Fisioterapi, Teknik Pemulihan Cedera yang Paling Efektif

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Perawatan dan pemulihan cedera dengan cara fisioterapi lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan cedera lainnya.

Fisioterapi adalah proses pemulihan seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian pencegahan, diagnosis, serta penanganan untuk menangani gangguan fisik pada tubuh akibat cedera atau penyakit. Fisioterapi bisa dilakukan pada pasien dari usia muda hingga lansia, misalnya untuk mengobati sakit punggung, persiapan olahraga, hingga persiapan persalinan.

Tujuan dari fisioterapi adalah untuk membantu orang-orang dengan kondisi yang membatasi kemampuan mereka agar berfungsi dalam kegiatan sehari-hari, fisioterapi menggunakan banyak teknik dan peralatan untuk membantu pasien memulihkan kekuatan fisiknya, meningkatkan mobilitas bagian tubuh yang cedera, mengelola rasa sakit, memperbaiki postur tubuh, dan mengelola kondisi yang melemahkan fisik.

Baca juga : 7 Tanda Anda Membutuhkan Fisioterapi

Kegiatan Fisioterapi

Pasien biasanya mengalami rasa sakit saat cedera atau penyakit kronis seperti stroke. Peralatan terapi dapat mencakup ultraviolet dan lampu inframerah, mesin EMS, whirlpool baths, dan mesin ultrasonik.

Saat melakukan fisioterapi, seorang ahli fisioterapi akan menilai kemampuan pasien, pemantauan fungsi motorik, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan jangkauan gerak, membuat rencana perawatan, dan mencatat kemajuan pasien.

Ahli fisioterapi juga menginstruksikan pasien tentang cara menggunakan perangkat medis seperti tongkat, kursi roda, dan juga kaki palsu. Fisioterapi dapat digunakan saat pasien mengalami cedera berolahraga, salah metode pemanasan, trauma jatuh atau kecelakaan lainnya yang mengakibatkan cedera fisik.

Baca juga : Bedakan Nyeri Pinggang Biasa dengan Saraf Kejepit, Fisioterapi Siap Membantu Anda

Metode Fisioterapi

Pengobatan dengan memakai metode fisioterapi membutuhkan keterlibatan pasien secara aktif dan kedisiplinan. Oleh karena itu, ahli fisioterapi akan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit pasien dan membantu memahami permasalahan yang ada di tubuh pasien. Fisioterapi membutuhkan keseriusan pasien karena metode ini berkaitan dengan gaya hidup, aktivitas, dan kesehatan.

Metode yang biasanya diterapkan kepada pasien yaitu program latihan beberapa terapi. Yang termasuk dalam program ini antara lain teknik memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan.

Selain itu, terdapat pula fisioterapi manual dengan metode pijat, peregangan, dan pelatihan resistensi tubuh, serta mobilisasi dan manipulasi sendi. Metode lainnya yaitu fisioterapi juga membantu pasien dengan mengoreksi teknik berolahraga yang salah dan membantu cara menggunakan alat bantu dengan tepat. Beberapa metode lainnya yang biasa dipakai adalah hidroterapi, melatih teknik bernapas yang benar, dan pengobatan akupuntur.

Jika Anda membutuhkan layanan fisioterapi, segera konsultasikan melalui telp (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...