Fisioterapi Pada Cedera Olahraga dan Sport Injury

Salah satu resiko bila menjadi pelaku olahraga aktif adalah kemungkinan terjadnya risiko cedera. Jika cedera parah, maka cedera tersebut akan membuat Anda tidak lagi aktif melakukan olahraga dan baru sembuh kembali beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Akibatnya, itu dapat mempengaruhi kondisi dan pelatihan Anda dan juga terbukti merusak kesehatan mental Anda. Oleh karena itu, untuk dapat pulih secara efektif, cepat dan mendapatkan kembali kekuatan tubuh & mental yang diperlukan oleh Anda, fisioterapi dapat memainkan peran penting.

Cedera Paling Umum di Antara Atlet dan Penggemar Olahraga:

Tennis elbow, cedera lutut, keseleo, ketegangan otot, dislokasi, hamstring tegang, dan splints shin adalah cedera paling umum yang akan dihadapi oleh para penyuka olah raga. Fisioterapi, sebagai pengobatan terapeutik yang aman, adalah penyembuh terbaik dalam mengobati cedera ini. Fisioterapi akan membantu atlet atau penggemar olahraga untuk mengobati cedera mereka secara efektif dan mencapai kinerja optimal.

Apa itu Fisioterapi Olahraga?

Tidak seperti ahli fisioterapi lainnya, ahli fisioterapi olahraga memiliki pengetahuan khusus yang berkaitan dengan olahraga. Tekni fisioterapi yang dilakukan adalah menerapkan teknik fisioterapi dan membantu dalam merawat cedera serta memberikan langkah-langkah keselamatan bagi atlet atau penggemar olahraga yang mengalami cedera. Apakah Anda seorang atlet profesional atau olah raga hanya di akhir pekan, ahli fisioterapi olahraga dapat membantu Anda pulih lebih cepat dan lebih baik!

Seringkali fisioterapis olahraga juga psikolog olahraga yang dapat membantu Anda dengan membagikan pengetahuan mereka yang berharga dalam mendapatkan mental atlet setelah mengalami cedera parah. Sehingga fisioterapi juga membantu Anda meningkatkan kinerja dan meningkatkan fleksibilitas Anda.

Manfaat Lain dari Fisioterapi Olahraga:

  • Membantu mengurangi kerentanan terhadap cedera terkait olahraga di masa depan
  • Meningkatkan batasan mobilitas dengan latihan pribadi
  • Meningkatkan kesehatan otot dan ligamen secara keseluruhan
  • Membantu kinerja atletik agar tetap di puncak kemampuan mereka

Anda Mengalami Cedera Olahraga, Telphon Kami untuk Konsultasi Gratis:

Klik Disini Untuk Konsultasi Gratis

 

Atau Isi Form Dihalaman Ini Dan Kami Akan Menghubungi Anda Kembali:

Form Konsultasi Gratis

Teknik Fisioterapi Dapat Membantu Anda Kembali Dalam Penyembuhan Cedera Yang Terjadi Pada Saat Olahraga

Tergantung pada cedera khusus Anda, fisioterapis dapat melibatkan teknik berikut dalam rehabilitasi Anda:

Latihan Range of Motion (ROM) – Fisioterapis sering menggunakan latihan range of motion (ROM) untuk mengurangi kekakuan sendi dan otot. Latihan Range of Motion dilakukan pada bagian tubuh tertentu yang terluka. Tergantung pada tingkat keparahan cedera, dokter Anda akan menyarankan jika Anda harus melakukan latihan ROM pasif atau latihan ROM aktif. Ketika pasien melakukan latihan tanpa bantuan dari fisioterapis mereka, itu disebut sebagai ROM Aktif, dan ketika fisioterapis melakukan latihan dengan gerakan nol dari sisi pasien, itu disebut sebagai ROM Pasif.

Penguatan – Cedera membuat otot lemah. Fisioterapis, menggunakan kombinasi latihan dan terapi dan latihan penguatan otot seperti aktivitas statis & dinamis, membantu meningkatkan otot yang melemah. Latihan statis mengerahkan otot pada intensitas tinggi tanpa pergerakan sendi, seperti memegang posisi jongkok atau memegang push-up posisi. Sementara aktivitas dinamis menjaga otot Anda bergerak sambil berjalan, berlari atau mengangkat beban ringan.

Latihan pemulihan cedera pada olahraga sangat di butuhkan pengawasan ahli fisioterapi agar kemungkinan cedera di bagian tubuh yang sama dapat di hindari semaksimal mungkin