Berikan Perhatian Khusus Lansia dengan Pendampingan Jasa Perawat

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Berikan Perhatian Khusus Lansia dengan Pendampingan Jasa Perawat

Sebagai seorang anak mungkin Anda tidak ingin orang tua Anda kelelahan karena aktivitas fisik. Padahal, terlalu memanjakan lansia dengan membiarkan mereka kebanyakan beristirahat justru bisa membuat kondisi kesehatannya memburuk. Lalu bagaimana caranya mencari dan menentukan jasa perawat agar lansia tetap aktif dan bisa mengurangi risiko dari kematian.

Kurangnya aktivitas fisik ditambah dengan kebiasaan memanjakan lansia secara berlebihan bisa menjadi penyebab kesehatan lansia menjadi cenderung lebih lemah. Penyakit berbahaya yang sering dialami lansia seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, obesitas, dan stroke.

Menurut penelitian yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology, gaya hidup kurang gerak memang lebih sering dilakukan oleh orang yang berusia di atas 50 tahun. Hampir 80% lansia yang berumur 60 tahun menghabiskan waktunya hanya berbaring atau duduk. Bahkan aktivitas ini berlangsung selama 8 sampai 12 jam per hari.

Manjakan Lansia Berisiko Tinggi Kematian

Sebuah penelitian dari University of São Paulo School menemukan bahwa seseorang yang menghabiskan waktunya kurang dari 8 jam untuk duduk per hari bisa menurunkan risiko kematian dibandingkan mereka yang senang duduk berjam-jam. Aktif secara fisik juga menurunkan angka kematian pada seseorang dibandingkan mereka yang tidak aktif dan senang melakukan aktivitas berbaring dan duduk.

Jangan biarkan lansia mengalami penyakit berbahaya hanya karena Anda tidak mau repot mengajak mereka beraktivitas di luar. Anda juga sebaiknya tidak mencegah lansia untuk berolahraga atau beraktivitas fisik karena takut risiko cedera atau jatuh. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menemani orang tua, Anda bisa memesan jasa perawat khusus lansia untuk mendampinginya melakukan aktivitas di dalam dan luar rumah.

Aktivitas fisik dapat berupa memasak, memelihara taman rumah, berenang, bersepeda, atau berjalan santai di pagi dan sore hari. Pokoknya pastikan bahwa lansia tidak hanya duduk atau tiduran sepanjang hari seperti menonton TV di sofa atau membaca buku.

Berikan Perhatian Khusus Lansia dengan Pendampingan Jasa Perawat

Olahraga untuk Lansia

Banyak aktivitas olahraga yang bisa dilakukan para lansia yaitu :

Senam

Kegiatan ini bisa jadi pilihan aktivitas yang baik untuk lansia. Menggerakkan tubuh sambil diiringi musik bersama dengan teman sebayanya dapat memberikan hiburan sekaligus kebugaran bagi lansia.

Berjalan kaki

Berjalan kaki dengan jalur naik turun yang akan meningkatkan intensitas dan usaha orang tua Anda. Aktivitas ini membakar kalori, memperkuat jantung, dan memperlancar sistem pembuluh darah pada lansia.

Bersepeda

Aktivitas ini dapat memperkuat bagian bawah tubuh dan meningkatkan kinerja jantung bagi lansia. Perhatikan setelan sadel dan pegangan sepeda untuk menghindari cedera panggul.

Berenang

Olahraga ini melibatkan aktivitas hampir seluruh otot tubuh. Latihan pernapasan selama berenang juga bermanfaat untuk memperkuat jantung pada lansia.

Untuk menjalani aktivitas berolahraga pada lansia, diperlukan jasa perawat untuk mendampinginya, segera konsultasikan perawatan kesehatan untuk lansia melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

 

Referensi : Prolonged Leisure Time Spent Sitting in Relation to Cause-Specific Mortality in a Large US Cohort

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...