Ini Keuntungan Menjalankan Program Kehamilan Bersama Bidan

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Ini Keuntungan Menjalankan Program Kehamilan Bersama Bidan

Apakah Anda sedang berencana untuk memiliki momongan dalam waktu dekat? Jika ya, tentu akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Langkah awal yang harus Anda tempuh biasanya menentukan praktisi kesehatan mana yang kompeten untuk mewujudkan impian Anda. Misalnya Anda datang ke bidan untuk berkonsultasi seputar program kehamilan. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu secara jelas seputar bidan.

Baca juga : 10 Langkah Merawat Bayi Prematur Dibantu Perawat Home Care

Pendidikan Bidan

Bidan adalah seseorang yang telah menempuh program pendidikan profesi kebidanan, yang biasanya tersedia dalam jenjang pendidikan D3 maupun D4 kebidanan. Waktu yang dibutuhkan seseorang sampai resmi menjadi seorang bidan kurang lebih selama 3-4 tahun.

Sedari awal pendidikan, bidan sudah langsung diperkenalkan mengenai dunia kesehatan dan kandungan. Berbekal keahlian yang dimilikinya, membuat bidan dipercaya sebagai tenaga kesehatan yang tidak hanya siap sedia untuk membantu menangani kehamilan saja. Kelompok usia mulai dari bayi hingga wanita dewasa pun bisa memeriksakan kesehatannya pada bidan.

Menurut M. Christina Johnson, CNM, selaku direktur di American College of Nurse-Midwifes (ACNM) Amerika Serikat, bahwa bidan umumnya cenderung ahli untuk menangani keluhan yang masih normal terjadi selama masa kehamilan.

Bidan Memantau Khusus Kehamilan

Jika konsultasi di bidan, kehamilan dan kelahiran anak betul-betul dipertimbangkan sebagai kejadian yang alamiah, bukan medis. Fokusnya adalah perawatan dan pencegahan selama kehamilan. Konsultasi selama masa kehamilan dengan bidan ini umumnya waktunya panjang sehingga Anda bisa mengajukan lebih banyak pertanyaan seputar kehamilan dan nutrisi.

Dalam banyak kasus, kinerja bidan terbukti mengurangi potensi operasi Caesar dan intervensi lainnya, termasuk penggunaan vakum dan gunting tang. Pasalnya, model kerja bidan berupa “lihat dan tunggu” saat proses melahirkan. Artinya, intervensi medis tidak digunakan kecuali ada kebutuhan medis.

Baca juga : Perawat Home Care Bisa Bantu Tes Darah Untuk Mendeteksi Kanker

Ini Keuntungan Menjalankan Program Kehamilan Bersama Bidan

Bantu Bidan Untuk Program Kehamilan Dengan Menghindari Hal Ini

Merokok

Anda mungkin sudah berencana untuk berhenti merokok ketika hamil, tapi menghindari rokok saat program hamil akan memberi manfaat besar juga. Butuh waktu lebih lama bagi perokok untuk bisa hamil. Dan merokok membuat sel telur wanita lebih rentan terhadap masalah genetik yang abnormal.

Kafein berlebihan

Konsumsi kafein berlebihan terkait dengan masalah kesuburan. Selain itu, kafein mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, bisa menyebabkan dehidrasi, dan pada dosis tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Makan sembarangan

Masih jadi perdebatan tentang makanan yang bisa membuat Anda lebih subur, tapi satu hal yang disepakati para ahli; bila tubuh berada di kondisi sehat, Anda lebih mungkin untuk hamil. Jadi makan dengan benar merupakah hal yang sangat penting. Alasan penting untuk tidak makan gorengan dan memperbanyak makan bayam adalah karena asam folat. Vitamin B ini ditemukan pada sayuran hijau gelap dan penting bagi tubuh sebelum dan setelah hamil untuk mencegah cacat lahir. Dokter menganjurkan Anda minum vitamin dengan kandungan setidaknya 400 mikrogram asam folat ketika menjalani program hamil.

Konsumsi alkohol

Anda perlu hindari alkohol ketika menjalani program hamil. Ini karena alkohol terkait dengan menstruasi yang tidak teratur, ovulasi berkurang, dan tingkat estrogen dan progesteron yang abnormal yang membuat lebih sulit untuk hamil.

Berat badan ideal

Apakah berat badan Anda berlebih atau justru sangat kurang? Hitung indeks massa tubuh Anda. Memiliki indeks massa tubuh yang rendah (kurang dari 18,5) atau sangat tinggi (lebih dari 30) bisa menyebabkan Anda mengalami menstruasi  yang tidak teratur atau terhenti. Berat badan yang sangat kurang membuat Anda berhenti berovulasi. Obesitas bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeklampsia, cacat lahir, dan kemungkinan operasi caesar. Jadi penting untuk berada di berat badan yang ideal agar cepat hamil.

Stres

Stres bisa mempengaruhi kesehatan dan kemampuan untuk hamil, konsultasikan pada bidan tentang cara mengatasinya. Beberapa penelitian menemukan alternatif obat seperti yoga dan akupunktur.

Jika Anda membutuhkan jasa bidan untuk program kehamilan, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail