Fisioterapi Bisa Bantu Lansia Berjalan Kembali Pasca Stroke

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Fisioterapi Bisa Bantu Lansia Berjalan Kembali Pasca Stroke

Secara umum, setelah stroke pasien akan menjalani fisioterapi dengan tujuan untuk memperbaiki saraf pada tubuh dan membangun keseimbangan. Para peneliti dari University of Victoria di Kanada menemukan bahwa pasien stroke yang melakukan fisioterapi selama 30 sampai 45 menit dan menjalaninya sebanyak tiga kali seminggu, dilakukan secara signifikan akan lebih baik pada tes berjalan setelah lima minggu pelatihan. Penelitian ini dilakukan dengan peserta lansia berkisar pada usia dari 57 sampai 87 tahun, dan semua telah mengalami stroke selama minimal 7 bulan.

Orang yang pernah terserang stroke sering kali mengalami penurunan fungsi otak, yang bisa berupa gangguan dalam berbicara, mengingat, bergerak, dan lain sebagainya. Mengembalikan kemampuan tubuh setelah terserang stroke merupakan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan komitmen.

Baca juga : Cara Mudah Fisioterapi Mengatasi Pegal Linu Pada Lansia

Dampak Stroke

Dampak stroke dapat bersifat meluas dan berlangsung lama. Untuk dapat benar-benar pulih, pasien harus melakukan rehabilitasi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Namun, sebagian besar pasien stroke sangat sulit untuk bisa pulih sepenuhnya. Beberapa dampak yang ditimbulkan akibat stroke, antara lain :

Ada beberapa dampak fisik yang dapat terjadi akibat serangan stroke, antara lain :

  • Kelumpuhan pada salah satu bagian tubuh
  • Terganggunya koordinasi dan keseimbangan tubuh
  • Terganggunya daya ingat
  • Terganggunya konsentrasi

Baca juga : 3 Manfaat Duduk di Bola Stabilitas Saat Fisioterapi Untuk Tulang Belakang

Fisioterapi Bisa Bantu Lansia Berjalan Kembali Pasca Stroke

Pemulihan Stroke dengan Fisioterapi di Rumah

Kelumpuhan pada bagian tubuh sebaiknya diperiksa oleh dokter spesialis rehabilitasi medik yang nantinya akan menyusun rencana fisioterapi. Fisioterapi biasanya akan dimulai setelah kondisi kesehatan pasien stabil. Postur tubuh dan keseimbangan adalah hal utama yang akan diperbaiki. Pasien akan menjalani sesi fisioterapi secara rutin oleh fisioterapis dengan durasi yang semakin meningkat seiring pulihnya kendali dan kekuatan otot pasien.

Umumnya, ada dua target dalam fisioterapi, yaitu target jangka pendek dan target jangka panjang. Dalam target jangka pendek, pasien akan dilatih untuk melakukan gerakan sederhana, seperti mengambil sebuah objek. Sementara, untuk target jangka panjang, pasien dilatih untuk berdiri dan berjalan.

Dalam prosesnya, dokter rehabilitasi medik dan ahli fisioterapi tidak hanya bisa ditemukan di rumah sakit. Fisioterapis bisa Anda panggil ke rumah sesuai jadwal kebutuhan dengan mencari di www.mynurz.com .

Jika Anda membutuhkan layanan fisioterapi untuk pasca stroke, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...