Diet Keto Cocok Untuk Pasien Diabetes, Ini Penjelasannya

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Diet Keto Cocok Untuk Pasien Diabetes, Ini Penjelasannya

Orang dengan penyakit diabetes juga bisa menjalani program diet. Program yang bisa dijalankan yaitu diet ketogenik atau yang lebih dikenal dengan diet keto. Diet ini merupakan pola makan yang membuat Anda membatasi asupan karbohidrat. Karena jumlah karbohidrat yang dibatasi itu, diet ini mampu menurunkan berat badan orang yang melakukannya dengan cepat. Diet keto juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah.

Bagi mereka yang menjalankan diet ini, pengganti karbohidrat adalah makanan yang tinggi protein dan lemak. Karena kemampuannya mengurangi berat badan serta kadar gula darah akibat konsumsi karbohidrat yang minim, maka diet ini disebut-sebut dapat dimanfaatkan oleh penderita diabetes.

Baca juga : Butuh Bantuan untuk Suntik Diabetes? Panggil Perawat Home Harian Visit ke Rumah

Manfaat Diet Keto Untuk Pasien Diabetes

Diet keto dianggap mampu membantu pasien diabetes dalam mengontrol gula darah karena sifatnya yang rendah karbohidrat, terlebih jika mereka juga memiliki obesitas. Dengan menjalani diet ketogenik, seseorang hanya dibatasi untuk mengonsumsi karbohidrat tidak lebih dari 30 gram per hari. Selebihnya, mereka disarankan untuk mengonsumsi protein. Penderita diabetes memang dianjurkan untuk mengurangi karbohidrat, namun bukan berarti menghilangkan sepenuhnya dari komposisi makanan sehari-hari.

Menjalankan diet keto bagi pasien diabetes mungkin berisiko jika tidak dilakukan di bawah pantauan ahli gizi maka dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Sebab, seorang diabetes masih membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energinya. Paling tidak, mereka membutuhkan sekitar 130 gram setiap harinya dan disarankan berasal dari karbohidrat kompleks.

Meskipun memiliki gangguan dalam mengolah gula di dalam tubuh, para pasien diabetes tetap memerlukan karbohidrat sebagai sumber utama energinya. Jumlah karbohidrat minimal yang harus dipenuhi para pasien diabetes dalam sehari yaitu sekitar 50% dari kebutuhan kalori total. Atau sekitar 130 gram karbohidrat minimal yang harus ada setiap harinya.

Baca juga : Pencegahan Diabetes Kronis Pada Lansia, Panggil Jasa Perawat Untuk Mendampingi

Menu Diet Keto Khusus Diabetes

Berbeda dengan kebanyakan orang yang menjalankan diet keto, khusus para pasien diabetes tidak boleh lagi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti gula, madu, susu kental manis, atau makanan yang memiliki rasa manis dari gula. Sebaliknya, mereka harus memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks yang didapat dari nasi, ubi, mie, dan bihun. Tapi, inipun tidak boleh sembarangan. Pilihlah makanan pokok sumber karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat seperti gandum utuh atau nasi merah. Jenis makanan ini cenderung memiliki indeks glikemik rendah yang cenderung aman bagi kadar gula darah si pasien diabetes.

Jadi pada intinya, bukan masalah pengurangan karbohidratlah yang harus dilakukan oleh pengidap diabetes, melainkan bagaimana cara memilih karbohidrat yang baik dan tepat agar kadar gula darahnya tidak melonjak. Hal ini juga harus diiringi dengan pemilihan sumber makanan lain, yang tentunya tepat dan sesuai dengan kebutuhan si pasien diabetes. Oleh karena itu, pengidap diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar mendapatkan panduan makan yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail