Spondilosis Servikal Si Nyeri Tulang Leher yang Sering Menyerang Lansia, Temui Fisioterapi di Jakarta untuk Memulihkannya

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Orang tua Anda saat memasuki generasi lansia akan semakin banyak masalah atau penyakit yang dialami, salah satunya adalah spondilosis servikal. Mungkin Anda jarang mendengarnya, tapi ternyata masalah nyeri dan sakit tulang leher ini banyak dialami oleh para lansia. Untuk pemulihannya, Ada baiknya Anda memanggil jasa fisioterapi yang bisa ditemukan di Jakarta dan daerah sekitarnya. Banyak ahli terapi fisik yang bisa membantu Anda.

Sebelum Mencari Fisioterapi, Kenali Dahulu Penyakit Spondilosis Servikal

Spondilosis servikal adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh kerusakan ruas tulang leher dan bantalannya, sehingga menekan saraf tulang belakang dan menimbulkan gejala umum berupa nyeri leher, bahu, dan kepala. Penyakit ini dipengaruhi dari usia atau penuaan. Semakin usia bertambah, terjadi kerusakan pada jaringan tulang leher, kehilangan cairan, dan menjadi kaku sehingga menyebabkan terjadinya spondilosis servikal.

Pada kasus yang jarang, masalah tulang leher ini juga bisa menyebabkan saraf kejepit. Hal ini bisa menyebabkan orang tua Anda mengalami nyeri, kesemutan, dan mati rasa pada tangan, kesemutan dan mati rasa pada kaki, kehilangan koordinasi, kesulitan berjalan, dan kehilangan kontrol pergerakan kandung kemih atau usus.

Spondilosis servikal paling sering ditemukan pada usia 40-60 tahun, dan pada laki-laki dapat timbul lebih awal dibanding wanita. Diperkirakan bahwa 90% orang yang telah berusia 60 tahun ke atas (lansia) mengalami masalah ini. Namun, spondilosis servikal dapat juga timbul pada orang muda karena penyebab lain, biasanya karena ada cedera sebelumnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk memanggil fisioterapi, sebaiknya ajak orang tua Anda untuk melakukan konsultasi dengan ahlinya. Anda dan orang tua dapat melakukan konsultasi secara gratis di MyNurz.com.

Baca juga : Fisioterapi, Teknik Pemulihan Cedera yang Paling Efektif

Penyebab Spondilosis Servikal

Spondilosis servikal terjadi akibat perubahan struktur dan kerusakan jaringan pada tulang belakang dan tulang leher. Perubahan yang terjadi dapat berupa :

Menipisnya bantalan tulang

Tulang leher merupakan bagian dari tulang belakang yang bentuknya seperti pilar yang memiliki ruas. Di antara ruas tersebut diisi oleh bantalan tulang. Seiring bertambahnya usia, bantalan ini akan menipis akibat berkurangnya cairan pada bantalan tersebut. Jika bantalan ini menipis, akan sering terjadi gesekan antar tulang.

Keretakan bantalan tulang

Akibat penuaan, bantalan tulang leher juga dapat mengalami keretakan, sehingga membuat bantalan ini menonjol dan menekan saraf tulang belakang.

Ligamen kaku

Penuaan juga dapat menyebabkan ligamen atau jaringan ikat antara tulang leher menjadi kaku dan tidak fleksibel.

Pengapuran tulang leher

Sebagai respon terhadap menipisnya bantalan tulang, tulang leher akan membentuk jaringan tambahan dalam upaya menjaga keutuhan tulang leher. Jaringan tulang tambahan ini dapat menekan saraf tulang belakang.

Baca juga : Tidak Hanya Memulihkan Cedera, Hal Ini Membuktikan Fisioterapi Bisa Bantu Kehidupan Anda

Fisioterapi Untuk Perawatan Spondilosis Servikal

Jika orang tua Anda tiba-tiba mengalami mati rasa atau kesemutan di bahu, lengan, atau kaki, serta mengalami kehilangan kontrol kandung kemih dan usus, sebaiknya segera periksakan dan konsultasikan ke dokter. Itu merupakan gejala dari spondilosis servikal.

Dokter akan memberi perawatan dan obat-obatan untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan menurunkan risiko kerusakan permanen. Menjalankan fisioterapi juga dapat membantu meregangkan otot leher dan bahu pada orang tua Anda, sehingga membantu meringankan rasa nyeri. Anda bisa cari fisioterapi di Jakarta di sini.

Jika kondisi spondilosis servikal masih ringan, Anda juga bisa membantu orang tua untuk melakukan hal-hal seperti di bawah ini untuk mengobatinya :

  • Ajak orang tua untuk berolahraga secara teratur, seperti berjalan kaki atau berenang
  • Mengompres dingin atau hangat leher orang tua Anda untuk membantu menghilangkan rasa nyeri di otot
  • Berikan bantal untuk orang tua yang nyaman saat tidur
  • Butuh bantuan fisioterapi untuk mendampingi dan menghindari melakukan banyak gerakan pada leher atau memberi banyak beban ke leher

Untuk mengetahui kondisi penyakit spondilosis servikal yang orang tua Anda alami, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...