Cara Terapi Okupasi Membantu Lansia untuk Mandiri

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Cara Terapi Okupasi Membantu Lansia untuk Mandiri

Tidak banyak orang mengetahui tentang informasi terapi okupasi serta bagaimana terapi ini bekerja. Dalam perawatan home care, terapi okupasi sangat membantu lansia untuk melatih kemandirian selama di rumah. Salah satu tujuan utama terapi okupasi yaitu membantu meningkatkan keselamatan lansia di rumah dan melakukan aktivitas keseharian secara lancar. Terapis okupasi juga membantu mobilitas lansia termasuk keseimbangan dalam pola berpikir dan olah tubuh.

Baca juga : Atasi Anak Kecanduan Gadget dengan Terapi Okupasi

Apa yang Dilakukan Saat Terapi Okupasi?

Penerapan terapi okupasi disesuaikan dengan kebutuhan lansia, karena tujuan terapi ini adalah untuk membantu lansia agar dapat lebih mandiri dalam kehidupannya. Layanan terapi okupasi ini terdiri dari tiga hal, antara lain:

Konsultasi

Dalam layanan konsultasi ini lansia, keluarga, dan dokter spesialis bersama-sama menentukan tujuan yang ingin dicapai dari pemberlakuan terapi okupasi.

Rancangan terapi

Layanan terapi okupasi ini biasanya dikontrol langsung dari dokter, berupa resep rancangan yang disusun khusus untuk lansia dengan tujuan meningkatkan kemandirian. Peningkatan kemampuan ini diperlukan guna membantu lansia melakukan kegiatannya sehari-hari.

Laporan terapi

Terakhir, laporan selama terapi dilakukan untuk memastikan bahwa terapi okupasi yang sudah dijalani telah sesuai dengan tujuan. Laporan ini juga diperlukan agar dokter dapat membuat rencana lainnya yang bisa dilakukan agar tujuan atau hasil terapi bisa menjadi lebih baik lagi.

Baca juga : Tak Perlu Antri, Terapi Okupasi Lebih Nyaman Dilakukan di Rumah

Kapan Harus Melakukan Terapi Okupasi?

Terapi okupasi bisa dilakukan ketika lansia yang memiliki kondisi kesehatan seperti Alzheimer, stres pasca trauma, gangguan makan, dan penyalahgunaan obat-obatan, dan mengalami penurunan kemampuan dalam beraktivitas sehari-hari. Terapi okupasi perlu dilakukan secara rutin, biasanya tiga kali dalam seminggu.

Dimana Terapi Okupasi Dilakukan?

Terapi okupasi bisa dilakukan, baik di rumah atau di lingkungan yang diinginkan lansia. Terapis dapat mendampingi lansia yang ingin melakukan terapi di rumah atau sesuai keinginannya. Namun, sayangnya tidak semua rumah sakit di Indonesia menyediakan terapi okupasi karena jumlah tenaga ahli yang mampu memberikan pelayanan ini masih terbatas.

Jika Anda membutuhkan layanan terapi okupasi khusus untuk lansia, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...