5 Cara Turunkan Berat Badan Bagi Pengidap Diabetes Pada Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Apakah orang tua Anda mengidap penyakit diabetes? Bingung bagaimana caranya menerapkan diet sehat yang baik untuk orang tua yang sudah memasuki kategori lansia? Yuk, simak cara turunkan berat badan yang ampuh untuk orang tua Anda. Berbagai macam cara dijalankan para lansia yang mengidap diabetes untuk menurunkan berat badannya. Bagi pasien diabetes kehilangan lima persen berat badannya merupakan hal yang baik. Apalagi bagi mereka yang juga memiliki kondisi obesitas. Namun yang perlu diingat, pengidap diabetes mesti awas terhadap kenaikan berat badan. Sebab, kondisi ini bisa saja memicu keluhan kesehatan lainnya. Sebenarnya, cara menurunkan berat badan untuk pasien diabetes pada lansia ini tidak hanya pada aspek menjauhi asupan berbagai macam gula. Lalu, seperti apa sih cara menurunkan berat badan bagi pengidap diabetes di kalangan lansia?

Baca juga : Cara Mudah Menjaga Berat Badan Ideal pada Lansia

Lansia Terapkan Diet Sehat

Untuk memangkas bobot tubuh, Anda harus memperkenalkan lansia dengan makanan yang perlu dihindari. Misalnya, makanan yang banyak mengandung lemak. Andaikan orang tua Anda menginginkan minum susu, sebaiknya pilihkan susu low fat, tapi tetap rendah gula. Enggak cuma itu saja, hindari pula lansia mengasup makanan yang digoreng dan mengandung lemak trans, makanan yang mengandung tinggi natrium, dan makanan yang memiliki tingkat indeks glikemik tinggi. Bagaimana dengan makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebagai program diet untuk pasien diabetes pada lansia? Selama menjalani program penurunan berat badan, lansia yang mengalami diabetes sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah. Di samping itu, pilihlah jenis karbohidrat yang kaya serat dan rendah indeks glikemik. Untuk urusan lauk, sebaiknya mengasup makanan ikan laut, seperti tuna, sarden, atau salmon.

Wajib Sarapan

Sarapan sangat membantu untuk melancarkan program penurunan berat badan. Alasannya, sarapan bisa menahan rasa lapar di tengah hari sehingga terhindar dari asupan glukosa yang berlebih. Di samping itu, sarapan juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Menurut sebuah penelitian, lansia pengidap diabetes yang menjalani sarapan bisa mengurangi pengobatan diabetes mereka. Menariknya lagi, kadar gula darahnya pun turun sebesar tujuh belas persen.

Olahraga Teratur

Meski sudah menerapkan diet sehat, tapi tanpa dukungan dari olahraga rasanya sulit untuk lansia menurunkan berat badan. Olahraga juga termasuk tips untuk menurunkan berat badan yang sangat baik. Aktivitas fisik yang baik yang bisa orang tua Anda coba seperti berenang atau jalan santai di pagi atau sore hari dengan intensitas sedang. Latihan fisik ini amat membantu untuk menyingkirkan lemak-lemak jahat. Orang tua Anda bisa melakukannya secara teratur sekitar 3 – 5 kali per minggu selama 30 45 menit.

Rutin Cek Berat Badan

Cara sederhana ini bisa membantu lansia untuk mengetahui sejauh mana proses penurunan berat badan berlangsung. Pemantauan berat badan secara teratur ini merupakan kontrol yang mudah agar bisa mencegah timbulnya diabetes yang semakin parah.

Baca juga : Makanan Ampuh Melawan Kelelahan

Catat Kalori yang Masuk

Bantu orang tua lansia Anda untuk mengontrol asupan karbohidrat dan gula yang masuk ke dalam tubuh. Mencatat asupan kalori harian ini sangat membantu proses penurunan berat badan. Menurut penelitian, seseorang yang menyimpan jurnal berisi catatan makanan sehari-hari, maka kehilangan berat badannya dua kali lebih banyak ketimbang mereka yang tak melakukannya. Anda bisa melakukan tips ini menggunakan berbagai aplikasi yang sudah ada di smartphone. Menurut seorang profesor kedokteran klinis dari  University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, mencatat asupan kalori bisa mengurangi karbohidrat dan gula yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil, bisa menurunkan berat badan dan mengatur gula darah rata-rata selama dua sampai tiga bulan.

Bagaimana, tertarik mencoba cara mudah menurunkan berat badan? Ikuti terus info kesehatan lainnya yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai masalah perawatan kesehatan, segera konsultasikan ke dokter dan dapatkan layanan perawat home care yang sudah berpengalaman melalui telp  (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...