Hal Ini yang Perlu Anda Persiapkan Saat Menjalankan Operasi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Hal Ini yang Perlu Anda Persiapkan Saat Menjalankan Operasi

Berbagai persiapan harus dilakukan untuk Anda yang ingin melakukan operasi. Sebelum menjalani operasi, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter yang akan melakukan operasi. Anda akan menjalani pemeriksaan diagnostik pra bedah, pemeriksaan anestesi pra bedah, tidak makan dan minum sebelum menjalani operasi atau puasa.

Pemeriksaan Diagnostik Pra Bedah

Untuk keamanan pasien dan kelancaran prosedur operasi perlu dilakukan pemeriksaan pra bedah yang bertujuan untuk mengetahui adakah kelainan, gangguan atau penyakit yang dapat membahayakan pasien selama operasi.

Pemeriksaan pra bedah meliputi wawancara dan pemeriksaan fisik oleh dokter umum atau dokter Spesialis Penyakit Dalam (sesuai penyakit) serta pemeriksaan laboratorium seperti Darah Perifer Lengkap (DPL), Masa Pembekuan, Masa Pendarahan, Pemeriksaan Sinar X (biasanya rontgen dada), Rekam Jantung (EKG) dan pemeriksaan lain-lain yang diminta oleh dokter sesuai dengan kondisi pasien. Pemeriksaan prabedah untuk pasien bayi dan anak-anak akan ditentukan oleh dokter yang merawatnya.

Baca juga : Perawat ke Rumah Khusus Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu

Pemeriksaan Anestesi Pra Bedah

Untuk menentukan keamanan pembiusan, Anda perlu menjalani pemeriksaan anestesi pra bedah agar dokter anestesi dapat mengetahui kondisi Anda dan dapat mempersiapkan pembiusan sesuai tindakan yang akan dilakukan dokter bedah Anda.

Puasa Selama 6 Jam Sebelum Operasi

Perut Anda harus dalam keadaan kosong apabila akan menjalani anestesi atau biasa disebut puasa. Dengan melakukan puasa akan menghindari terjadinya mual, muntah atau komplikasi lain selama atau sesudah pembiusan. Operasi dapat ditunda apabila Anda melakukan makan dan minum sebelum 6 jam tersebut.

Instruksi / Petunjuk Penting Sebelum Menjalani Operasi

  1. Tidur yang cukup sangat penting sebelum menjalani operasi. Apabila Anda sulit tidur, segera sampaikan ke perawat atau dokter.
  2. Mandilah pada malam atau pagi hari sebelum operasi. Hal ini akan mengurangi jumlah kuman di kulit Anda sehingga mengurangi risiko terjadinya infeksi.
  3. Jangan menggunakan make up (perias wajah) atau pewarna kuku saat menjalani operasi, informasikan ke Dokter Anestesi apabila Anda memiliki gigi palsu yang terpasang permanen.
  4. Lepaskan semua perhiasan atau aksesori yang sedang dipakai dan serahkan kepada keluarga untuk disimpan.
  5. Gunakan pakaian longgar agar mudah dipakai dan dilepaskan.
  6. Gunakan sepatu dengan alas datar atau hak rendah.
  7. Jangan menggunakan hairspray atau gel untuk menata rambut.

Hal Ini yang Perlu Anda Persiapkan Saat Menjalankan Operasi

Pasca Operasi, Makan Menu Bergizi

Makanan bergizi sangat penting untuk kesehatan Anda termasuk untuk penyembuhan luka operasi. Anda perlu mengonsumsi menu yang mengandung kalori, protein, vitamin dan mineral dalam jumlah cukup dan komposisi seimbang. Buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C sangat diperlukan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka.

Baca juga : Pemulihan Lutut Pasca Operasi Dengan Terapi Fisik

Jika Anda membutuhkan layanan kesehatan home care, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...