Disarankan Melakukan Medical Check Up Setahun Sekali Bagi Anda yang Berumur 35 Tahun ke Atas

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Disarankan Melakukan Medical Check Up Setahun Sekali Bagi Anda yang Berumur 35 Tahun ke Atas

Medical Check Up (MCU) penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan deteksi dini terhadap penyakit. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, disarankan untuk melakukan rutin setahun sekali. Di atas usia 35 tahun, metabolisme seseorang akan menurun. Sehingga berisiko mengalami berbagai macam penyakit seperti kolesterol, hipertensi, dan obesitas.

Menurut dr. Maria Dewi Indrawati, Quality Service Manager di salah satu RS di Tangerang mengatakan mulai usia 35 tahun, perlu medical check up secara rutin setahun sekali. dr. Maria menyinggung permasalahan terkait masih kurangnya kesadaran melakukan MCU di masyarakat Indonesia saat ini. Masyarakat masih banyak yang kurang menyadari pentingnya pemeriksaan kesehatan.

Baca juga : Yuk, Jeli dalam Memilih Jasa Home Care

Pendampingan Perawat Medis Saat Medical Check Up

Anda tidak perlu sakit terlebih dulu jika ingin menjalani pemeriksaan fisik ini. Pemeriksaan kesehatan, alias medical check up, adalah serangkaian uji kesehatan rutin yang dilakukan di rumah sakit untuk memeriksa kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mengantisipasi risiko penyakit.

Perawat medis akan mendampingi Anda selama medical check up, rangkaian pemeriksaan biasanya akan dimulai dengan mengukur berat dan tinggi badan sesuai indeks masa tubuh (body mass index/BMI). Penting untuk memeriksakan BMI tiap 2 tahun sekali bagi orang berusia di bawah 50 tahun dan setahun sekali untuk usia di atas 50 tahun.

Pemeriksaan fisik tahunan juga mungkin termasuk cek kolesterol, tekanan darah, dan gula darah. Ini karena Anda mungkin saja memiliki kadar yang tinggi dari salah satu atau semua kondisi di atas tanpa pernah menunjukkan satupun tanda atau gejalanya, atau berisiko mengalami penyakit yang terkait misalnya diabetes atau hipertensi. Dan tergantung pada usia atau riwayat kesehatan Anda dan keluarga, dokter dapat merekomendasikan tes medis tambahan.

Baca juga : Peringati Hari HIV/AIDS, Ini Peran Perawat Medis Selama Dampingi Pasien

Disarankan Melakukan Medical Check Up Setahun Sekali Bagi Anda yang Berumur 35 Tahun ke Atas

Pemeriksaan Wajib Oleh Perawat Medis Saat Medical Check Up

Ada tiga pemeriksaan fisik utama yang tidak boleh Anda lewatkan saat medical check up dengan pendampingan perawat medis yaitu :

Mammogram untuk kanker payudara

The American Cancer Society merekomendasikan kebanyakan wanita memiliki mammogram tahunan dimulai pada usia 35. Perempuan berusia 55 tahun ke atas disarankan untuk pemeriksaan per dua tahun sekali.

Kolonoskopi atau tes okultisme (feses atau darah) pemeriksaan untuk kanker usus besar

Direkomendasikan dimulai pada usia 50 tahun dan terus secara teratur hingga usia 75 tahun

Pap Smear untuk kanker serviks

Direkomendasikan setiap 3 tahun sekali untuk kebanyakan wanita usia 21-29 tahun. Untuk wanita usia 30-65 tahun, pap smear dianjurkan rutin dilakukan tiap 5 tahun sekali.

Sebaliknya, pemeriksaan kesehatan tahunan dianjurkan rutin dilakukan setiap tahun atau per dua tahun sekali, jika Anda berusia 50 tahun ke atas dan/atau memiliki kelebihan berat badan, memiliki keturunan diabetes, atau sedang menjalani pengobatan untuk hipertensi atau diabetes.

Jika Anda membutuhkan perawat medis untuk pendampingan medical check up, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...