Cara Bujuk Orang Tua untuk Menggunakan Jasa Perawat

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Cara Bujuk Orang Tua untuk Menggunakan Jasa Perawat

Seiring berjalannya waktu, orang tua pasti akan mengalami proses penuaan yang diiringi dengan penurunan mental dan fisik. Jika Anda memutuskan mencari jasa perawat untuk membantu merawat orang tua, mungkin Anda akan mengalami berbagai gejolak perasaan seperti rasa sedih, tidak tega, bahkan rasa bersalah. Perasaan ini akan semakin diperparah jika orang tua yang memang membutuhkan bantuan tapi justru menolaknya. Hal inilah yang sering menyebabkan konflik antara orang tua dan anak.

Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda membujuk orang tua agar mau menggunakan jasa perawat untuk membantu kegiatan sehari-hari mereka.

Mencoba mengerti alasan orang tua menolak menggunakan jasa perawat

Alasan orang tua menolak diberi bantuan jasa perawat memang sangat beragam. Misalnya karena sudah terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan jasa perawat ataupun asisten rumah tangga, atau karena mereka merasa terbatasi dalam berkegiatan jika menggunakan jasa perawat.

Apapun alasannya, cobalah pahami dan mengerti di balik perilaku mereka dalam menolak bantuan. Ketika Anda sudah memikirkan solusi yang menurut Anda paling baik, kadang memang respon yang didapatkan justru berbanding terbalik dari apa yang diharapkan.

Baca juga : Hal Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencari Perawat Lansia

Cara Bujuk Orang Tua untuk Menggunakan Jasa Perawat

Sampaikan saran untuk menggunakan jasa perawat dengan hati-hati

Anda harus lebih peka terhadap gejolak perasaan orang tua yang cenderung lebih mudah berubah-ubah seperti rasa takut ataupun ketidaknyamanan terhadap hal tertentu. Pasalnya, dalam beberapa kasus, orang tua menolak bantuan karena mereka sebenarnya tidak ingin memberatkan ataupun merepotkan sang anak.

Jika orang tua beranggapan menggunakan jasa perawat hanya akan membuang uang Anda, Anda bisa mengatakan kalau hal tersebut bukanlah sebuah beban yang berarti. Sampaikan dengan nada bicara yang lembut dan sopan jika Anda hanya ingin memberikan hal yang terbaik untuk orang yang Anda cintai.

Bersikaplah bijaksana

Seiring bertambahnya usia, kemampuan orang tua merawat dirinya sendiri akan berkurang. Hal ini yang membuat dinamika antara orang tua dan anak berubah. Orang tua akan bertindak seperti anak kecil, sedangkan sang anak harus bertindak sebagai orang tua yang mengurusi orang tua.

Meskipun begitu, Anda harus tetap memperlakukan mereka seperti layaknya orang dewasa. Pasalnya, orang tua meskipun sudah masuk kategori lansia tetap ingin menentukan sikapnya sendiri, yang mana mereka tetap ingin membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka mau.

Jangan sekali-kali Anda mengatakan kepada orang tua jika Anda menggunakan jasa perawat karena Anda tidak punya cukup waktu untuk merawat mereka, terlebih dengan sifat mereka yang kembali seperti anak kecil. Hal ini tidak hanya membuat mereka sakit hati tapi juga akan menimbulkan efek depresi pada orang tua. Pasalnya mereka akan menganggap jika hidupnya hanya menyusahkan orang di sekitarnya saja. Jadi, bersikaplah bijaksana.

Baca juga : Ini Pentingnya Perawat Home Care Dibandingkan Caregiver

Cara Bujuk Orang Tua untuk Menggunakan Jasa Perawat

Melakukan percakapan rutin dengan orang tua

Bila orang tua menolak bantuan jasa perawat, bisa jadi karena Anda tidak menawarkan solusi yang tepat kepada mereka. Pada dasarnya setiap anak hanya ingin menemukan solusi untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan orang tua. Namun, nyatanya kita tidak selalu mengenal orang tua sebaik yang kita kira. Pasalnya orang cenderung meminta saran ke orang yang memang mau mendengarkan keluh kesahnya. Nah, apakah Anda benar-benar mendengar apa yang orang tua Anda katakan?

Usahakan Anda melakukan percakapan rutin dengan orang tua untuk membangun kepercayaan mereka. Dengan begitu, orang tua akan menghargai kenyataan bahwa Anda menaruh perhatian pada hal-hal yang penting bagi mereka. Anda juga bisa membantunya membuat keputusan kesehatan yang lebih baik saat Anda mengerti titik masalahnya terutama jika orang tua mengalami kondisi tertentu yang memang sangat membutuhkan bantuan jasa perawat.

Libatkan selalu orang tua dalam memilih bantuan jasa perawat

Jika Anda berhasil membujuk orang tua untuk mau menggunakan jasa perawat, pastikan jika orang tua selalu terlibat dalam segala proses pemilihan jasa perawat. Anda harus ingat jika orang tua Anda bukanlah anak-anak yang harus menuruti semua kata-kata Anda. Mereka tetaplah orang tua yang ingin membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka mau. Sampaikan kepedulian Anda dengan penuh kasih sayang dan nada yang lembut.

Jika Anda membutuhkan layanan jasa perawat, segera konsultasikan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...