Begini Tips Cari Perawat Lansia Terpercaya

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Begini Tips Cari Perawat Lansia Terpercaya

Mencari perawat lansia khusus untuk orang tua memiliki proses yang tidak mudah. Memasuki masa lansia, orang tua biasanya diikuti penurunan fisik mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat. Belum lagi, bila ada lansia yang memang membutuhkan perawatan khusus. Misalnya yang mengalami sakit stroke, jantung, diabetes, dan lainnya.

Penyakit-penyakit ini membutuhkan perawatan khusus. Bila awalnya dapat merawat, memandikan, memberikan obat, membersihkan luka, dan sebagainya. Namun berjalannya waktu, Anda dapat merasa sebagai beban berat.

Baca juga : Penanganan Orang Tua Depresi dengan Perawat Lansia

Kriteria Pencarian Perawat Lansia

Berikut ini beberapa kriteria perawat yang bagus dan terpercaya :

Memiliki pengetahuan tentang kesehatan

Perawat lansia terpercaya memiliki latar belakang sebagai tenaga medis. Lansia rentan sekali terkena penyakit, kebanyakan dari lansia juga memiliki riwayat penyakit yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu sangat penting memilih perawat yang memiliki pengetahuan tentang dunia kesehatan.

Jujur

Perawat lansia yang jujur merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Perawat tersebut dapat dipercaya sebagai perawat untuk orang tua Anda di rumah.

Berpengalaman dalam mengurus orang tua

Saat mencari perawat lansia terbaik, Anda perlu memperhatikan bahwa perawat lansia yang akan Anda pilih telah memiliki pelatihan dan berpengalaman dalam merawat lansia, karena perawat tersebut paham apa yang umumnya lansia butuhkan.

Ramah dan sabar

Perawat lansia dengan kepribadian baik tentunya akan membawa kenyamanan dan kesenangan tersendiri untuk para lansia, karena tidak hanya menjadi perawat namun mereka juga dapat menjadi teman dekat bagi para orang tua.

Baca juga : Perawat Lansia Bantu Suntik Insulin Diabetes di Rumah

Tugas Perawat Lansia

Ada dua hal penting yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang perawat lansia, yaitu perawatan pribadi dan medis. Berikut penjelasannya :

Perawatan pribadi

Seorang perawat lansia memiliki tanggung jawab untuk mengurus semua hal pribadi pasien. Terlebih jika pasien sudah tidak bisa melakukan semuanya sendiri dengan kondisi hanya duduk di kursi roda atau tempat tidur. Berikut tugas perawat lansia dalam melakukan perawatan pribadi pada orang tua :

  • Mengatur pola makan
  • Rutin memberikan makan secara teratur, dari pagi, siang dan malam
  • Menyuapi jika pasien sudah tidak bisa makan sendiri
  • Membantu memandikan, menggosok gigi dan membersihkan tubuh lansia dengan baik
  • Membantu ketika buang air kecil dan buang air besar
  • Membantu perpakaian dan hal pribadi lainnya.

Perawatan medis

Seseorang membutuhkan perawat lansia karena orang tua menderita penyakit tertentu. Oleh karena itu perawat lansia harus menjaga kesehatan pasien sebaik mungkin, seperti :

  • Suntik insulin bagi penderita penyakit diabetes
  • Memasang selang oksigen
  • Cek tekanan darah, gula darah dan lainnya
  • Mengatur jadwal minum obat dengan teratur
  • Melatih fisik atau mengajak olahraga ringan

Jika Anda membutuhkan jasa perawat lansia, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...