Hal Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencari Perawat Lansia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Anda punya orang tua, sanak saudara, atau orang terdekat yang sudah lanjut usia (lansia)? Jika ya, Anda mungkin sedang mempertimbangkan perawatan apa saja yang perlu dipersiapkan. Setiap lansia memang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Namun, kadang lansia tidak berani untuk menyampaikan apa saja kebutuhannya. Misalnya kebutuhan akan perawat lansia. Padahal, seiring berjalannya waktu, orang tua Anda mungkin benar-benar membutuhkan perhatian khusus untuk beraktivitas sehari-hari. Maka, Anda harus jeli mengenali tanda-tanda orang tua Anda yang sedang membutuhkan perawat lansia.

Tugas Perawat Lansia

Tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing, setiap lansia tentu membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan sendiri jenis perawatan mana yang sesuai dengan kebutuhan orang tua, sanak saudara maupun orang terdekat. Namun, secara garis besar hal-hal inilah yang diperlukan untuk menunjang aktivitas harian lansia :

  • Perawatan pribadi

Dalam perawatan pribadi ini mencakup menjaga pola makan, menyuapi orang tua makan, membantu mandi dan buang air, berpakaian, dan hal-hal lain yang sifatnya pribadi.

  • Perawatan rumah tangga

Pada perawatan rumah tangga ini mencakup untuk melatih kemandirian orang tua agar bisa kembali melakukan aktivitas seperti memasak, menyiram tanaman, belanja kebutuhan harian, menjahit, dan memenuhi keperluan rumah tangga lainnya.

  • Perawatan medis

Perawatan medis mencakup suntik insulin, pasang oksigen, mengatur jadwal minum obat, latihan fisik dan koordinasi, serta kebutuhan medis lainnya.

Baca juga : Jangan Titipkan Orang Tua ke Panti Jompo, Rawatlah Bersama Perawat Lansia di Rumah

Pentingnya Pendamping Perawat Lansia

Menurut survey yang diadakan oleh perusahaan jasa perawatan lansia internasional, Home Instead, berikut adalah orang-orang yang paling membutuhkan jasa perawat lansia.

60% lansia dengan perawatan kesehatan

59% lansia dengan fisioterapi untuk menguatkan otot dan tulang yang melemah

32% lansia dengan terapi okupasi yang mengidap demensia dan alzheimer

37% lansia dengan perawatan home visit

17% lansia dengan kebutuhan kunjungan dari dokter  

Tanda-tanda Membutuhkan Perawat Lansia

Orang tua Anda mungkin menolak menggunakan jasa perawat lansia di rumah. Namun, perhatikan jika lansia sudah menunjukkan tanda-tanda berikut ini :

  1. Sulit bangkit dari posisi duduk atau tidur
  2. Sulit berjalan dan mempertahankan keseimbangan
  3. Merasa bingung atau kesulitan ketika mengerjakan pekerjaan rumah
  4. Mudah lupa (pikun)
  5. Jadi lebih jarang mandi dan merawat diri
  6. Mengompol
  7. Bau badan tidak sedap
  8. Berat badan menurun atau makan tidak teratur
  9. Perubahan suasana hati
  10. Sering terjatuh atau terbentur
  11. Salah atau lupa minum obat, salah menghitung dosis, atau menolak minum obat

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Perawat Lansia daripada Caregiver

Temukan Perawat Lansia Terbaik

Jika orang tua Anda sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, segera diskusikan dengannya. Pastikan bahwa orang tua Anda selalu terlibat dalam segala proses pemilihan perawat lansia. Mulai dari mempertimbangkan kualifikasi calon perawat lansia hingga wawancara yang bisa dilakukan dengan mudah melalui telpon, video call atau bertemu langsung (jika diperlukan).

Sampaikan kepedulian dan keprihatinan Anda sehormat mungkin. Bila orang tua Anda menolak jasa perawat lansia, berikan contoh nyata kasus-kasus di mana ia sangat membutuhkan bantuan perawat lansia.

Anda bisa mencari jasa perawat lansia dengan berkonsultasi kebutuhan Anda melalui telp  (021) 2205 7505 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Anda dapat menanyakan beragam program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Referensi : Senior Home Care Guide

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...