Berikan Semangat untuk Orang Tua di Hari Lansia Nasional

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Berikan Semangat untuk Orang Tua di Hari Lansia Nasional

Lansia menurut World Health Organization (WHO) adalah seseorang yang berusia 60-74 tahun. Hari lansia nasional diperingati setiap tanggal 29 Mei. Tujuan diperingatinya hari lansia ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu dan segala tantangan yang dihadapi manusia di masa lanjut usia. Saat ini Indonesia termasuk negara yang berstruktur penduduk tua karena berdasarkan data lansia dari Susenas tahun 2015 angka populasi penduduk lanjut usianya mencapai 8,43% atau sebanyak 21,5 juta jiwa dari keseluruhan penduduk Indonesia.

Fenomena ini menuntut aksi nasional dalam bentuk kesadaran untuk meningkatkan angka kesehatan di usia lanjut. Menurut World Health Organization (WHO), aksi penuaan dan perawatan kesehatan untuk orang tua atau lanjut usia harus berdasarkan 3 (tiga) pilar: pengembangan dan partisipasi lansia yaitu kebijakan yang berfokus pada aktivitas yang menunjang produktivitas lansia demi kebaikan masyarakat; memajukan kesehatan dan kesejahteraan lansia untuk mencapai usia tua yang sehat; dan memastikan keamanan lingkungan untuk lansia.

Baca juga : Hipertensi Memicu Penyakit Jantung, Panggil Perawat Lansia untuk Dampingi Orang Tua

Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lansia

Dalam rangka menyediakan fasilitas pelayanan dan pemeliharaan kesehatan lansia demi mencapai lansia Indonesia yang sehat, mandiri dan produktif, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia tahun 2016-2019. Pengaturan rencana ini bertujuan untuk memberikan acuan untuk pemerintah pusat maupun daerah berupa langkah-langkah konkrit yang harus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Saat ini banyak kelompok lanjut usia, pusat kesehatan masyarakat atau pusat pembinaan terpadu (pusbindu) yang sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung rencana aksi tersebut. Misalnya yang sudah dijalankan beberapa pusbindu dalam memberikan pemeriksaan kesehatan untuk lansia, atau program-program yang mengajak lansia untuk melaksanakan pola hidup sehat. Sebagian bentuk promosi pola hidup sehat untuk lansia yang dilaksanakan oleh beberapa kelompok lanjut usia adalah program senam untuk lansia, program diet untuk lansia, dan penyuluhan kesehatan untuk lansia. Hal ini bisa meningkatkan angka kualitas hidup lansia dan meningkatkan angka lanjut usia berualitas dan lanjut usia sehat.

Dalam memperingati hari lansia nasional 2017 ini mari kita dukung gerakan yang menunjang kesehatan lansia, dimulai dari menyebarkan kesadaran peduli lansia. Ajak orang tua Anda untuk aktif bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, lakukan pola hidup sehat dengan diet dan senam sederhana secara rutin, dan berikan perawatan terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Jika Anda membutuhkan perawat untuk lansia, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail