Diah Ayu Sundari : “Bahagia Sekali Saat Pasien Pulih dengan Fisioterapi”

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Diah Ayu Sundari : "Bahagia Sekali Saat Pasien Pulih dengan Fisioterapi"

Menjadi fisioterapis selama 20 tahun menunjukkan Diah begitu mencintai pekerjaannya. Kunci menjadi fisioterapis andal menurutnya harus profesional dan sabar.

Menjadi fisioterapis sebetulnya bukan satu hal yang dicita-citakan Diah Ayu Sundari (44 tahun) atau  biasa disapa Diah sejak kecil. Namun perjalanan hidupnya justru menghantarkannya menggeluti bidang terapi ini dan ternyata dia begitu menikmati profesi yang satu ini.

Dalam keluarga Diah yang memiliki seorang ayah anggota TNI yang ingin agar salah satu anaknya terjun di dunia medis. Meski begitu ayahnya tidak ingin memaksa anaknya untuk menjadi dokter, namun tetap di bidang medis.

Setelah lulus SMA pada 1996, Diah memiliki keinginan untuk kuliah di Universitas Guna Dharma. Namun, ayahnya tetap ingin Diah mengecek jurusan medis.  Hingga suatu hari Diah mengunjungi Universitas Kristen Indonesia (UKI) untuk menjajaki jurusan kuliah medis  yang ada. Ternyata, saat itu merupakan hari terakhir pendaftaran untuk jurusan fisioterapi. Diah pun akhirnya mendaftarkan diri.

Setelah pulang, Diah bercerita kepada ayahnya kalau dia sudah mendaftar menjadi fisioterapis dan akan ikut ujian seleksi esok harinya. Ayahnya dengan senang hati  segera menyetujui dan mendukung pilihan Diah.

Mulai Belajar Fisioterapi

Diah Ayu Sundari : "Bahagia Sekali Saat Pasien Pulih dengan Fisioterapi"

Ketika Diah masuk jurusan fisioterapi di UKI mulailah dia belajar beragam hal tentang fisioterapi. Tidak sedikit orang awam belum mengenal istilah  fisioterapi.  “Hingga sekarang banyak orang bilang kalau fisioterapis itu tukang pijat.  Padahal tidak demikian. Namun saya dengan senang hati menjelaskan tentang arti fisioterapi,” katanya saat bertemu dengan MyNurz.

Memang hingga saat ini masyarakat luas belum mengerti betul tentang fisioterapi ini. Padahal, fisioterapi itu merupakan bagian penting untuk membantu kesembuhan seorang pasien. “Lihat saja di rumah sakit biasanya terdapat unit rehabilitasi. Fisioterapi dapat membantu pasien untuk memulihkan beragam kondisi misalnya akibat kelumpuhan stroke, akibat kecelakaan dan, lainnya,” jelas Diah.

Fisioterapi mencakup bidang luas misalnya dapat membantu seseorang yang  mengalami  cedera olahraga, arthritis, sakit pada leher, atau berbagai nyeri otot lainnya. Saya membantu seseorang mengurangi  rasa sakit dan perlahan dapat mengembalikan seseorang beraktivitas kembali dengan normal,” papar ibu dari dua anak ini.

Ragam Fungsi Fisioterapi

Fisioterapi tidak sakadar  menyembuhkan rasa sakit seseorang sementara. Tetapi lebih dari itu dapat postur membantu memperbaiki tubuh yang tidak benar. Fisioterapi juga dapat membantu dengan masalah struktur tulang seperti postur tubuh yang bengkok (skoliosis yaitu kelainan tulang belakang ke samping),  kifosis (kelainan tulang belakang), rematik, leher dan bahu kaku, dan hal lainnya.

“Disinilah peran saya membantu memulihkan kondisi tersebut dengan berbagai terapi fisik. Saya dapat membantu meredakan penyembuhan.  Paling banyak digunakan dalam berbagai penanganan masalah saraf, otot dan sendi, rehabilitasi pasca stroke, Parkinson, keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak, rehabilitasi pasca operasi, asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis)  dan berbagai gangguan lainnya, ” kata Diah.

“Fisioterapi mencakup bidang yang luas, misalnya fisioterapi tumbuh kembang, fisioterapi olahraga, fisioterapi geriatri, dan lainnya. Karena itu bisa dikatakan fisioterapi dapat membantu pasien semua usia mulai dari bayi, dewasa, hingga orang tua,” tambahnya.

