9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Minum Teh untuk Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Minum Teh untuk Lansia

Teh merupakan minuman yang umum dinikmati masyarakat Indonesia terutama lansia. Selain menenangkan teh memiliki beragam manfaat kesehatan yang melimpah. Ingin tahu apa saja?

Teh sudah dikenal ribuan tahun lalu dan menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Sejarah mencatat teh awalnya hadir di daratan Tiongkok (China). Saat itu masyarakat China sudah banyak menggunakan teh untuk kesehatan mulai untuk menghangatkan tubuh hingga menjaga berat badan ideal.

Zaman modern ini banyak penelitian kesehatan menemukan beragam keuntungan minum teh untuk kesehatan tubuh.

Teh atau Camellia sinensis, termasuk putih, hijau, oolong, hitam dan pu-erh. Semuanya mengandung antioksidan, katekin, dan polifenol, yang berdampak positif pada tubuh kita.

Berikut beberapa penelitian ilmiah yang mendukung manfaat teh bagi kesehatan lansia. Ternyata, pada beberapa hal manfaat teh ini begitu baik untuk kesehatan lansia.

Baca juga :  10 Manfaat Apple Vinegar, mulai dari Melangsingkan hingga Awet Muda

Turunkan  Kolesterol

Teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol yang buruk dalam darah (LDL). Sebuah penelitian yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition beberapa tahun lalu menemukan hal ini. Peneliti menyarankan untuk minum lima cangkir per hari ampuh mengusir kolesterol jahat.

Kadar lemak tinggi dalam darah (khususnya kolesterol LDL dan trigliserida) berisiko membentuk radikal bebas dalam tubuh, yang bersifat merusak dan memicu berbagai penyakit serius. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Teh dapat bekerja dengan menghambat penyerapan kolesterol dari usus besar. Teh memiliki kandungan obat kolesterol alami yakni kandungan flavonoid yang dikenal dengan istilah katekin. Kandungan katekin inilah yang dapat memecah lemak, dan dapat menurunkan penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol pada feses. Di antara jenis teh ternyata pu-erh yang paling mujarab mengusir kolesterol.

Menghilangkan Stres

Kortisol dikenal merupakan  hormon stres yang dapat menyebabkan hadirnya  lemak perut dan membuat usia kulit Anda terlihat menua. Dari salah satu studi terbaru menyarankan empat cangkir teh per hari dapat membuat tingkat kortisol Anda menurun.

Kedua penelitian tersebut menemukan bahwa konsumsi teh dapat mengurangi dampak kortisol, sehingga memperlambat proses penuaan dan mencegah perut Anda membuncit.

Pencegahan Kebutaan

Salah satu manfaat luar biasa teh adalah dapat mencegah buta akibat katarak. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu kesehatan mata terutama pada penyakit katarak.

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Minum Teh untuk Lansia

Anti inflamasi

Senyawa aktif dalam teh dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan reaksi inflamasi. Peradangan ini  banyak berhubungan dengan hampir semua penyakit modern, termasuk radang sendi, sindrom metabolik, dan depresi. Peradangan juga bisa menyebabkan Anda seperti dapat ‘menahan’ air dan terlihat bengkak, sehingga beberapa cangkir teh bisa membantu Anda terlihat lebih kurus.

Ingin jantung lebih sehat? Sebuah studi  juga menunjukkan tingkat peradangan yang lebih rendah karena  konsumsi teh hijau dapat membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Risiko Demensia

Untuk tetap memiliki kemampuan otak tajam,  apalagi saat Anda menua, cobalah minum teh. Mengapa?  Karena diperkirakan dapat menurunkan risiko demensia dengan melakukan banyak cara, termasuk sinapsis saraf dan pengaturan gula darah.

Sebuah penelitian beberapa tahun menemukan bahwa teh bekerja pada gelombang theta otak untuk meningkatkan daya ingat dan meningkatkan rentang perhatian. Ini dapat menjadi alasan lain untuk rajin minum teh mulai sekarang.

Baca juga :  Inilah 4 Vitamin dan Mineral Penting bagi Lansia

Peningkatan Daya Ingat, Fokus, dan Konsentrasi

Penelitian ekstensif telah menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan L-Theanine, asam amino alami yang ditemukan dalam teh, dapat meningkatkan kecepatan reaksi dan memori, sekaligus meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Bila Anda membutuhkan konsentrasi tinggi misalnya untuk suatu meeting penting, Anda dapat mencoba minum teh putih. Ini akan membantu Anda melewati pertemuan penting.

Mengurangi Risiko Stroke

Minum setidaknya tiga cangkir teh hijau atau hitam per hari dapat membantu  mengurangi 21% pengurangan risiko stroke iskemik. Karena itu ada baiknya Anda untuk memulai kebiasaan minum teh Anda sekarang, untuk mulai melindungi diri Anda lebih awal.

9 Manfaat Kesehatan Mengejutkan Minum Teh untuk Lansia

Menurunkan Risiko Demensia

Untuk tetap memiliki kemampuan otak tajam,  apalagi ketika Anda memasuki, cobalah minum teh. Mengapa? Karena diperkirakan dapat menurunkan risiko demensia dengan melakukan banyak cara, termasuk sinapsis saraf dan pengaturan gula darah.

Sebuah penelitian beberapa tahun menemukan bahwa teh bekerja pada gelombang theta otak untuk meningkatkan daya ingat dan meningkatkan rentang perhatian. Ini dapat menjadi alasan lain untuk rajin minum teh mulai sekarang.

Mengurangi  Radang Sendi dan Menguatkan Tulang

Manfaat penting teh bagi kesehatan adalah dapat meredakan radang sendi. Kondisi radang sendi adalah penyakit terjadi karena sistem kekebalan tubuh ternyata menyerang diri sendiri dan menimbulkan peradangan pada sendi. Radang sendi bisa dialami di bagian pergeralangan tangan, leher, pinggang, lutut, telapak kaki. Saat digerakan sendi ini terasa sakit. Radang sendiri bisa terjadi karena minyak dalam sendi berkurang dan tulang dan sendi saling bergesekan.

Banyak bukan manfaat teh untuk kesehatan? Mulai sekarang jangan ragu untuk minum teh  sehari-hari dan manfaatkan untuk mencapai tubuh sehat. Namun ingat jangan terlalu banyak gula atau bahkan sebaiknya minum teh  tanpa gula, untuk mendapat hasil maksimal.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...