Fisioterapi untuk Pengobatan Stroke

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Fisioterapi bertujuan untuk mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera, maka fisioterapi dapat membantu untuk memulihkannya, termasuk pada penyakit pasca stroke.

Fisioterapi Neurologis untuk Stroke

Fisioterapi neurologis dilakukan untuk orang-orang yang memiliki gangguan neurologis atau saraf. Misalnya penyakit alzheimer, parkinson, cedera tulang belakang, dan juga stroke. Salah satu penyakit yang banyak menggunakan terapi ini ialah stroke.

Fisioterapi stroke akan dilakukan setelah serangan stroke. Biasanya, stroke menyebabkan kerusakan otak. Akibatnya, Anda akan mengalami kelemahan atau kelumpuhan di salah satu sisi tubuh dan kesulitan menggerakkan tubuh sehingga menghambat aktivitas harian.

Fisioterapi stroke dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali kekuatan dan kemampuan untuk menggerakkan tubuh. Neurofisioterapi adalah spesialisasi fisioterapi yang disebabkan oleh kerusakan pada otak dan sistem saraf seperti pada stroke. Fisioterapis akan membantu membuatkan program terapi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Baca juga : 7 Tanda Anda Membutuhkan Fisioterapi

Umumnya fisioterapi stroke dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan pasca terjadinya stroke dan menghindari komplikasi yang bisa memperlambat proses pemulihan. Dalam program fisioterapi stroke, terapis juga akan memberi tahu Anda bagaimana posisi yang tepat untuk berbaring dan juga cara duduk yang aman. Selain itu, terapis akan membantu memotivasi Anda untuk terlibat aktif dan mempelajari gerakan-gerakan normal tubuh dalam setiap sesi fisioterapi stroke.

Biasanya, terapis juga akan menentukan alat fisioterapi apa saja yang sekiranya diperlukan. Umumnya, untuk fisioterapi stroke, terapis membutuhkan alat fisioterapi seperti kursi roda, alat bantu jalan seperti walker dan juga tongkat.

Fisioterapi stroke bisa dimulai 24 jam setelah serangan. Di waktu tersebut, Anda akan didorong dan dimotivasi untuk dapat bangun dan bergerak semampunya. Untuk kasus stroke yang ringan, fisioterapi stroke biasanya fokus pada pencegahan komplikasi dan kemampuan Anda untuk bergerak dan aktif kembali.

Namun, seiring berjalannya waktu, fisioterapi stroke akan membantu Anda menjadi lebih mandiri dan melakukan berbagai hal lainnya lebih dari sekadar menggerakkan anggota tubuh.

Baca juga : Fisioterapi Jakarta: Pesan dari Rumah, Terapis Segera Datang

Manfaat Fisioterapi untuk Penyakit Stroke

Berikut manfaat jika menjalani fisioterapi pasca stroke, yaitu :

Mengatasi kekakuan otot (spastisitas)

Spastisitas adalah jenis kekakuan otot yang terjadi pasca stroke. Beberapa penelitian telah mengevaluasi manfaat fisioterapi untuk pengobatan spastisitas pasca stroke. Dibandingkan pengobatan lainnya, fisioterapi secara signifikan dapat menurunkan spastisitas pasca stroke, terutama di pergelangan tangan, lutut dan siku.

Mengurangi rasa sakit

Fisioterapi bisa menghilangkan sakit dan memulihkan otot dan sendi. Teknik saat Anda menjalani fisioterapi yaitu dengan melalui ultrasound, stimulasi listrik, terapi panas, dan lain-lain.

Meningkatkan kemampuan bergerak

Para terapis bisa membantu Anda yang mengalami gangguan dalam berdiri, berjalan, dan bergerak pasca stroke. Ahli fisioterapi akan menyesuaikan teknik fisioterapi sesuai dengan kebutuhan pasiennya.

Jika Anda membutuhkan fisioterapi untuk pemulihan pasca operasi, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...