Hilangkan Rasa Takut Naik Pesawat, Perlukah Terapi Khusus?

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Hilangkan Rasa Takut Naik Pesawat, Perlukah Terapi Khusus?

Banyak faktor yang membuat seseorang takut terbang atau naik pesawat. Misalnya, Anda mungkin pernah mendengar ada suara-suara keras selama penerbangan, mengalami turbulensi dalam penerbangan sebelumnya, atau merasa sakit karena perubahan tekanan di dalam pesawat.

Jika Anda takut untuk naik pesawat, bisa jadi Anda memiliki aviophobia. Aviophobia adalah ketakutan akan terbang alias takut naik pesawat. Jika Anda menderita aviophobia tapi pekerjaan mengharuskan Anda sering bolak-bolak ke suatu tempat menggunakan moda transportasi tersebut, wajib bagi Anda untuk menghilangkan rasa takut naik pesawat. Salah satu cara untuk menghilangkannya dengan menjalankan terapi yang bisa Anda lakukan di rumah atau di manapun sesuai kebutuhan. Banyak faktor yang membuat seseorang takut terbang atau naik pesawat terbang. Misalnya, dia mendengar suara yang begitu bising saat penerbangan, mengalami turbulensi atau kecelakaan pesawat pada penerbangan sebelumnya atau terkena sakit akibat tekanan perubahan pesawat terbang.

Baca juga : Pahami Sindrom Geriatri Serta Penanganan Terapi untuk Lansia

Hilangkan Rasa Takut Naik Pesawat, Perlukah Terapi Khusus?

Terapi Ketakutan Naik Pesawat

Jika Anda memiliki aviophobia, ada beberapa cara untuk menyingkirkan rasa takut pada pesawat yaitu :

  • Lakukan latihan meditasi setiap hari selama satu atau dua minggu sebelum jadwal penerbangan
  • Bernapaslah dengan hirup perlahan selama 6 detik dan keluarkan selama 4 detik. Ulangi sampai tubuh dan pikiran Anda merasa tenang
  • Turunkan penutup jendela pesawat agar tidak terganggu dengan pemandangan di luar.
  • Lakukan hal-hal yang membantu Anda tetap fokus, tidak takut dan tidak cemas. Misalnya mendengarkan musik, membaca buku, menonton atau makan sesuatu.
  • Aviophobia atau takut terbang bisa meningkat jika kita merasa cemas. Menghilangkan unsur-unsur yang dapat memicu rasa cemas atau gelisah seperti kafein, minuman berenergi, dan stimulan lainnya diduga bisa membantu sebagai cara menghilangkan rasa takut naik pesawat.
  • Beri tahu penumpang di sebelah tempat duduk Anda dan kru pesawat, kalau Anda takut naik pesawat. Jika selama penerbangan rasa takut muncul, penumpang dan kru pesawat bisa memberikan saran berguna atau bahkan membantu mengurangi rasa takut tersebut.
  • Cari tahu pemicu yang membuat Anda jadi takut naik pesawat. Dengan begitu, Anda jadi punya pemahaman lebih dan mengerti langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk dijadikan cara menghilangkan rasa takut naik pesawat.
  • Temui ahli terapi atau ahli psikologi. Apabila rasa cemas sangat ekstrim dan mengganggu aktivitas, seorang profesional yang sudah terlatih bisa membantu Anda menghadapi dan menghilangkan ketakutan naik pesawat atau terjadinya kecelakaan pesawat. Mereka bisa memberikan solusi yang tepat sesuai dengan keadaan dan tingkat keparahan ketakutan, misalnya dengan mengonsumsi obat pereda cemas, terapi, hipnoterapi, dan terapi relaksasi.

Baca juga : 5 Tanda Anda Membutuhkan Terapi Okupasi

Terapi di Rumah

Takut naik pesawat merupakan salah satu jenis fobia yang cukup umum terjadi. Namun jangan sampai ketakutan yang Anda alami menghalangi Anda untuk bekerja, bepergian, jalan-jalan, atau bersenang-senang ke tempat lain. Jika Anda membutuhkan terapi khusus di rumah, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...