Indonesia Goes Pink 2017, Ajak Lebih Peduli Kanker Payudara

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

Kampanye Kesadaran Kanker Payudara InfoMyNurz

Hingga kini, masih banyak pengidap kanker payudara datang ke dokter namun sudah masuk stadium lanjut, demikian hasil survei tentang kanker payudara terbaru di Jakarta.

Oktober merupakan bulan kesadaran kanker payudara sedunia. Kanker payudara merupakan salah satu kanker paling banyak diidap wanita. Kini angka risiko kematian tinggi kanker payudara bahkan menempati urutan kedua setelah kanker serviks.

Untuk menggugah kesadaran tentang kanker payudara ini, terdapat banyak  aktivitas. Dari hasil survei komunitas Lovepink bersama MARS dan Detik Health belum lama ini, ditemukan beberapa fakta. Diantaranya penderita kanker payudara di Jakarta pada usia muda yaitu 30-34 tahun, dan banyaknya pasien kanker payudara sering terlambat untuk ditangani datang setelah stadium lanjut.

Pentingnya Mengenali Gejala Kanker Payudara   

Selain itu,  dalam survei ini sumber informasi yang paling dipercaya adalah pengalaman dari penderita kanker dan media sosial. Pada hasil survei tersebut ditemukan beberapa kesimpulan, yaitu masyarakat memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dengan dokter, serta banyaknya responden yang mengetahui gejala fisik kanker payudara, namun tidak melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis).

Beberapa gejala kanker payudara yang mesti diwaspadai adalah :

  • Terdapat benjolan di payudara

Meskipun tidak semua benjolan merupakan tanda kanker payudara, Anda mesti mewaspadainya. Karena itu pentingnya SADARI dan biasanya benjolan teraba menjelang menstruasi.

  • Perubahan warna kulit payudara

Perhatikan bila ada perubahan warna di payudara, karena biasanya merupakan tanda infeksi. Pada tahap ini, kulit payudara berwarna merah dan bertekstur kasar seperti kulit jeruk dan terjadi penebalan kulit. Anda mesti curiga bila ini terjadi untuk segera ke dokter.

  • Puting terasa sakit
    Perhatikan juga bila puting disertai rasa nyeri. Tidak hanya itu juga ditandai dengan keluar cairan tidak normal dari puting dan putting masuk ke dalam.
  • Muncul benjolan pada ketiak

Perhatikan bila terjadi benjolan di bawah ketiak, karena jaringan payudara itu meluas hingga ke area ketiak. Ini mengapa kanker payudara itu menyebar ke kelenjar getah bening dan kadang muncul benjolan pada bagian ketiak.

Ajakan Lebih Peduli pada Kanker Payudara

Kampanye Kesadaran Kanker Payudara InfoMyNurz

Sebagai salah satu wujud kepedulian dan rangkaian kegiatan kampanye kanker payudara di Indonesia, Lovepink mengadakan  Indonesia Goes Pink (IGP) yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada tanggal 7-8 Oktober 2017.  Lovepink  berkolaborasi dengan Bali Pink Ribbon, Reach to Recovery Surabaya, dan Rumah Sakit Onkologi Surabaya.

Indonesia Goes Pink merupakan kegiatan peduli kanker payudara terbuka untuk warriors, survivors, kerabat, dan keluarga. Rangkaian aktivitas IGP terdiri dari gathering bersama para survivor, workshop (make up class, self healing, belajar memakai kain) talkshow, Thousand Voices of Survivors Dinner (Sabtu, 7 Oktober) serta Pink Run, Fun Walk dan pemeriksaan USG di hari Minggu (8 Oktober) bagi para supporter yang ingin memberikan dukungan mereka kepada para warriors melalui aktivitas lari 5k, 10k, 21k dengan rute running course yang direncanakan oleh penyelenggara event lari yang profesional.

“Saat ini kesadaran kanker payudara masih terus ditingkatkan. Paling tidak hal ini terlihat dari potret dan fakta mengenai survei kanker payudara yang kami lakukan ini. Kami tidak segan mengajak  masyarakat dan pemerintah untuk menyebarkan berbagai isu mengenai kanker payudara. Diantaranya dengan memberikan penyuluhan mengenai kanker payudara disertai dengan cek medis gratis pada remaja, sosialisasi  cara mendeteksi awal kanker payudara dengan SADARI dan SADANIS,” demikian Shanti Persada,  salah satu pendiri Lovepink.

Sementara itu Samantha Barbara, Wakil Ketua (IGP) menambahkan, ”Saat ini semua orang mudah mengakses berita via internet dan sosial media termasuk kanker payudara. Namun tetap harus diingat setiap orang  harus menggali  informasi yang tepat. Nah, dengan Indonesia Goes Pink dapat menjadi sumber informasi yang tepat terkait kanker payudara. Wadah ini juga menjadi wadah untuk saling menyemangati serta bekerjasama untuk melawan kanker payudara. Satu hal jangan abaikan gejala. Semakin dini terdeteksi maka kesembuhan bisa tercapai.”

Pastisipasi Luas Kampanye Kesadaran Kanker Payudara

Kampanye Kesadaran Kanker Payudara InfoMyNurz

Pada bulan kesadaran Kanker Payudara ini, beberapa bagian masyarakat juga terlibat.  Di antaranya Seibu Department Store ikut berpartisipasi mendukung Lovepink melalui program Shop and Share sejak tahun 2016. Program ini mengajak customer untuk aktif dan turut memberikan donasi yang nantinya akan disalurkan kepada Yayasan Daya Dara Indonesia.

Selain itu, Sorella, merek produsen pakaian dalam wanita terkemuka di Indonesia, juga turut memberikan dukungan pada kegiatan IGP 2017 melalui produk bra mastektomi yang saat ini sudah bisa didapatkan di Seibu Department. Bra mastektomi ini akan tersedia di beberapa  departement store seperti Centro, Matahari, Metro, Sogo dan Seibu yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Bali, Medan serta beberapa kota besar lainnya.

Dalam kegiatan Indonesia Goes Pink ini hadir Dian Nitami artis yang peduli pada kesehatan. Berikut yang dikatakan Dian Nitami seputar perawatan kesehatan.

Bila Anda membutuhkan layanan  perawat, home care,  fisioterapis, terapis okupasi, dan terapis wicara berpengalaman dan profesional, hubungi www.mynurz.com di 021-2205-7505 / 0811-1929-119 untuk mendapatkan informasi lengkap. Oktober ini MyNurz juga menyediakan layanan paliatif untuk pasien-pasien penyakit kronis seperti kanker dan lainnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail

You may also like...