Cara Membedakan Sakit Kepala Tegang dan Migrain

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Cara Membedakan Sakit Kepala Tegang dan Migrain

Sakit kepala (tension headache) merupakan kondisi yang paling sering dialami banyak orang. Bagi beberapa orang jarang mengalami sakit kepala, sementara ada yang mengalami setiap minggu atau bahkan setiap hari. Rasa sakit pada kepala ini merupakan jenis yang paling umum, meskipun belum ditemukan kejelasan pasti penyebabnya. Selain itu, Anda juga mungkin merasa kaku di belakang leher dan otot bahu kemudian menyebar ke depan, dan merasa adanya tekanan di belakang mata Anda bersamaan dengan tekanan pada rahang.

Langkah pertama dalam mengobati sakit kepala adalah pahami terlebih dahulu jenis sakit kepala yang Anda alami. Beberapa orang berpikir mereka memiliki migrain, namun mereka salah dan ternyata mengalami sakit kepala tegang. Sementara tipe sakit kepala ini lebih umum dirasakan oleh banyak orang. Untuk menentukan sakit kepala yang Anda alami diperlukan konsultasi dengan dokter.

Sedangkan migrain merupakan serangan sakit kepala sebelah yang diikuti rasa nyeri dan sering membuat penderitanya tidak berdaya. Selain merasakan sakit kepala sebelah, beberapa orang juga mengalami mual, muntah, atau sensitivitas terhadap suara bising atau cahaya. Sakit kepala sebelah dikatakan serius bila berlangsung dari 4 jam sampai 3 hari dan disertai dengan gejala lainnya yang sangat parah hingga menghambat Anda untuk beraktivitas normal.

Baca juga : 7 Penyebab Depresi, Temukan Jasa Home Care Yang Tepat

Kapan sakit kepala & migrain mulai dirasakan?

Menurut Mayo Clinic, migrain mulai dirasakan pada usia remaja atau dewasa awal. Sebaliknya, sakit kepala dapat terjadi setiap saat dalam kehidupan seseorang. Jika orang dewasa mengalami sakit pada  kepala, kemungkinan besar mereka hanya mengalami ketegangan pada kepala.

Dimana yang sakit?

Migrain biasanya terjadi di satu sisi kepala. Sedangkan ketegangan pada sakit kepala mempengaruhi kedua sisi kepala dan dapat dirasakan adanya tekanan di daerah dahi. Lokasi nyeri adalah kunci indikator jenis sakit kepala.

Bagaimana menentukan jenis sakit kepala?

Jika rasa sakit dialami dalam jangka waktu setiap hari atau setiap minggu, merasakan tekanan, atau nyeri di sekitar kulit kepala, kemungkinan yang terjadi adalah sakit kepala yang ditimbulkan karena ketegangan. Sedangkan jika rasa sakit yang dirasakan pada kepala adalah berdenyut dengan jangka waktu yang lama maka bisa jadi itu merupakan sakit kepala dengan jenis migrain.

Apakah menghambat aktivitas?

Saat orang mengalami sakit kepala tipe ketegangan, maka mereka masih dapat melakukan aktivitas seperti mengendarai, membaca, dan kegiatan sehari-hari lainnya. Berbeda halnya dengan migrain, orang yang mengalami jenis sakit ini akan lemas dengan pandangan yang gelap, maka aktivitas tidak dapat dilakukan dan harus beristirahat.

Baca juga : Makanan Ampuh Melawan Kelelahan

Cara Membedakan Sakit Kepala Tegang dan Migrain

Kapan harus mengunjungi dokter?

Meskipun sebagian besar kondisi ini bisa hilang dengan istirahat dan relaksasi, sakit kepala dan migrain dapat menunjukkan masalah serius. Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik gejala yang dialami. Berikut ini beberapa kondisi yang harus diperiksakan ke dokter :

  1. Tidak mempan diobati
  2. Sulit bicara dan mati rasa
  3. Disertai demam dan leher kaku
  4. Disertai dengan gangguan penglihatan
  5. Disertai mual, muntah, dan peka terhadap cahaya atau suara
  6. Muncul setelah melakukan aktivitas tertentu
  7. Muncul secara tiba-tiba dan terasa sangat menyakitkan

Jika Anda mengalami sakit kepala, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...