa diabetesi itu harus menjaga pola makannya? Diabetes merupakan penyakit akibat kurangnya jumlah insulin ataupun resistesi insulin. Kondisi ini menyebabkan diabetisi perlu bersikap bijaksana agar kadar gula atau glukosa tidak melonjak tajam.

Di sini diabetisi harus pandai memilih makanan dengan indeks glikemik rendah dan menyediakan nutrisi dan mineral yang cukup.

Berikut ini ada beberapa makanan yang aman dan baik untuk penderita diabetes :

Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakan salah satu makanan yang baik untuk diabetisi karena dapat mengurangi resistensi insulin, meningkatkan proses glukosa darah, sekaligus mengurangi keinginan makan lebih banyak.

Pada suatu penelitian diabetes tipe 2, dengan konsumsi dark chocolate Penelitian lain menunjukkan bahwa untuk diabetes tipe 2, mengonsumsi 20 gram dark chocolate  perhari meningkatkan sensivitas pada insulin. Dengan demikian dark chocolate tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah, namun dapat menunda terjadinya diabetes pada seseorang.

8 Makanan Aman untuk Penderita Diabetes

Brokoli

Sudah banyak yang mengetahui manfaat brokoli bagi kesehatan. Namun, khusus untuk penderita diabetes juga memiliki peran penting. Brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang dikenal untuk memperbarui produksi enzim dan dapat melindungi kerusakan pembuluh darah dan sel darah karena tinginnya kadar gula pada seseorang yang mengidap diabetes.

Brokoli juga mengandung kromium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh yang berfungsi untuk mengendalikan glukosa dan faktor-faktor lainnya penyebab diabetes.

Ikan

Hewan laut ini merupakan salah satu makanan kaya protein. Dengan demikian, usai mengonsumsi ikan seseorang akan memiliki rasa lapar yang lebih lama. Ikan juga banyak mengandung lemak omega-3 untuk meredakan peradangan.

Ada bebeapa penelitian yang menemukan pada mereka yang memiliki kadar asam lemak omega-3 tertinggi dalam darahnya memiliki inflamasi lebih rendah. Peradangan dalam kasus diabetes akan memperburuk kondisi diabetes dan terkait dengan masalah berat badan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan salah satu unsur alami makanan yang menyehatkan untuk tubuh. Dalam suatu penelitian di Spanyol menemukan bahwa diet alat Mediterania yang memasukkan minyak zaitun, ternyata dapat menekan angkat risiko terkena diabetes tipa 2 sampai 50% dibanding dnegan diet rendah lemak. Bila seseorang melakukan diet dengan minyak zaitun maka dapat mencegah munculnya resistensi insulin dan mengurangi menumpuknya lemak pada bagian perut.

Minyak zaitun juga merupakan minyak yang mengandung kaya aktoksida yang tinggi, berfungsi untuk menangkal  kerusakan sel akibat radikal bebas dan dapat mencegah penyakit jantung.

Oatmeal

Pada penderita diabetes amat perlu hati-hati memiliki karbohidrat. Karena pilihan karbohidrat dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah. Karena itu Asosiasi Diabetes Amerika merekomendasikan gandum sebagai sumber karbohidrat kompleks dan serat tinggi. Adanya serat lebih membutuhkan waktu lama untuk diolah dan membuat kadar gula dalam darah tidak melonjak.

Oatmeal mengandung banyak magnesium yang dapat membantu tubuh menggunakan glukosa dan mensekresi insulin lebih baik.

Ubi Jalar

Salah satu makanan terbaik untuk penderita diabetes adalah ubi jalar.  Ubi jalar mengandung antosiannin sebagai pigmen alami  warna oraanye. Senyawa ini salah satu antioksidan untuk membantu anti peradangan, merupakan anti viral dan anti mikroba. Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A dan serat yang baik. Ubi dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik karena memiliki indeks glukosa lebih rendah.

Kayu Manis

Ini merupakan salah satu unsur rempah yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes. Dalam satu penelitian ditemukan pada penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1 gram kayu manis secara rutin setiap hari, ternyata dapat menurunkan kadar gula puasa hingga 30% dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya.

Tidak hanya itu kayu manis dapat menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan total kolesterol hingga 25%. Hal ini dipengaruhi dengan kandungan kromium pada kayu manis, suatu mineral dapat meningkatkan efek insulin. Selain itu kayumanis juga memiliki kandungan polifenol, sebagai antioksidan untuk melawan radikal babas dan membantu meredakan peradangan.  Bagi penderita diabetes, hal ini dapat melindungi kondisi jantung.

MyNurz-Makanan-Aman-untuk-Penderita-Diabetes-3

Tomat

Anda mungkin juga sudah tahu kalau tomat merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tomat memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan lainnya.

Tomat dikenal dapat mengurangi penggumpalan darah yang kerap ditemui pada penderita diabetes. Adanya penggumpalan darah dapat menyebabkan komplikasi misalnya serangan stroke, jantung, dan lainnya.

Menjaga Kesehatan Diabetes

Penyakit diabetes kerap kali diikuti oleh penyakit serius lainnya. Mulai dari munculnya luka yang sulit sembuh, jantung, stroke, dan lainnya. Diabetes merupakan salah satu dari lima penyakit yang banyak dialami para lansia. Bagi Anda yang memiliki lansia diabetes dapat menghubungi MyNurz untuk merawat atau mendampingi pasien di rumah.

MyNurz juga menyediakan perawat kunjungan untuk mengganti luka pasien di rumah. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi bingung untuk merawat luka pasien diabetes.

Bila Anda membutuhkan perawat untuk anggota keluarga yang sakit diabetes, Anda bisa membuka www. mynurz.com atau menghubungi (021) 2205.7505 dan 0811 1929 119. Selain perawat, Anda dapat menemukan fisioterapi, terapi okupasi, terapi wicara, dan bidan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...