Cara Perawat Lansia Mengontrol Diabetes Agar Tak Meningkat

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Cara Perawat Lansia Mengontrol Diabetes Agar Tak Meningkat

Walaupun kadar gula darah sudah normal, bukan berarti pengaturan pola makan dan gaya hidup sehat dapat ditinggalkan. Pasien diabetes khususnya pada lansia harus selalu mengatur menjalani gaya hidup sehat agar kadar gula darah tidak melonjak secara tiba-tiba. Lansia memerlukan pendampingan perawat lansia untuk mengontrol diabetes meningkat.

Banyak lansia yang mengalami penyakit diabetes merasa kesulitan untuk menjaga gula darah tetap normal. Meskipun sudah jadi sebuah kewajiban, sering kali urusan gula darah membuat pasien diabetes merasa putus asa dan frustasi, penyebabnya karena mereka harus terus menerus berjuang mempertahankan kadar gula darah normal.

Baca juga : Perawat Lansia Khusus Geriatri

Upaya Diri Mengontrol Diabetes

Ubah kebiasaan jelek

Kebiasan-kebiasan jelek pada lansia seperti konsumsi makanan cepat saji atau makanan tak sehat ada baiknya dihindari karena berisiko diabetes. Begitu juga kebiasaan lansia duduk lama yang turut jadi penyebab. Dengan mengubah gaya hidup tak sehat dan bergerak lebih banyak akan mencegah diabetes tipe 2. 

Olahraga teratur

Dengan lansia melakukan jalan santai atau yoga setidaknya 30 sampai 45 menit setiap hari akan memberi kontribusi positif dalam mencegah diabetes. 

Atasi stres

Beban pikiran berlebih atau stres pada lansia bisa jadi pemicu berbagai penyakit, termasuk diabetes. Lansia sering merasakan kesepian karena kesibukan anak-anaknya yang menimbulkan rasa stres. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan aktivitas di rumah seperti membaca atau merawat tanaman. 

Baca juga : Cari Perawat Lansia Terpercaya? Begini Caranya

Perawat Lansia Bantu Kontrol Diabetes

Mengatur Pola Makan

Perawat lansia membantu mengatur pola makan di waktu yang tepat. Hal ini dilakukan agar kandungan karbohidrat, lemak dan protein bisa seimbang. Perawat lansia tidak akan membiarkan lansia merasakan perut kosong terlalu lama tanpa ada asupan makanan penting. Sebuah studi kesehatan menunjukkan bahwa orang yang kerap melewatkan sarapan berisiko terkena diabetes.

Tidur cukup 

Tak hanya makanan dan olahraga, perawat lansia akan mengatur jam istirahat yang cukup untuk orang tua. Tidur selama 7-8 jam sehari adalah keharusan dalam membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Tidur larut malam dan atau jelang pagi juga berisiko terkena diabetes dan hipertensi. 

Rutin cek kesehatan

Perawat lansia mengontrol kadar gula darah secara rutin. Perawatan untuk pasien diabetes diperlukan cek kesehatan secara berkala.

Jika Anda membutuhkan layanan perawat lansia di rumah, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...