Gejala Awal Diabetes pada Wanita

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Diabetes1

Sebagai wanita, kecintaan Anda terhadap makanan dan berkuliner sepertinya perlu sedikit ‘direm’. Tidak berolahraga, makan dengan porsi besar, nyatanya membuat perubahan yang drastis terhadap tubuh Anda. Angka diabetes di indonesia sudah menempati peringkat ketujuh terbanyak di dunia dengan penderita 10 juta orang. Haruskah Anda memeriksakan diri? Tentu saja! Apalagi jika Anda mempunyai orang tua atau keluarga yang pernah menderita diabetes. Selain faktor keturunan, berikut ini adalah gejala awal diabetes pada wanita yang perlu Anda waspadai.

  1. Kelebihan berat badan

Hanya dengan memiliki berat badan 4-6 kg lebih dari berat badan ideal, bisa membuat Anda berisiko terkena diabetes tipe 2. Kabar baiknya, hanya dengan mengurangi 5-7% berat badan Anda, bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

  1. Sering buang air kecil

Jika tubuh Anda tidak memiliki jumlah insulin yang cukup, glukosa akan menumpuk di aliran darah dan keluar melalui urin. Karena sering buang air kecil, Anda akan cenderung lebih sering haus dan lebih sering minum.

  1. Pandangan mulai kabur

Gula darah yang tinggi menyebabkan glukosa menumpuk di lensa mata. Hal ini bisa membuat Anda kesulitan untuk melihat dengan lebih fokus. Jika ini terjadi, kemungkinan Anda mengalami diabetes tipe 1 atau tipe 2.

  1. Berat badan turun tanpa alasan pasti

Biasanya ini adalah tanda diabetes tipe 1, tapi terkadang juga terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Ketika tubuh Anda tidak bisa memproduksi insulin, glukosa (gula) dari makanan tidak dapat digunakan oleh sel tubuh untuk menjadi energi atau disimpan. Lemak dalam tubuh akan mulai luruh dan digunakan tubuh untuk menjaga metabolisme, sehingga Anda akan mengalami penurunan berat badan.

  1. Kulit menghitam di sekitar leher

Ketika tubuh Anda mulai memproduksi terlalu banyak insulin, reseptor pada lipatan kulit memberikan respon dengan membuat tambahan pigmen. Hal ini akan terlihat di lipatan kulit leher Anda.

  1. Vagina gatal akibat infeksi jamur

Hal ini dapat terjadi pada penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, karena penumpukan glukosa bisa menyebabkan pertumbuhan infeksi jamur. Gejala yang terjadi salah satunya adalah vagina yang terasa gatal.

Lakukan pemeriksaan sebelum terlambat jika Anda memiliki gejala awal diabetes pada wanita. Jika Anda sudah terdiagnosa diabetes, maka pengobatan yang diberikan akan tergantung dari jenis diabetes yang Anda alami. Hal yang paling penting dari mengobati diabetes adalah dengan menjaga berat badan ideal dengan makan teratur dengan gizi seimbang dan olahraga teratur. Pengobatan untuk diabetes tipe 1 termasuk suntik insulin, cek gula darah secara rutin dan pembatasan karbohidrat. Pengobatan untuk diabetes tipe 2 biasanya termasuk pemeriksaan gula darah secara rutin dan obat diabetes atau insulin atau keduanya. Untuk melakukan suntik insulin bisa Anda lakukan di rumah dengan perawat kami (pesan di sini), bersamaan dengan perawatan lainnya yang Anda butuhkan untuk membantu mendapatkan hidup yang berkualitas meski dengan diabetes.

Kunjungi MyNurz.com atau hubungi 021-2205-7505 / 0811-8199-119 untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...