Fisioterapi: Penting bagi Lansia, Baik Juga untuk Kita

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Fisioterapi: Penting bagi Lansia, Baik Juga untuk Kita

Fisioterapi merupakan jenis perawatan yang berfokus pada pengembalian fungsi gerak seseorang. Bagi pasien yang mengalami cedera, mengidap penyakit tertentu, atau hal lainnya yang menurunkan fungsi gerak tubuhnya, fisioterapi sangat disarankan. Apalagi jika pasien tersebut sudah memasuki usia lanjut.

Seperti yang mungkin terjadi juga pada orangtua kita, kemampuan motorik pada lansia banyak berkurang. Pembentukan jaringan halus di punggung, leher, pundak, atau bagian lain di tubuhnya sudah banyak terhambat. Belum lagi kondisi saraf, otot, sendi, dan sebagainya yang kian memburuk. Nah, fisioterapi-lah yang dapat mempertahankan kondisi tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Fisioterapi dapat dimulai dengan beberapa cara, disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Mulai dari peningkatan intensitas gerak secara manual, penggunaan alat bantu terapi, sampai melatih fungsi-fungsi bagian tubuh dan komunikasi. Namun secara keseluruhan, tindakan fisioterapi bertujuan untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan fungsi gerak seseorang. Juga mengurangi risiko penurunan fungsi gerak pada masa mendatang.

Baca juga : Inilah 7 Tugas Penting Perawat Lansia

Fisioterapi: Penting bagi Lansia, Baik Juga untuk Kita

Bentuk-Bentuk Fisioterapi

Fisioterapi membutuhkan keaktifan dan kedisiplinan pasien, sekaligus kemampuan fisioterapis untuk menerangkan kondisi pasien dan memotivasinya untuk menjalani fisioterapi. Seorang terapis akan mendiagnosis pasien dan menentukan tindakan-tindakan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa bentuk fisioterapi yang biasa diberikan kepada pasien.

Latihan

Bentuk fisioterapi ini berfokus pada peregangan otot berupa senam dan olahraga. Tujuan dari bentuk ini adalah menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, atau penyiapan tubuh untuk aktivitas tertentu.

Teknik Elektroterapi

Fisioterapi ini melibatkan alat dengan aliran listrik. Karena itu, bentuk ini juga biasa disebut terapi listrik. Jenis-jenis dari terapi ini, antara lain terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN) dan terapi stimulasi listrik melalui jaringan lemak (PENS), yang memadukan juga teknik akupuntur.

Fisioterapi Manual

Bentuk ini dilakukan secara manual berupa pijatan, peregangan, serta pengondisian dan mobilisasi sendi. Terapi ini biasanya dilakukan untuk memberi efek relaksasi, meningkatkan fleksibilitas bagian tubuh yang terganggu, dan mengurangi nyeri akibat cedera.

Terapi Okupasi

Bentuk fisioterapi ini dikhususkan bagi pasien dengan keterbatasan fisik, sensorik, dan mental. Biasa disebut juga occupational therapy, bentuk ini memosisikan fisioterapi sebagai pendukung kegiatan sehari-hari pasien agar lebih baik.

Lainnya

Terdapat juga bentuk fisioterapi lainnya, yang membantu pasien dalam berolahraga dan mendampingi saat menggunakan alat-alat terapi. Selain itu, ada juga hidroterapi, terapi suhu, ultrasound, latihan pernapasan, dan akupuntur.

Baca juga : Inilah 7 Keuntungan Home Care Lansia di Rumah

Fisioterapi: Penting bagi Lansia, Baik Juga untuk Kita

Fisioterapi Baik Juga untuk Kita

Seperti yang kini sudah kita ketahui, fisioterapi pun dapat kita manfaatkan. Bukan hanya untuk orangtua kita yang sudah lanjut usia. Setidaknya, bentuk perawatan ini dapat membantu kita memiliki fungsi gerak yang baik pada waktu yang lama. Terutama jika kita merasa ada bagian tubuh yang nyeri, cedera, atau terindikasi gangguan saraf, fisioterapi dapat kita lakukan.

Tidah hanya untuk menyembuhkan saja, namun fisioterapi juga bisa me-refresh diri Anda dari pulangnya setelah traveling, cedera saat berolahraga hingga memulihkan lower back pain saat di kantor.

Soal bagaimana kita dapat menjalani fisioterapi, saat ini kita tidak melulu harus datang ke klinik atau penyedia layanan fisioterapi lainnya. Kita dapat memanggil layanan fisioterapi ke rumah. Hal itu sangat mudah sehingga fisioterapi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Jika Anda membutuhkan layanan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...