Cara Merawat Gigi dan Mulut Lansia Agar Tetap Sehat

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Cara Merawat Gigi dan Mulut Lansia Agar Tetap Sehat

Gigi dapat lebih mudah copot seiring bertambahnya usia jika orang tua Anda merokok dan kurang menjaga kebersihan gigi. Namun, ada beberapa penyebab lain yang nyatanya juga dapat meningkatkan risiko lansia mengalami gigi ompong.

Rutin menyikat gigi dan flossing gigi merupakan kunci penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut khususnya bagi lansia. Pada lansia, plak bisa terbentuk dengan cepat di gigi, terutama jika orang tua Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik. Hal ini tidak hanya bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi, tapi juga bisa menyebabkan penyakit gusi yang pada akhirnya bisa menyebabkan gigi lansia mudah copot.

Baca juga : Sudah Menyiapkan Perawat Lansia bagi Orangtua?Cara Merawat Gigi dan Mulut Lansia Agar Tetap Sehat

Tips Merawat Gigi dan Mulut Lansia

Berikut adalah tips untuk mencegah masalah mulut dan gigi pada lansia :

Sikat dan flossing gigi setiap hari

Pastikan orang tua Anda terus menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dan flossing gigi setiap hari. Kedua hal ini termasuk cara merawat gigi dan mulut yang paling dasar yang wajib dilakukan, seperti apa pun kondisi kesehatan lansia.

Sikat gigi dapat melindungi gigi lansia dari penumpukan plak, pembusukan dan penyakit gusi. Selain melakukan sikat dan flossing gigi, sebaiknya lansia juga membersihkan gigi dengan berkumur cairan antiseptik 1-2 kali sehari dengan tujuan untuk mencegah penumpukan plak dan penyakit gusi.

Kunjungi dokter gigi secara teratur

Dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur, dapat membantu lansia untuk mendeteksi masalah gigi yang mungkin terjadi di tahap awal. Jika menunda perawatan, mungkin lansia akan mengalami kerusakan gigi permanen.

Ketika lansia berada di klinik gigi, dokter akan memeriksa dan merawat gigi secara menyeluruh, sampai ke titik yang tidak dapat dicapai. Ini akan membuat gigi, gusi, dan mulut lansia lebih sehat.

Baca juga : Mengenal 6 Masalah Perawatan Lansia dan Home Care

Merawat gigi sesuai anjuran dokter

Jika lansia pernah melakukan implan gigi atau tambal gigi, ini perlu perawatan yang sesuai untuk tetap mendapatkan gigi yang sehat di masa tua. Lakukan perawatan yang dianjurkan dokter untuk mempertahankan perbaikan gigi yang dimiliki.

Jika lansia memakai gigi palsu, pastikan untuk menjaganya tetap bersih dan ikuti panduan perawatan khusus dokter gigi. Sama seperti gigi alami, gigi palsu bisa bertahan lama jika merawatnya dengan baik.

Menjaga pola makan sehat

Pola makan yang sehat dan seimbang akan membantu merawat gigi dan mulut lansia. Konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh lansia. Ini akan membantu melindungi orang tua dari infeksi dan penyakit termasuk di mulut. Beberapa makanan peningkat kekebalan tubuh termasuk bawang putih, minyak kelapa, sayuran hijau, spirulina, buah pepaya, kiwi, dan jeruk.

Cara Merawat Gigi dan Mulut Lansia Agar Tetap Sehat

Batasi makanan manis dan mengandung pati

Anda bisa mencegah gangguan mulut dan gigi dengan mengurangi atau membatasi makanan atau minuman yang manis dan mengandung pati. Keduanya merupakan makanan dan minuman yang dapat merusak gigi, berapapun usianya, baik anak-anak maupun lansia.

Gula menciptakan asam yang dapat mengikis gigi lansia. Sementara, makanan yang mengandung pati menempel ke gigi dan membentuk plak, sehingga membuat bakteri menumpuk di gigi.

Jika orang tua Anda membutuhkan perawatan khusus di rumah, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...