Cara Makan Enak Tanpa Gemuk

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Cara-Makan-Enak-Tanpa-Gemuk

Ketupat, opor ayam, sambal goreng ati, rendang, dan semua menu yang ada di saat lebaran rasanya sangat sulit untuk ditolak. Apalagi makanan-makanan tersebut belum tentu bisa kita santap setiap hari, pasti rasanya ingin menghabiskan semua menu yang tersedia di meja makan. Tapi bagaimana jika badan jadi ‘melar’ karena ‘kalap’ saat lebaran? Jangan khawatir! Tahukah Anda? Ada cara untuk bebas makan enak tanpa khawatir berat badan bertambah, lho!  Ini dia caranya.

  1. Atur urutan menu yang Anda makan

Makan hanya dengan 1 jenis makanan bukanlah cara terbaik untuk menjaga berat badan. Demi mendapatkan hasil terbaik dari apa yang Anda makan, ada pola makan yang benar untuk mencegah kenaikan berat badan Anda. Urutannya yaitu; makanan berserat, protein, dan karbohidrat.

Makanlah makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran atau buah-buahan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menyerap kadar air dalam perut Anda sehingga membuat perut Anda seolah sudah terisi. Cara ini juga bisa membantu Anda mengurangi porsi yang akan Anda makan dan menurunkan risiko gula darah meningkat.

  1. Kunyah makanan Anda dan makan dengan perlahan

Mengunyah makanan lebih lama saat makan dapat mengurangi asupan makanan Anda dan sedikit menurunkan nafsu makan. Kunyah makanan Anda sebanyak 30 kali membuat kadar glukosa dan histamin meningkat secara efektif untuk mengendalikan nafsu makan Anda.

Ketika mengunyah makanan lebih lama, membuat waktu makan Anda juga menjadi lebih lama. Hal ini baik untuk kesehatan. Pasalnya orang yang makan dengan cepat bisa meningkatkan risiko obesitas. Makan terlalu cepat membuat tubuh seseorang kesulitan untuk menyesuaikan kebutuhannya sehingga membuat seseorang makan berlebihan.

  1. Jangan makan terlalu malam

Apalagi dengan menu khas lebaran, makan malam sangat tidak disarankan. Beberapa studi sudah membuktikan bahwa makan malam bisa meningkatkan berat badan. Suatu studi menyatakan bahwa ketika Anda makan terlalu malam, protein BMAL 1 yang berperan untuk membentuk sel-sel lemak meningkat. Diantara pukul 10 malam dan 2 pagi, kadar BMAL 1 sedang tinggi-tingginya. Di waktu ini metabolisme Anda turun dan membuat cadangan lemak bertambah. Itulah mengapa makan malam sangat tidak disarankan. Jika Anda mau makan di malam hari, usahakan makan 2-3 jam sebelum tidur.

  1. Atur jumlah makan dalam sehari

Makan 3 kali sehari, dan tidak makan di malam hari, adalah cara terbaik untuk tetap menjaga berat badan Anda. Jika Anda berusaha untuk sama sekali menolak untuk menyantap nikmatnya ketupat opor karena tidak mau makan sama sekali untuk menjaga berat badan, hal tersebut malah tidak baik untuk kesehatan. Lagi pula 3 porsi ketupat opor untuk sehari sudah cukup untuk memenuhi hasrat Anda untuk menikmati santapan lebaran, bukan?

  1. Hindari melakukan sesuatu saat makan

Multitasking saat makan itu tidak baik. Makan sambil menonton TV, main handphone, atau membaca koran tidak akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Walaupun Anda sudah mengunyah lebih banyak, tetap saja Anda akan lupa berapa banyak makanan yang sudah Anda nikmati, sehingga membuat porsi makan tidak terkontrol.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa makan enak saat lebaran tanpa khawatir badan ’melar’ saat kembali beraktifitas setelah lebaran nanti. Selamat mencoba! 🙂

Kunjungi MyNurz.com atau hubungi 021-2205-7505 / 0811-8199-119 untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...