Jalani Profesi Fisioterapis Sepenuh Hati

Diah Ayu Sundari : "Bahagia Sekali Saat Pasien Pulih dengan Fisioterapi"

Saat ini Diah telah memiliki pengalaman 20 tahun menjadi fisioterapis.  Dengan pengalaman panjang memberikan layanan fisioterapi  kepada pasien-pasiennya,  Diah saat ini termasuk menjadi fisioterapis senior. Diah pernah bekerja di RS Agung, Klinik Tumbuh Kembang Cimanggis, dan RS Sentra Medika Cibinong.

Menjalani profesi sebagai fisioterapi menjadi hal yang menyenangkan bagi Diah. Dalam menjalani profesi fisioterapi ini Dia melakukannya dengan sepenuh hati. Sejak dahulu Diah belajar disiplin termasuk tepat waktu dan profesional.

Diah biasanya begitu tertantang ketika bertemu pasien yang membutuhkan bantuan kesembuhan. “Paling banyak adalah kelumpuhan akibat stroke. Ada juga kasus korban kecelakaan yang membutuhkan pemulihan. Yang saya temui stroke itu sekarang ini tidak hanya menyerang orang lansia saja, tetapi banyak menyerang anak-anak muda,” jelasnya.

Diah pernah menghadapi pasien stroke pria berusia kurang  40 tahun. Suatu hari dia terserang stroke mengalami dan mengalami kelumpuhan. Padahal dia sedang memiliki karir bagus. Menghadapi hal ini, biasanya Diah mencoba untuk berbicara dan berkenalan.

“Biasanya saya harus mendekatkan diri dulu, mencoba komunikasi dengan pasien. Setelah menjadi dekat, saya harus memotivasi pasien untuk sembuh. Harus ada usaha dari dirinya untuk menjadi sembuh.  Peran saya sebagai fisioterapis hanya membantu kesembuhan,” sambung Diah.

Sabar Modal Penting bagi Fisioterapis

Selanjutnya, yang penting untuk menjadi fisioterapi andal menurut Diah adalah harus sabar menghadapi pasien. Tidak sedikit pasien yang mengalami stres atau depresi karena mengalami keadaan tak menyenangkan. “Menjadi lumpuh bagi siapapun pasti tidak menyenangkan. Mereka merasa frustasi karena harus bergantung pada orang lain,“ katanya.

Namun, Diah biasanya harus sabar menghadapi mereka.  Diah tetap harus menjalin komunikasi dengan pasien dan tetap bertekad membantu mereka pulih.

Selain  itu, Diah  juga harus memiliki program terapi fisik untuk proses pemulihan seseorang.  “Saya akan meneruskan program yang sudah ditetapkan dokter. Misalnya seseorang harus dilatih agar bisa berjalan kembali setelah serangan stroke. Namun kan berjalan itu tidak bisa langsung. Harus mulai perlahan dan bertahap. Saat seseorang lumpuh, saya sebagai terapis, harus tetap mengaktifkan atau menggerakkan otot-ototnya agar tidak kaku. Agar peredaran darah tetap lancar dan tulang tidak menjadi bengkok,” tambahnya.

Bergabung menjadi Fisioterapis Freelancer di MyNurz

Diah Ayu Sundari : "Bahagia Sekali Saat Pasien Pulih dengan Fisioterapi"

Satu hal yang paling menyenangkan bagi Diah adalah bila pasien yang dibantunya itu menjadi sembuh dan kembali normal. “Kalau ada pasien saya yang lumpuh dan bisa berjalan normal, itu merupakan kebahagiaan saya tak terkira. Saya senang bila berhasil membantu seseorang pulih, seperti pasien stroke lumpuh itu setelah enam bulan bisa berjalan kembali,” ungkapnya bahagia.

Tak heran Diah telah memiliki catatan pasien panjang yang telah berhasil ditolongnya. Diah masih memiliki hubungan yang baik dengan pasien-pasiennya. “Satu hal bila kita bekerja dengan baik, reputasi akan terbentuk dengan sendirinya. Semua profesi harus dijalankan dengan profesional. “

Saat ini Diah bergabung sebagai fisioterapi freelancer di MyNurz. “Saya senang bisa bergabung di MyNurz. Saya dapat membantu pasien dengan cara datang ke rumah. Saya leluasa mengatur waktu, apalagi saya kan ibu dua orang anak. Dengan menjadi freelancer di MyNurz saya  tetap mendapat penghasilan tambahan,” ungkapnya ramah. (Foto: Dok. Pribadi dan MyNurz).

Jika Anda membutuhkan layanan fisioterapi, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...