Hati-hati, Penyakit Ini Sering Menyerang Wanita!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

penyakit ini sering menyerang wanita-02Seorang wanita mempunyai tanggung jawab yang besar untuk melindungi dan mengasihi orang-orang terdekatnya. Maka dari itu seorang wanita harus pintar menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap sehat. Agar bisa melakukan pencegahan yang tepat, Anda harus tahu dulu apa saja penyakit yang berpotensi menghampiri Anda.

  1. Kanker Payudara

Sebenarnya, penyakit ini bisa menyerang baik pria maupun wanita. Namun, wanita lebih rentan mengalami kanker payudara karena wanita memiliki jaringan payudara lebih banyak dibandingkan dengan pria. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan bagi wanita. Pemicu kanker payudara pada wanita salah satunya adalah faktor keturunan, namun hal ini tidak bisa dijadikan patokan apakah Anda pasti akan terkena kanker payudara atau tidak. Dengan menjaga berat badan ideal, olahraga rutin, berhenti merokok dan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui skrining yang tepat, bisa menjauhi diri Anda dari kanker payudara.

  1. Osteoporosis

Mengapa osteoporosis rentan terjadi pada wanita? Penyakit ini berkaitan dengan kurangnya hormon esterogen akibat proses menopause pada wanita yang menyebabkan kepadatan tulang menurun. Itulah mengapa kebanyakan wanita yang lanjut usia mengalami kebungkukan. Sayangnya, penyakit ini termasuk ‘silent disease’ atau tanpa gejala. Jadi kita hanya bisa mengetahuinya ketika kita sudah terkena penyakit tersebut.

Osteoporosis mengurangi kepadatan tulang, sehingga membuat penderitanya rentan mengalami patah tulang. Jika seseorang sudah mengalami patah tulang, maka harus segera dilakukan pengobatan yang biasanya berupa operasi oleh spesialis bedah tulang. Setelah dilakukan operasi, maka harus dilakukan pemulihan dengan fisioterapi untuk mengembalikan kemampuan tulang yang pernah patah.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung pada wanita banyak terjadi karena diabetes, stres, komplikasi saat melahirkan, atau menopause. Biasanya gejala penyakit jantung yang dirasakan adalah rasa nyeri di dada, tapi ada juga gejala lainnya seperti nyeri leher, nafas pendek, sakit kepala dan nyeri pada tubuh. Penyakit ini menyerang semua usia, jadi sudah seharusnya kita melakukan pencegahan. Mulai hidup sehat, jaga berat badan dan berhenti atau tidak mulai merokok bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mencegah penyakit jantung.

  1. Stroke

Dari keseluruhan penderita stroke, 60% nya adalah wanita. Penyebab stroke diantaranya usia, riwayat keluarga,  penyakit jantung atau gaya hidup yang tidak sehat. Stroke terjadi ketika darah yang membawa oksigen ke otak terhambat oleh gumpalan darah atau pecahnya pembuluh darah dan sel-sel otak pun akan segera mati. Pencegahan terbaik untuk mengatasi stroke adalah diet sehat, olahraga teratur, hindari rokok, dan kontrol kolesterol tubuh.

Wanita sangat berharga dan banyak berperan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, kesehatan seorang wanita perlu dijaga. Pemulihan dari penyakit seperti osteoporosis dan stroke biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan proses penyembuhannya berkala dan terapi yang dilakukan harus secara terus-menerus agar fungsi tubuh bisa kembali normal seperti semula. Saat ini sudah ada fasilitas layanan yang memenuhi kebutuhan perawatan atau terapi untuk jangka waktu yang lama, sehingga pasien atau kerabatnya untuk mendapatkan penyembuhan dengan mudah.

Kunjungi MyNurz.com untuk menemukan perawat, fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara sesuai kebutuhan Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...