Ini Pentingnya Merawat Orang Tua Menggunakan Jasa Perawat Lansia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail

Ini Pentingnya Merawat Orang Tua Menggunakan Jasa Perawat Lansia

Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi di hari tua karena kebiasaan buruk yang orang tua Anda lakukan bertahun-tahun selama masa muda, misalnya pola makan tinggi lemak dan kalori. Perawatan lansia umumnya mengacu keperawatan berkaitan dengan orang tua yang didampingi oleh perawat lansia. Perawat lansia bekerja di rumah sakit, pusat rehabilitasi, dan jasa layanan home care. MyNurz Indonesia menyediakan informasi tentang jasa layanan perawat lansia yang bisa membantu memulihkan kesehatan orang tua Anda serta mendampinginya selama di rumah maupun di luar rumah. Orang tua lansia memerlukan perhatian yang lebih dengan layanan perawatan kesehatan daripada orang dengan kategori usia muda atau produktif. Sangat penting bagi perawat lansia untuk memiliki pengetahuan seputar lansia dan diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi.

Baca juga : Hal Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencari Perawat Lansia

Cara Perawat Lansia Merawat Orang Tua

Penanganan berbagai masalah kesehatan pada penyakit yang dialami lansia akan tergantung dari penyebab masalahnya, seperti :

Berkurangnya kemampuan gerak

Penanganan gangguan kemampuan gerak pada lansia dapat dilakukan dengan terapi fisik secara perlahan menggunakan alat pendukung untuk berdiri. Dengan alat ini, pasien lansia terbantu untuk belajar berdiri dan berjalan secara perlahan sehingga dapat menopang tubuhnya dan bergerak secara perlahan.

Mengompol (inkontinensia urin)

Lansia akan dianjurkan untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan soda yang dapat meningkatkan produksi urin. Namun, pengecualian terhadap konsumsi air putih yang tetap harus diminum secara rutin untuk mencegah dehidrasi. Inkontinensia urin juga dapat ditangani dengan konsumsi obat, stimulasi saraf, atau operasi. Akan tetapi, tetap diperlukan konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih tepat pada masing-masing lansia seperti pendampingan perawat lansia.

Jatuh dan patah tulang (instabilitas postural)

Konsultasi dengan dokter bila anggota keluarga Anda yang mengalami terjatuh atau tergelincir karena oleng. Penanganan yang diberikan biasanya berupa olahraga dan fisioterapi yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan, cara berjalan, dan mencegah terjatuh. Lansia juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi kalsium dan vitamin D untuk menjaga kekuatan tulang.

Demensia

Bila Anda menemukan orang tua yang mengalami demensia, maka pihak keluarga perlu memberikan pendampingan perawat lansia untuk memonitor kemampuan pasien dan mempertimbangkan penggunaan alat bantu mengingat. Sebab, dukungan keluarga sangat bermanfaat untuk pasien demensia.

Baca juga : Jangan Titipkan Orang Tua ke Panti Jompo, Rawatlah Bersama Perawat Lansia di Rumah

Ini Pentingnya Merawat Orang Tua Menggunakan Jasa Perawat Lansia

Linglung (Delirium)

Penanganan delirium pada pasien lansia perlu pendampingan perawat lansia. Hal ini bermanfaat untuk membantu pasien mengurangi tingkat kebingungannya, misalnya dengan mengingatkan waktu dan tempat suatu kejadian tertentu atau meningkatkan kontak dengan orang yang terlibat pada kejadian tersebut.

Isolasi atau menarik diri

Penanganan yang tepat untuk pasien lansia yang mengisolasi dirinya adalah dengan menawarkan aktivitas sosial atau dukungan berkelompok dengan ditemani perawat lansia. Para lansia dapat berperan aktif dalam kegiatan tersebut sehingga kepercayaan dirinya dalam bersosialisasi bisa meningkat dan terhindar dari rasa kesepian.

Jika orang tua Anda mengalami penyakit di atas dan membutuhkan perawatan khusus lansia, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui telp (021) 2789 9963 atau Whatsapp di no 0811 1929 119 atau kunjungi website  www.mynurz.com. Banyak terdapat program perawatan home care seperti program perawatan pasca stroke, program perawatan kanker, program perawatan diabetes, program perawatan luka pasca operasi, program perawatan travel nurse dan program perawatan home visit.

MyNurz merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. #BerkatDia

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail