8 Tanda Orang Tua Anda butuh Perawat Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

8 Tanda Orang Tua Anda butuh Perawat Lansia

Bertambahnya usia orang tua Anda, menjadi tantangan sendiri untuk merawatnya. Saat memasuki lanjut usia mereka kerap menolak bantuan Anda bahkan perawat lansia untuk mendampingi aktivitas sehari-hari.

Merawat orang tua yang sudah tidak dapat maksimal mengurus dirinya sendiri, kerap membuat Anda pusing. Sebetulnya ada beberapa kondisi yang dapat Anda lihat untuk menjadi petunjuk apakah mereka masih bisa mandiri atau sudah membutuhkan perawat lansia. Berikut ini tanda-tandanya.

1.Kemampuan Mengurus Diri Mereka Sendiri

Perhatikan kondisi orang tua Anda dengan seksama. Bagaimana aktivitas rutin sehari-hari mereka, seperti mandi, makan, sikat gigi, dan lainnya. Apakah mereka masih dapat melakukannya sendiri atau tidak?  Atau mereka memiliki gejala demensia, depresi, atau gangguan fisik lainnya.

Perhatikan situasi rumah orang tua, misalnya apakah lampu masih menyala dengan baik, AC dalam keadaan normal, kompor di dapur dalam kondisi bersih, halaman rumahnya apakah terlihat baik atau tidak. Anda dapat melihat kondisi rumah sebagai petunjuk kesehatan bagaimana orang tua Anda masih mampu beraktivitas rutin atau tidak dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Bila Anda menemukan kondisi kompor yang hangus, mungkin menjadi petunjuk  orang tua Anda mengalami pikun. Atau, pekerjaan rumah yang terabaikan bisa jadi pertanda depresi, demensia atau masalah lainnya yang biasanya dialami lansia.

2.Orang Tua Anda Mengalami Kesulitan Mengingat

Wajar, kalau semua orang melupakan sesuatu dari waktu ke waktu. Masalah kemampuan mengingat (memori)  yang sederhana sebetulnya merupakan bagian penuaan yang cukup umum. Terkadang ini terjadi akibat efek samping obat atau kondisi mendasar berkontribusi pada kehilangan memori.

Namun begitu, ada beberapa perbedaan antara perubahan memori yang normal dan jenis kehilangan memori yang sudah mengganggu aktivitas harian mereka. Seperti kesulitan mengemudi, berbelanja, memasak dan lainnya.

Tanda-tanda kehilangan memori jenis yang sudah menjadi gangguan ‘penyakit’ adalah :

  • Mengajukan pertanyaan yang sama berulang-ulang
  • Kerap tersesat di tempat yang sudah akrab
  • Tidak bisa mengikuti arahan
  • Menjadi bingung dengan waktu, orang-orang yang ditemui, dan disorientasi tempat.

Baca juga : 4 Tips Bujuk OrangTua Mau Dirawat Perawat Lansia

3. Faktor Keamanan Orang Tua 

Lihat kondisi  rumah orang tua Anda, awasi tanda-tanda kalau mereka perlu bantuan perawatan atau tidak. Misalnya apakah mereka kesulitan di lorong jalan di dalam rumah (antar ruang), kesulitan mereka turun atau naik tangga, apakah mereka pernah terjatuh, bagaimana mereka minum obat secara teratur atau tidak.

4. Kemampuan Mengemudi Orang Tua 

Tidak sedikit lanjut usia seperti orang tua Anda yang masih mengemudi mobilnya. Perhatikan bila mereka sudah mulai bingung untuk mencari suatu tempat, mulai melanggar peraturan lalu lintas, pernah mengalami kecelakaan, mungkin menjadi pertanda orang tua Anda untuk mulai berhenti mengemudi.

8 Tanda Orang Tua Anda butuh Perawat Lansia

5. Orang Tua Anda Kehilangan berat badan

Kehilangan berat badan tanpa melakukan diet bisa menjadi petunjuk ada sesuatu hal yang salah terkait masalah kesehatan.

Penurunan berat badan bisa dikaitkan dengan banyak faktor, diantaranya:

  • Kesulitan memasak. Orang tua Anda mungkin mengalami kesulitan untuk memasak, memegang perkakas masak, atau membaca label atau petunjuk tentang produk makanan.
  • Kehilangan kemampuan indra pencecap atau penciuman. Orang tua Anda mungkin tidak tertarik untuk makan jika makanan tidak terasa atau berbau sebaik dulu. Hal ini terkait dengan kondisi menurunnya kemampuan indra pencecap mereka.
  • Mengalami penyakit tertentu. Umumya turunnya berat badan yang serius yang mendasari. Terkadang penurunan berat badan yang tiba-tiba mengindikasikan adanya penyakit serius, seperti malnutrisi, demensia, depresi atau kanker.

6. Mempunyai Semangat Tinggi atau Tidak

Perhatikan suasana hati orang tua Anda dan Anda coba bisa bertanya bagaimana perasaan mereka. Suasana hati atau mood yang berubah secara drastis bisa menjadi tanda depresi atau masalah kesehatan lainnya.

7. Aktivitas Sosial

Bila Anda mendapati orang tua Anda sama sekali tidak semangat melakukan hobi atau berkomunikasi dengan teman-teman dekatnya, ini juga dapat menjadi tanda adanya masalah pada orang tua Anda. Anda sudah mesti waspada ketika orang tua Anda menarik diri dari orang-orang terdekatnya.

8. Perhatikan Cara Berjalan

Perhatikan  cara orang tua Anda berjalan. Apakah mereka enggan atau tidak bisa berjalan normal? Apakah mereka baru saja terjatuh? Apakah kedua orang tua menggunakann tongkat atau alat bantu jalan lainnya?

Masalah seperti melemahnya otot dan nyeri sendi bisa membuat mereka sulit  bergerak juga. Jika orang tua Anda tidak stabil saat berjalan, sulit bergerak, kemungkinan  mereka berisiko terjatuh. Dan bila orang tua jatuh akan berbahaya sekali, karena dapat menyebabkan sroke yang dapat mengakibatkan kelumpuhan, tidak dapat bicara dan lainnya.

Apa yang Anda dapat lakukan?

Ada banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan orang tua Anda, bahkan jika Anda tidak tinggal di dekatnya. Mencoba untuk:

Diskusikan Kecemasan Anda

Coba ajak orang tua Anda bicara. Ada baiknya Anda meminta dokter atau sahabat dekatnya untuk bicarakan soal kecemasan Anda.

Minta Orang Tua Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Teratur

Jika Anda khawatir kondisi berat badannya yang turun tiba-tiba, mood yang tertekan, kehilangan ingatan, atau tanda dan gejala gangguan penyakit lainnya, ada baiknya Anda untuk mendorong orang tua Anda untuk ke dokter dan lakukan medical check–up. Anda dapat menemani orang tua Anda saat ke dokter.  Jangan lupa tanyakan perlu tidaknya untuk datang lagi ke depannya.

8 Tanda Orang Tua Anda butuh Perawat Lansia

Pastikan Keamanan Kondisi Rumah dan Lingkungan Sekitar

Untuk mengurangi kecemasan Anda ada baiknya mengamankan rumah dan sekitarnya. Mulai dari lorong jalan antar ruangan, dapur, kamar mandi (kursi toilet, pegangan kamar mandi, keset anti licin dan lainnya), tangga di dalam rumah, dan lainnya untuk mencegah orang tua Anda jatuh.

Baca juga :  10 Kriteria Penting saat Mencari Fisioterapi Jakarta

Jangan Biarkan Orang Tua untuk Mengemudi 

Bila orang tua Anda tidak dapat mengemudi lagi, sebaiknya sarankan untuk menggunakan layanan  taksi online atau  menyewa supir.

Pertimbangkan Gunakan Layanan Bersihkan Rumah  

Anda dapat  menyewa seseorang untuk membersihkan rumah dan menjalankan tugas sehari-hari. Ini menjaga rumah tetap bersih dan sehat

Konsultasi atau Hubungi Dokter

Sebaiknya Anda bisa melakukan konsultasi yang tepat. Jika orang tua Anda mengabaikan kekhawatiran Anda, pertimbangkan untuk menghubungi dokter secara langsung.

Menyewa Perawat Lansia

Anda pun dapat mempertimbangkan untuk menyewa perawat lansia  untuk membantu  dan mendampingi perawatan kesehatan  di rumah. Selain itu, perawat lansia dapat  membantu kegiatan sehari-hari, seperti mandi, dan jalan kaki, menyiapkan makanan, obat, dan lainnya.

fisioterapi

Sementara itu orang tua biasanya akan senang bila dirawat di rumah. Mereka lebih nyaman berada di tengah keluarga mereka.

Cara termudah mencari perawat lansia saat ini adalah dengan  layanan online seperti MyNurz. Layanan keshatan dari MyNurz memungkinkan Anda mendapatkan perawat lansia terbaik. Mulai dari memiliki  STR (Surat Tanda Registrasi) perawat, waktu lebih leluasa, tersedia di seluruh Indonesia, biaya terjangkau, dan lainnya.

Terkadang orang tua tidak mau mengakui bahwa mereka membutuhkan pertolongan, dan yang lainnya tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan pertolongan. Di sinilah Anda harus memikirkan untuk mencari soulsi. Pastikan orang tua Anda memahami masalah dan menerima solusi yang Anda ajukan. Yakinkan orang tua Anda kalau Anda sangat memilikirkan kesehatan mereka dan mencintai mereka.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...